Your Cozy Corner

Resep Cireng Nasi Kobe Super Gampang

Post a Comment

Salah satu upayaku dalam melakukan zero waste adalah memasak secukupnya dan menghabiskan semua makanan yang sudah dimasak. Namun, ada kalanya masih saja terdapat makanan yang tersisa. Terutama nasi. Kalau ada nasi sisa, maka akan dimasak jadi apa buibu? Ya benar, nasi goreng!

Hari ini nasi goreng telor, besok nasi goreng sosis, besoknya lagi nasi goreng sosis telor. Muter di situ aja setiap pagi. Hayo, siapa yang sama seperti aku? Lama-lama bosan juga ya Bun.

Tapi pernah juga loh aku kehabisan telur dan sosis pas mau bikin nasi goreng. Kalau udah gini saatnya otakku berpikir keras gimana menghabiskan sisa nasi ini biar nggak mubazir. Sambil nengok bahan-bahan yang ada di dapur, aku googling tentang resep olahan nasi sisa.

Rupanya nasi sisa nggak hanya bisa diolah jadi nasi goreng bun, bisa juga dibikin jadi nasi bakar, kerupuk, rice ball dan yang paling mudah adalah cireng nasi. Pas banget semua bahannya juga ada di rumah. Penasaran nggak Bun gimana resepnya? Gampang kok!

Resep Cireng Nasi

Bahan utama cireng nasi sebenarnya cuma tiga yaitu nasi, daun bawang dan tepung tapioka. Nah, tepungnya aku pakai Kobe Tepung Bumbu Putih karena teksturnya unik. Nanti aku jelasin di bawah. Oke sekarang yuk kita ke resepnya dulu.

renyah banget cireng nasi kobe ini

Bahan Cireng Nasi Kobe

  • 200 gram nasi putih (dua centong ya Bun, kalau nggak punya timbangan)
  • 100 ml air (dua per tiga gelas beling belimbing)
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (yang ukuran 75 gram)
  • 10 gram daun bawang (atau sesuai selera sih Bun, mau daun bawang putih atau daun bawang merah juga bebas)
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Rujak

  • 1 sdm kacang tanah yang sudah digoreng dan dibuang kulit arinya
  • 100 gram gula merah
  • terasi secukupnya
  • 50 ml air hangat
  • 1 sachet BonCabe level 10 rasa Original (biar nggak rempong ngulek cabenya Bun)
  • 1 sdm air asam jawa

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe

  1. Aduk nasi dengan air putih sampai tercampur. Masukkan Kobe Tepung Bumbu Putih dan daun bawang. Aduk lagi sampai adonan merata.
  2. Panaskan minyak lalu ambil setengah sendok makan adonan (kalau mau tipis adonannya agak dipenyet) lalu goreng sampai warnanya kuning keemasan.
  3. Udah deh, cireng nasi Kobe siap disajikan. Tinggal bikin bumbu rujaknya aja.

Cara Membuat Bumbu Rujak

  1. Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.
  2. Tuang BonCabe dan air asam jawa lalu aduk sampai rata.
  3. Bumbu rujak ready sebagai pendamping Cireng Nasi Kobe.

Gimana Bun, praktis banget kan. Hasilnya juga oke loh kriuknya Bun. Sebelumnya aku kalau bikin cireng pasti gagal. Kalau nggak terlalu keras ya terlalu lembek. Pokoknya takaran tepungnya selalu nggak pas. Kalau pakai Kobe Tepung Bumbu Putih ini hasilnya bisa loh pas banget Bun.

Tekstur Cireng Nasi dengan Bahan Kobe Tepung Bumbu Putih

Ternyata tekstur cireng itu dipengaruhi oleh tepung yang kita pakai. Kobe Tepung Bumbu Putih ini sejak awal teksturnya berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah. Efeknya, lapisan cireng yang dibuat jadi lebih tebal dan lebih krispi. Dan krispinya itu tahan lama soalnya dia habis digoreng jadi garing, tapi nggak keras loh Bun. Elastis dan juicy gitu lah soalnya kan mengandung tapioka.

bikin cireng nasi ya pakai tepung bumbu putih kobe aja

Yang bikin aku suka bikin cireng nasi pakai Kobe Tepung Bumbu Putih terus-terusan adalah karena bahannya gluten free. Tahu sendiri kan Bun, aku lagi berusaha menurunkan berat badan. Kurang dikit lagi nih hehe.

Selain cireng nasi, Kobe Tepung Bumbu Putih ini bisa juga dipakai untuk membuat jajanan kekinian aci telur. Makanan viral ini menggiurkan dengan sensasi aci yang kenyal dan elastis saat diaduk dan mudah dibuat dengan Kobe Tepung Bumbu Putih yang tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan. 

Tentang Kobe

Awalnya aku kira Kobe itu berasal dari Jepang karena namanya seperti sebuah kota di Jepang. Ternyata bukan Bun. Kobe itu buatan Indonesia loh. Produk pertamanya adalah tepung bumbu dan itu merupakan tepung bumbu pertama di Indonesia pada tahun 1979. 

Lantas kenapa namanya Kobe? Jadi Kobe itu adalah singkatan dari Kata Orang Banyak Enak. Dan memang enak banget! Dari satu tepung bumbu, Kobe melahirkan berbagai varian, yaitu

  • Kobe Tepung Tempe Kriuk
  • Kobe Tepung Serba Guna
  • Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy
  • Kobe Tepung Bakwan & Perkedel
  • Kobe Tepung Pisang Goreng
  • Kobe Tepung Bumbu Putih

Lengkap ya Bun. Nggak heran kalau orang bilang Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! Karena ya selengkap dan seenak itu. Cobain sendiri deh Bun bikin cireng nasi Kobe Bumbu Putih. Dijamin ketagihan seperti aku. Kabarin di komentar yaa Bun nanti kalau udah nyoba. See you!

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment