Your Cozy Corner

Mengubah Template Blog Sederhana

9 comments

template blog

Setelah memasang custom domain sendiri, materi kelas ngeblog kali ini juga sangat ditunggu-tunggu oleh semua peserta. Tebak apa? Yess, cara mengubah template blog agar SEO friendly. Sebelum ngasih tau gimana cara bikin blog ramah SEO aku mau ngasih tahu dulu apa itu SEO dan kenapa blog sebaiknya SEO friendly.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau kalau diterjemahkan menjadi Optimasi Masin Pencari. Jadi, SEO ini merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk menaikkan trafik pengunjung sebuah situs (dalam hal ini blog) melalui mesin pencari. Singkat kata, SEO ini bertujuan untuk menempatkan sebuah situs atau blog tertentu pada posisi teratas atau minimal pada halaman pertama dari hasil pencarian. Dengan demikian, sebuah situs atau blog akan memperoleh keuntungan berupa pengunjung yang lebih banyak. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan sesuai dengan kriteria situs atau blog masing-masing. Situs jual beli akan mendapatkan lebih banyak pembeli, situs surat kabar dan blog akan mendapatkan lebih banyak pembaca. Dengan begitu, insyaa Allah lebih banyak manfaat yang tersebar dari tulisan kita para bloger. Selain itu, situs yang sudah SEO friendly juga berpeluang besar untuk menempatkan iklan sehingga situs tersebut mendapatkan pemasukan. Gimana? Udah pengen bikin blog jadi lebih SEO friendly?

Mengubah Template Blog

Mengubah template blog itu menurutku susah-susah gampang. Yang penting jangan menyerah. Maju terus pantang mundur. Berdasarkan pengalamanku, ada dua cara untuk melakukan permak tampilan blogspot. Apa saja?

pilihan template blog

Template Bawaan Blogspot

Yang pertama adalah tetap menggunakan template blogspot dengan memasang widget, dropdown, tombol back to top dan sebagainya sesuai kebutuhan secara manual. Sebagai awalan, tema yang disarankan adalah tema Simple karena lebih mudah untuk diatur. Untuk mengubah tampilan, tidak hanya dilakukan dengan mengutak-atik layout namun juga dengan melakukan edit html pada menu Tema. Dengan tema Simple ini, ada lima perubahan yang aku lakukan, yaitu

  • Menempatkan judul blog dan judul postingan di tengah halaman
  • Membuat menu drop down
  • Memasang social widget dan tombol back to top
  • Menghilangkan "m=1" pada url blog
  • Mengubah warna template

Meski hanya membuat lima perubahan, tetapi prosesnya cukup memakan waktu bagi pemula sepertiku. Benar kata coach kelas blogspedia kami, mbak Marita, bahwa kunci untuk melakukan permak blog adalah berani, fokus dan sabar.

Awalnya aku merasa duhlah template blogku udah bagus dan aku banget, sayang kalau diubah. Namun, aku ingin juga berpengalaman mengubah template blog sendiri. Bloger gitu loh, harus bisa dong ngotak-atik blog. Akhirnya, dengan bismillah aku mulai mengubah template tetapi masih dengan tema Simple bawaan blogspot. Mau tahu perbedaan blog lama dan blog baruku dengan tema Simple?

perubahan template blog

Gimana menurut kalian? Bagus mana? Aku lumayan suka dengan hasil desainku menggunakan tema Simple ini. Namun sayangnya, tema ini belum SEO friendly. Kenapa? Karena pada  halaman artikel, tag h1 masih menempel pada judul blog. Padahal seharusnya tag h1 menempel pada judul artikel.

Agak sedih juga sih kalau harus mengganti template lagi. Karena ya effort yang sudah aku lakukan lumayan. Tapi kalau nggak ganti, blogku jadi nggak SEO friendly. Sayang banget kan. Jadi, aku merelakan template baruku dan mencoba melakukan perubahan lagi menggunakan template unduhan yang dipakai oleh mbak Marita dan hampir semua teman-teman di kelas ngeblog. Template apakah itu?

Template Unduhan

Template unduhan ini banyak macamnya, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. DI kelas ngeblog ini, kebanyakan teman-teman menggunakan template unduhan fiksioner seperti yang dicontohkan oleh mbak Marita.

