Your Cozy Corner

Yang Kita Sering Lupa

2 comments

Manusia memang ditakdirkan sebagai makhluk yang sering lupa dan banyak melakukan kesalahan. Namun, bukan berarti hal ini boleh dibiarkan menjadi sebuah pemakluman. Kesadaran dalam melakukan segala sesuatu itu penting, karena hidup bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan di dunia ini. Sebagai seorang muslim, segala sesuatu akan kita pertanggungjawabkan kelak di akhirat. Kita sama sekali tidak boleh melupakan hal itu. Namun sayangnya, justru inilah yang sering kita lupakan. Dari mana kita berasal, apa tujuan hidup kita di dunia, dan akan ke mana kita setelah mati? Ketiga pertanyaan dasar dalam hidup ini bahkan mungkin tidak pernah kita pikirkan. Akibatnya, kita sangat sering melupakan hal-hal yang sebenarnya penting dalam menjalani kehidupan ini.

Saat ingin membeli sebuah kosmetik misalnya, apa yang biasanya kita pertimbangkan? Sebagian besar dari kita bisa dipastikan melihat harganya lebih dulu. Kita sering tidak memperhatikan apakah bahan-bahan yang digunakan halal atau tidak. Ya, kita lupa.

Ketika ditawari untuk melakukan bisnis tertentu, kita seringkali hanya fokus pada berapa keuntungan yang akan didapat. Kita tidak lagi memperhatikan apakah skema bisnis yang ditawarkan mengandung unsur riba maupun akad yang batil atau tidak. Kita lupa.

Pada saat dihadapkan pada dua pilihan, kita cenderung memilih hal yang banyak membawa manfaat atau keuntungan. Kita sangat jarang menimbang kedua pilihan tersebut dari segi mana yang wajib mana yang sunnah, mana yang mubah mana yang makruh dan mana yang haram. Sekali lagi, kita lupa.

Jika selama hidup kita selalu seperti ini, bagaimana kelak kita mempertanggungjawabkan amal kita? Bagaimana kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Allah di akhirat nanti? “Hamba lupa,” saja tidaklah cukup. Bukankah Dia Maha Teliti?

Sebagai seorang muslim, kita seharusnya memiliki standar bagaimana menjalani hidup ini. Pedoman yang utuh telah diberikan oleh Allah yakni al-Qur’an dan juga hadist Rasulullah. Ijtihad para ulama juga telah banyak dilakukan untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada.

Tulisan ini hadir bukan untuk membahas bagaimana hukum suatu hal, mana yang halal mana yang haram, dan hal-hal yang demikian. Tulisan ini hanyalah pengingat bahwa banyak sekali hal-hal yang sering kita lupakan – yang seharusnya tidak boleh kita lupakan – dalam menjalani hidup di dunia ini. Beberapa hal tersebut ada pada enam bab berikutnya.

Semoga dengan adanya tulisan ini, kita tidak lagi menjadi pelupa. Lebih dari itu, semoga hidup kita menjadi lebih terarah, indah dan penuh berkah.


Related Posts

2 comments

Post a Comment