Your Cozy Corner

Nihongo ga Daisuki

Post a Comment

Dulu di SMA ada pelajaran Bahasa Jepang. Guruku waktu itu namanya Pak Kun Basuki. Yang aku syukuri adalah beliau menggunakan buku Minna no Nihongo. Setauku, buku ini merupakan buku wajib (standard) yang dipakai di jurusan Sastra Jepang.

Pas aku kuliah, lagi ngetrend drama Korea dan juga Jepang. Saling bertukar film udah hampir jadi kegiatan sehari-hari anak kos. Aku emang lebih suka drama Jepang (dorama) daripada Korea walaupun sekarang udah jarang nonton. Dari kesukaan nonton dorama, aku semakin suka dengan Bahasa Jepang. Bahkan, aku sempat mau daftar kuliah lagi jurusan Sastra Jepang. Namun tentu saja nggak jadi karena ya, hey, siapa yang mau bayarin?! Akhirnya, aku ikut kursus online aja. Terus aku juga sempat ke rumah Pak Kun, minjem buku Basic Kanji terus aku fotokopi. Dulu nyari filenya susah loh di internet. Namun kalau nggak salah akhirnya aku nemu juga pdfnya. Sekarang di mana ya? Hmm aku lupa menyimpan filenya di mana.

Setelah lulus kuliah, sembari menunggu beasiswa, aku kerja sebagai Edukator Matematika di Edulab. Sengaja waktu itu memilih opsi kerja freelance karena kan memang cuma buat ngisi waktu sebelum kuliah lagi. Karena udah punya gaji sendiri, akhirnya aku daftar kursus Bahasa Jepang di JASMIN Surabaya. Jasmin ini tempat kursus paling recommended menurutku. Meski fasilitas gedung dan kelasnya biasa saja tetapi pengajarnya sangat berpengalaman. Selain itu, Jasmin sudah bertahun-tahun selalu mengirimkan siswa-siswinya belajar ke Jepang lebih lanjut. Seandainya Jasmin ada di Malang, aku bakal kursus lagi dan juga mengkursuskan anak-anakku nanti.

Nggak tau kenapa, aku merasa hatiku sangat dekat dengan Jepang. Padahal ke sana juga belum pernah. Masih dalam angan-angan. Nggak tau kenapa, aku pengen banget bisa mahir Bahasa Jepang. Dulu aku sempat ikut JLPT, semacam TOEFL untuk bahasa Jepang. Alhamdulillah lulus N5, kelas dasar banget. Setelah belajar lagi dan mau ngambil N4 aku keburu kuliah lagi, jadi ya, nggak jadi. Tingkatan paling tinggi untuk JLPT ini adalah N1. Kalau udah bisa lulus N1, udah ayo aja ngelamar kerja jadi translator atau apapun yang berkaitan dengan Jepang. Mau kerja di Jepang juga oke banget kalau udah N1 mah. Fyi, yang jurusan Sastra Jepang, lulus N2 aja sebagian masih susah. Apalagi remahan regal kayak aku, haha. Tapi selama mau belajar terus, aku yakin aku bisa. Fighto-OH!

Related Posts

Post a Comment