Melihat proses teman-teman memasang template fiksioner sepertinya juga nggak mudah. Beruntung pada materi berikutnya mbak Marita memberikan file template fiksioner miliknya yang sudah diedit sedemikian rupa sehingga kami hanya perlu mengedit sebagian kecil saja. Sepertinya mbak Marita sengaja nggak memberikan file ini di awal agar kami belajar dulu merombak blog secara mandiri haha. Kalau nggak gini aku pasti juga nggak akan punya pengalaman ngutak-atik blog.

Tapi gais, ternyata meskipun sudah menggunakan file fiksioner dari mbak Marita, proses pergantian template ini memakan waktu cukup lama. Aku mulai mengerjakan jam sepuluh malam dan baru selesai jam tiga pagi. Kenapa? Karena aku perlu mendesain gambar untuk diletakkan sebagai header besar dan header kecil di blog ini. Bagiku ini nggak mudah karena aku benar-benar pemula dalam membuat desain menggunakan canva. Tapi alhamdulillah, hasilnya cukup membuatku puas meskipun sederhana.

Dan, taraaa hasil perubahannya seperti apa? Yap, seperti yang sedang kalian lihat sekarang. Gimana-gimana gais? Bagus nggak blog ini menggunakan template fiksioner? Aku harap kalian suka, soalnya aku juga suka. Yang paling penting, dengan template ini blogku menjadi SEO friendly agar harapan terbesarku untuk blog ini bisa tercapai.

By the way...

By the way gais, perubahan blogku ini sama sekali berbeda dengan apa yang aku bayangkan sebelumnya, terutama soal warna. Sebelumnya aku berencana menggunakan warna cokelat dengan segala filosofinya, tetapi endingnya aku memilih warna dark grey. Sepertinya hal ini karena pengaruh dari suami yang selalu bilang bahwa pakai warna hitam saja, sederhana sekaligus elegan dan profesional. Aku pikir-pikir, iya juga sih.

Tapiiii, nanti kalau aku punya waktu aku mau ubah-ubah lagi dong. Sebelum itu aku harus menyiapkan gambar dulu untuk haeder. Ini artinya aku harus sering berlatih menggunakan canva biar hasil gambarnya nggak gitu-gitu aja. Ahhh, produktif sekali yaa hidupku hahaha. Emang dasar aku adalah emak-emak banyak mau.

Oya, kalau kalian ingin tau perubahan step by step yang aku lakukan untuk mengubah template blog agar SEO friendly, stay tuned di sini yaa. Nanti insyaa Allah aku akan bocorin langkah-langkahnya biar kalian bisa berkreasi juga. Well, see ya!


Related Posts

9 comments

  1. Wiii... Akhirnya ya mbak lupi... Kece ih blognya aku sukaaaa... Semangats ss

    ReplyDelete
  2. sukaaa banget sama tampilan barunya mb.. meski melenceng dari bayangan tp ini hasilnya manis banget kn mb??? tadinya aku jg mau pake wrna ini mb, tp jauh bgt sm plan. wkwkw
    ini sungguh terlihat minimalis dan elegan.
    terus logo dan header atasnya cuakep pol mb lupi. love it.

    ReplyDelete
  3. Dark grey ini juga cakep kok mbak. Tetep cantik but strong keliatannya ;)

    Ndekor blog emang butuh waktu biar ndekornya bisa maksimal sesuami keinginan wkwk

    Semangat untuk kita mbak ;)

    ReplyDelete
  4. Akhirnya haris merelakan template lama ya mb...
    Baru belajar canva aja udah bagus banget mb..
    Ini gambar headernya pada bagus2..
    Ku jadi pingin otak atik lagi..dududu

    ReplyDelete
  5. Duh, semua bagus nih templatenya.. Jadi ingin ubah lagi deh desain logonya juga.. Hehee,, semangattt

    ReplyDelete
  6. Meskipun tidak sesuai rencana, kalau lebih baik gpp kan mb. Mantab mb, telrihat sederhana tapi nyaman

    ReplyDelete
  7. Aku malah jdi salfok sama gambar headernya nih mba, bikin nyruput mie jga, heheheh
    Tpi emg bner warna dark grey gini simple tpi nyaman buat smua kalangan

    ReplyDelete
  8. hahahahaa... iya aku juga mikirnya agak beda gak sih. atau beda banget. orang visual bakal perhatian sama warna ini. tapi ini cakep mbak

    ReplyDelete

Post a Comment