Your Cozy Corner

7 Hal yang Harus Disiapkan untuk Mengikuti Tes TOEFL Online

Post a Comment
tes toefl


Beberapa hari yang lalu, saat aku menulis tentang Rencana 5 Tahun Mendatang, tiba-tiba saja aku ingin segera sekolah lagi. Tentu saja aku harus mencari beasiswa untuk itu. Berbekal pengalaman mendapatkan beasiswa LPDP saat S2 beberapa tahun lalu, aku berencana mengambil beasiswa ini juga untuk S3. Kemudian aku membuka situs LPDP untuk mencari tahu persyaratannya. Dari serangkaian persyaratan tersebut, ada satu yang belum aku penuhi yaitu TOEFL karena sertifikat TOEFL-ku sudah kadaluarsa. Akhirnya, aku mencari informasi mengenai tes TOEFL melalui situs ETS.

Awalnya, aku fokus pada tempat tes di Malang dan Surabaya saja yang bisa aku jangkau. Namun, setelah tahu bahwa pada masa pandemi ini tes TOEFL bisa dilaksanakan secara online, aku memperluas pencarian sampai ke Solo bahkan Yogyakarta karena di Surabaya dan Malang kuota peserta tes TOEFL sangat cepat terpenuhi. Setelah mempertimbangkan tanggal dan waktu, aku memutuskan untuk tes TOEFL secara online di ELTI Yogyakarta. Bagaimana prosedur untuk melakukan pendaftaran tes TOEFL online di ELTI Yogyakarta?

1. Hubungi Customer Service ELTI
Ini jelas ya hehe. Kalian bisa mendapatkan kontak CS ELTI Yogyakarta melalui instagram @eltijogja. Saat menghubungi ELTI, langsung saja menanyakan tanggal tes TOEFL pada bulan yang ingin kalian ikuti. Nanti ELTI akan menginformasikan semua tanggal yang tersedia berikut waktunya. Selain itu, format pendaftaran juga dilampirkan bersama info tanggal tadi.

2. Lakukan Pendaftaran
Saat mengisi formulir pendaftaran, pastikan kalian mengisinya dengan benar terutama pada bagian tanggal tes. Setelah mengisi formulir, lakukan pembayaran. Pembayaran maksimal adalah di hari yang sama sampai jam 17.00 wib. Jadi, pastikan kalian siap transfer saat mendaftar. Biaya tes TOEFL online adalah Rp550.000. Oya, setelah melakukan pembayaran kalian tidak bisa membatalkan atau mengatur ulang jadwal tes. Setelah transfer terkonfirmasi, ELTI akan memberikan invoice pada kalian dan menjadwalkan cek kesiapan.

Cek kesiapan ini biasanya dilakukan dua hari sebelum tes. Sebelum itu, ELTI akan membuat grup WhatsApp dan menginformasikan prosedur cek kesiapan di sana. Kalian wajib hadir saat cek kesiapan, karena saat itu kalian akan dipandu untuk melakukan instalasi software yang akan digunakan untuk tes. Selain itu, langkah-langkah saat tes nanti juga diinfokan pada saat cek kesiapan. Jangan sampai terlewat karena tidak ada susulan cek kesiapan.

Nah sekarang aku mau share, apa saja yang diperlukan untuk mengikuti tes TOEFL online ini.

1. Laptop/Personal Computer
Tes TOEFL online tidak bisa dilakukan menggunakan handphone melainkan harus menggunakan laptop/PC. Lebih dari itu, laptop/PC yang digunakan harus dengan OS Windows 10. MAC atau Chromebook juga tidak bisa ya. Selain itu, pastikan webcam dan lubang headset pada laptop tidak rusak karena saat tes kedua hal ini diperlukan. Headset yang diperlukan adalah yang berkabel dengan microphone sekaligus. Earphone juga bisa dipakai.

2. Handphone
Saat tes, peserta akan melakukan Zoom meeting dengan ELTI menggunakan handphone. Jadi, kalian harus sudah menginstal aplikasi Zoom dengan nama pribadi di handphone kalian.

3. Jaringan Internet
Untuk mengikuti tes TOEFL online, diharapkan peserta memiliki koneksi internet yang stabil. Idealnya, kecepatan download dan upload jaringan internet peserta masing-masing adalah 3Mbps. ELTI menyarankan tidak menggunakan Indihome karena jaringan Indihome tidak bisa dipakai untuk tes ini. Namun, kemarin aku menggunakan Indihome dan ternyata sangat lancar. Kalian tes dulu saja saat cek kesiapan bisa atau tidak menggunakan Indihome.

Kalau tidak memiliki wifi, kalian harus menyediakan dua handphone. Handphone pertama untuk Zoom meeting, handphone ke dua untuk tethering ke laptop. Kalau hanya mengandalkan satu handphone untuk Zoom meeting dan tes, jaringan akan lambat. Selain itu, siapkan kuota internet minimal 4GB pada masing-masing handphone. ELTI menyarankan menggunakan provider Telkomsel. Namun selama cek kesiapan kalian oke dengan provider yang kalian gunakan, then go on.

4. Alat Tulis
Alat tulis yang diperlukan saat tes adalah map bening, kertas HVS dan erasable board marker masing-masing satu. Alat tulis ini berfungsi untuk membuat catatan saat listening test. Oiya, kalian juga perlu membawa tisu kering untuk menghapus catatan saat tes berakhir.
peralatan tes toefl

5. Kartu Identitas
Saat tes, peserta akan berfoto dengan kartu identitas (KTP/SIM). Kalau mau terlihat cakep ya dandan dulu lah dikit hehe.

6. Ruangan
Kalian perlu menyiapkan ruangan (kalau bisa) tertutup untuk melakukan tes TOEFL online. Saat tes berlangsung tidak boleh ada orang lain di sekitar yang berlalulalang. Sebaiknya pilih ruangan yang sepi agar saat tes kalian tidak terganggu.

7. Persiapan Diri
Aku sarankan kalian makan dan minum satu jam sebelum tes. Selain itu, lima menit sebelum tes usahakan buang air kecil dulu karena saat tes tidak diizinkan keluar ruangan sama sekali. Istirahat yang cukup sehari sebelumnya hingga hari H. Banyak berdoa dan tentu saja belajar. Terakhir, siapkan mental juga yaa karena di akhir tes akan langsung keluar hasil tesnya.

Good luck guys. Berapapun skornya, itu adalah rencana terbaik Allah dan insyaa Allah ada hikmahnya. Kalaupun kurang dari yang diinginkan kalian bisa tes lagi minimal dua minggu setelahnya. Semangat!

Related Posts

Post a Comment