Your Cozy Corner

Mau Sukses Ngeblog? Bikin BLOG PLAN!

8 comments

Nggak kerasa kemarin aku sudah sampai pada materi "Membuat Blog Plan" di kelas ngeblog blogspedia. Materi ini adalah materi terakhir gais. Rasanya masih nggak nyangka aja aku berhasil sampai tahap ini. Ada rasa bangga tapi ada rasa sedih juga karena udah mau lulus (iya kalau lulus haha). Masih ada tugas besar seminggu ke depan yang harus aku kerjakan  biar bisa lulus dari kelas ini.

Mau tahu tugas besarnya apa? Tugas besarnya adalah One Day One Post selama enam hari berturut-turut. Woww, bisa nggak ya. Hmm, kalau mau beralasan, banyak banget alasanku sebenarnya untuk ngeles, "Kayaknya nggak sanggup deh aku". Membayangkannya aja udah ribet. Hellooo mau nulis apa setiap hari gais? Kapan juga nulisnya? Nyari ide aja berjam-jam, kapan kelarnya? Yakin bisa one day one post?

weekly blog plan

Nah, inilah pentingnya blogt plan. Walaupun disuruh nulis setiap hari sepanjang tahun pun kita pasti bisa asal bikin dulu blog plan-nya. Blog plan ini bisa kita bikin tahunan, bulanan, mingguan bahkan harian.

Manfaat Blog Plan

Biar lebih nampol, aku kasih tau dulu deh manfaat blog plan.

Kantong Ide Penghemat Waktu

Bikin blog plan artinya kita membuat timeline waktu posting dan apa saja yang mau diposting. Dengan begini kita nggak akan kehabisan ide mau nulis apa. Selain itu, jadi menghemat waktu juga kan di setiap harinya. Nggak ada lagi deh cerita nggak bisa posting karena waktu habis buat nyari ide.

Jangan lupa pas mendaftar ide tulisan, kalian tandai juga hari-hari spesial di kalender seperti hari ibu, hari Kartini dan lain-lain. Jadi tulisan kalian akan mendapatkan momentum yang pas juga.

Sumber Keteraturan dan Keseimbangan

Sebagai pemilik niche blog lifestyle kalian pasti juga sering mengalami dong, kok postingan blog jadi random banget. Nah kalau kalian bikin blog plan dulu, kalian bisa menyeimbangkan topik-topik di dalam blog kalian gais.

Menyeimbangkannya gimana? Caranya bikin jadwal posting yang teratur dengan topik yang sama untuk hari tertentu. Misalnya hari Senin waktunya review, hari Rabu tentang traveling, hari Jum'at tentang parenting dan sebagainya.

Nah, selain postingan blog jadi seimbang, kalian juga jadi teratur juga ngeblognya. Dengan keteraturan ini kalian jadi lebih mudah loh untuk mencari tulisan-tulisan yang sudah lama kalian post. Jadi, blog plan juga berfungsi sebagai arsip. Mantab nggak tuh.

My Blog Plan

Nulis ini sebenarnya aku deg-degan sih. Wow, aku bikin blog plan! Ini rasanya seperti mengumumkan bahwa aku benar-benar seorang blogger. Aminkan aja dulu ya gais.

Blog Plan 2022

blog plan 2022

Tahun depan ada beberapa rencana yang sudah aku bayangkan. Aku ingin meng-upgrade diri lagi dalam dunia ngeblog dengan mengikuti kelas Growthing dan juga kelas adsense. Kalau mbak Marita bikin kelas ngeblog lanjutan of course aku mau ikut lagi.

Kalau target seperti DA, PA dan sebagainya itu aku nggak muluk-muluk. Posisi blogku ini sekarang adalah DA 1 dan PA 17. Aku masih belum ngerti gimana cara naikinnya dan kriteria penilaiannya berdasarkan apa. Jadi aku belum punya rencana soal ini sehingga aku bingung juga kalau mau bikin target terkait DA dan PA. Kalau mau random aja sih DA 5 dan PA 25 kayaknya udah bikin aku happy.

Aku sih pengennya di tahun 2022 udah bisa pasang adsense di blog ini. Sukur-sukur kalau semakin sering mendapatkan tawaran advertorial. Semoga juga pengunjung blog ini makin banyak. Intinya semoga blog ini makin bermanfaat baik untuk aku maupun untuk para pembaca.

Sorry gais aku nggak bisa nulis detilnya di sini. Bukan apa-apa, aku cuma butuh privasi, HAHAHA. Tapi aku tau kok, kalian masih ngeblank kan bikin yearly blog plan itu apa aja checklistnya. Nih aku bocorin yaa dari kelas blogspedia kemarin. 

  • Tetapkan DA, PA dan banyak pengunjung yang ingin diraih
  • Tetapkan nominal pendapatan yang ingin dicapai dari ngeblog
  • Tulis kelas upgrade diri yang ingin diikuti
  • Benahi struktur blog agar lebih ramah pembaca
  • Update artikel lama agar lebih SEO friendly
  • Tentukan jadwal posting
  • Buat daftar dan susunan ide agar saling tehubung

Break Down

Kalau udah bikin yearly blog plan, langkah selanjutnya adalah dengan mmem-breakdown-nya menjadi monthly blogplan, weekly blog pan maupun daily blog plan.

Monthly blog plan meliputi banyak artikel yang ingin diposting dalam satu bulan, mencatat hari-hari besar dan menentukan apakah akan membuat postingan terkait hari besar tersebut atau tidak. Selain itu rencanakan juga apakah akan menulis setiap hari, dua hari sekali atau seminggu dua kali.

Setelah itu break down lagi monthly blog plan menjadi weekly blog plan. Tetapkan jadwal posting, tentukan topik dan kategori tulisan, cari referensi tulisan, bikin infografis bahkan lakukan wawancara kalau perlu. Kalau ada lomba blog juga kalian bisa jadwalkan di weekly plan ini gais.

Nah, kalau daily plan isinya adalah outline tulisan. tetapkan judul, subjudul, keyword, infografis, referensi, internal dan eksternal link yang mau dicantumkan dan juga tanggal terbit.

My Weekly Blog Plan

Oke sekarang aku mau bikin weekly blog plan untuk tugas besar dari kelas ngeblog yang aku ikuti. Di sini aku nggak tulis detil ya, aku cuma tentukan hari dan topik apa yang mau aku tulis.

  • Senin: Review Almond Powder Mama's Choice
  • Selasa: Pengantar Kalkulus
  • Rabu: Tips Atasi Kecanduan Gadget
  • Kamis: Pengantar Struktur Aljabar
  • Jum'at: Review Hand Gel Mama's Choice
  • Sabtu: Sharing tentang Blogspedia 

Kenapa isinya jadi materi kuliah yaa. Soalnya udah hampir masuk kuliah nih gais, jadi biar sekalian nulis buat kerjaan. HAHAHA. Tapi next aku nggak akan gini kok gais. Aku akan bikin yang lebih proporsional topiknya. Khusus minggu depan itu maafkan yee soalnya mepet ama kerjaan.

do the plan

Oke oke, jadi gimana, udah kebayang kan cara bikin blog plan gais? Yuk ah bikin dan nulis. Konsisten! Konsisten!


Related Posts

8 comments

  1. Hebat udah punya rencana ikutan kelas lagi... Kalau saya kayaknya istirahat dulu ikutan kelas kelas dulu
    Sukses terus

    ReplyDelete
  2. Ah aku juga deg deg an ODOP nya mba, semoga lancar ya kita lulus semua

    Ya ampun artikel buat weeklynya ko serem mba mengingatkan jaman kuliah dulu hahaha

    ReplyDelete
  3. Mom, gapapa loh materi kuliah di masukin, biar aku ikutan nyimak juga ehe :D
    semangat Mom untuk mulai kuliahnya lagi :D

    ReplyDelete
  4. Semoga goals tercapai ya mbak ;) akupun penasaran sih sama adesense dan naikin DA hehe.

    Semoga diberi kesempatan belajar lagi ya kita ;)

    ReplyDelete
  5. Lah aku weekly plan nya mba Palupi serasa kayak "hari ini kita bahas tentang kalkulus" (auto merunduk kyak burung unta ketemu musuh wkk)

    Keliatan pinternya nie mba Palupi dari plannya itu.

    ReplyDelete
  6. Ah aku menunggu tulisannya mbak..
    Matematika mapel kesukaanku.
    Sampai dlu cita2 pingin jadi guru matematika..wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Wahh,, tulisannya tentang kalkulus nih :D udah lupa materi jaman kuliah.. Semoga lancar ya weekly plan nya..

    ReplyDelete
  8. sipppp... sudah punya blog memang harus konsisten menulis. Bunda juga sih, tapi sesuai dengan kemampuan phisik lah 🤭

    ReplyDelete

Post a Comment