Your Cozy Corner

Materi Pemanasan Kelas Blogspedia

2 comments
belajar blog

Haaii, ketemu lagi nih kita setelah beberapa minggu aku nggak update. Well, kali ini aku mau cerita sedikit nih. Beberapa bulan yang lalu, pas aku lagi seneng-senengnya nulis di blog, aku mulai kepikiran untuk belajar lebih dalam lagi. Terus, bertanyalah aku tentang rekomendasi kelas blog pada seorang teman nulisku di sebuah grup kepenulisan, namanya mbak Nimas. Kemudian, mbak Nimas merekomendasikan kelas ngeblog di Blogspedia. Alhamdulillah setelah melakukan pendaftaran dan seleksi aku bisa ikut belajar di kelas blog ini.

Nah, sekarang aku mau membagikan pada kalian ringkasan materi pemanasan yang aku dapatkan dari kelas Blogspedia. Lumayan banyak ternyata walaupun ini baru materi pemanasan. Udah siap baca? Yuuk.

Kenapa Ngeblog?

Sebenarnya pertanyaan ini bisa kalian jawab sendiri lah ya. Kalau yang suka banget nulis tapi nggak mau nunggu lama untuk mempublikasikan tulisan, maka alternatifnya ya ngeblog. Dan, enaknya ngeblog adalah kita bisa bebas mengekspresikan diri kita dalam tulisan. Mau nulis apapun dan bagaimanapun, bebas. Karena blog ini rumah kita jadi ya suka-suka aja. Selain itu, dengan nulis di blog kita bisa sekalian melakukan personal branding. Lumayan juga loh, tulisan kita juga bisa jadi portofolio.

Bikin blog itu emang nggak susah, tapi menurutku kalau ingin blog kita jadi bagus tentu juga nggak mudah. Dulu pas mau bikin aja bingungnya berhari-hari buat milih platform. Setelah terpilih platform, bingung lagi tuh milih template yang google friendly dan juga reader friendly. Makanya ini aku lagi belajar kan hehe. Belum lagi nentuin niche blog yang akhirnya jadilah niche lifestyle biar bisa agak leluasa nulis lebih dari satu topic ahaha.

Know What You Do

Kalau memang udah niat ngeblog maka kita harus fokus. Bikin jadwal ngeblog oke juga tuh. Kalau menurutku pribadi sih nggak usah muluk-muluk banget harus sehari sekali karena ini justru bikin stress dan terbebani. Sesuaikan aja dengan keluangan waktu kalian guys. Kalau aku, seminggu sekali rutin nulis itu udah oke banget sebagai awalan.

Nah, biasanya kemalasan yang terjadi saat ngeblog itu salah satunya adalah karena nggak punya ide mau nulis apa. Berarti kita harus peka nih, hal-hal remeh pun bisa aja loh jadi bahan tulisan. Yang penting pas nemu ide itu kalau bisa langsung dicatat. Dan kalau udah mulai nulis, selesaikan saat itu juga. Percayalah, ketika kalian meninggalkan tulisan yang belum selesai maka kalian akan lebih malas melanjutkan tulisan itu daripada nulis yang baru.

Selain itu, biar makin semangat ngeblog kita juga bisa gabung dengan berbagai komunitas blogger dan melakukan blog walking. Buat yang belum tahu, blog walking adalah aktifitas saling mengunjungi blog, membaca tulisan di blog orang lain dan memberikan komentar. Tentu blog walking ini ada adabnya ya guys. Ya seperti kalian ke rumah orang gitu lah ya, harus sopan kalau ngasih komentar dan plis jangan nggak nyambung dengan isi tulisan. Kalau mau mengkritik sebaiknya japri saja.

Expand Your Skill

Ngeblog itu nggak cuma soal bikin blog dan nulis. Kita juga harus belajar membuat infografis untuk tulisan kita dan mempelajari seluk beluk blog lebih dalam. Belajar fotografi juga mendukung banget loh guys. Kalau tulisan udah apik terus fotonya ciamik wah pembaca pasti senang deh berkunjung ke blog kita. Tapi tetap ya, skill menulis juga perlu ditingkatkan. Belajar SEO apa lagi, penting banget. Ya walaupun sampai detik ini aku belum belajar SEO sama sekali, tapi sudah ada niat dan tekad kok, tenang.

Last but not least, konsisten. Aku juga masih belajar konsisten nih. Semoga kekonsistenanku membawa kita bertemu lagi pada tulisanku selanjutnya ya. Byebye.

Related Posts

2 comments

  1. Semoga setelah ikut kelas blogging ala2 ini, bisa menumbuhkan semangat ngeblog dan bisa konsiten hingga akhir ya mbak. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih mbak Marita. Siap menerima bimbingan hingga akhir, insyaa Allah.

      Delete

Post a Comment