Your Cozy Corner

Ingin Tahu Cara Website Muncul Di Google? Simak 5 Langkah Ini.

2 comments

Udah lama aku penasaran banget gimana cara website muncul di google. Wait biar aku perjelas. Maksudku gimana sih caranya biar artikel website atau blog kita muncul di halaman pencarian google?

Ceritanya, pas awal ngeblog aku melakukan hal yang bagiku konyol yaitu iseng mencari artikel yang aku buat di google. Namun ternyata artikelku itu nggak muncul dong. Huhu sedih banget. Udah bolak-balik nyari tetap nggak muncul. Bahkan dengan kata kunci yang panjang sesuai dengan kalimat di dalam artikel blogku pun tetap nggak muncul. Kesal nggak sih.

Akhirnya aku menyerah dan yaudahlah serah mau muncul apa nggak yang penting aku nulis aja sesuai dengan tujuan awal ngeblog. Nanti paling muncul sendiri. HAHA. Sebuah pemikiran yang simpel dan lugu. Apakah seiring berjalannya waktu akhirnya tulisanku jadi muncul di halaman pencarian google? Oh tentu tydaq gais.

Setelah bergabung dengan beberapa komunitas bloger dan mengikuti kelas ngeblog dari blogspedia, aku baru tahu bahwa membuat artikel kita muncul di halaman pencarian google itu ada caranya. Yang pertama adalah dengan menerapkan kaidah SEO pada blog kita. Yang kedua adalah dengan mendaftarkan blog kita ke Google Search Console (GSC).

5 Cara Website Muncul Di Google dengan Google Search Console

Google Search Console ini dulunya bernama Google Webmasters. Dia adalah sebuah platform gratis dari Google yang diperuntukkan bagi para pemilik website atau blog untuk memonitor bagaimana kinerja website atau blog di ranah organik Google.

Kalau menggunakan google analytics kan kita bisa mengetahui kinerja dan traffic blog kita dari berbagai channel ya baik organik maupun tidak organik misalnya blogwalking, media sosial, refferal dan sebagainya. Nah kalau google search console ini ngasih tahu kualitas blog kita dari kacamata google.

Jadi, kalau kalian ingin tahu halaman blog mana aja dan berapa banyaknya yang muncul di halaman pertama google, berapa banyak artikel yang diklik pembaca dan kata kunci apa saja yang membawa pembaca ke blog kita maka kalian wajib mendaftarkan blog ke google search console.

Ternyata menambahkan website atau blog ke google search console itu nggak susah kok gais. Yuk, simak langkah-langkahnya.

1. Login akun google

Pertama login akun google. Seperti biasa biar gampang pakai akun google yang sama aja dengan akun google yang kalian pakai ngeblog ya gais.

Kalau udah login, buka situs https://search.google.com/search-console/about lalu klik Start Now.

2. Pilih jenis properti

Selanjutnya akan muncul dua jenis properti yang bisa dipilih yaitu Domain dan Awalan URL. Kali ini kita akan fokus pada jenis Awalan URL (Prefix URL). Masukkan url blog ke dalam kolom sebelah kanan lalu klik Next.

properti gsc

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Ini artinya blog kita sudah terverifikasi otomatis. Namun, agar lebih aman sebaiknya kita lakukan verifikasi lainnya. Caranya klik Buka Properti.

3. Lakukan verifikasi

Scroll menu sidebar sebelah kiri sampai bawah lalu klik Setting (Setelan). Setelah itu klik Verifikasi Kepemilikan. Di situ akan muncul lima pilihan verifikasi yaitu file html, tag html, google analytics, google tag manajer dan DNS.

Kita akan verifikasi tag html dan google analytics saja soalnya aku baru tahu cara ini hahaha.

Verifikasi tag html

Klik aja di bagian tag html, nanti akan muncul informasi seperti pada gambar di bawah. Nah di situ ada kode yang harus kita salin. Oke kalian salin kode itu ya.

verifikasi tag html

Kalau udah, masuk ke dashboard blogger, masuk ke bagian theme - edit html lalu paste kode tadi di bagian bawah <head>. Jangan lupa klik save. Setelah itu kembali lagi ke dashboard google search console lalu klik verifikasi.

Verifikasi google analytics

Klik bagian google analytics lalu lanjut klik verifikasi. Gampang kan. Tapiii ada syaratnya gais, yaitu kalian harus udah memasang google analytics di blog kalian.

verifikasi google analytics

4. Hubungkan google search console dengan google analytics

Setelah berhasil melakukan verifikasi, langkah selanjutnya adalah menghubungkan google search console dengan google analytics. Caranya ke menu sidebar klik setting lalu klik association. Setelah itu klik associate lalu pilih properti UA yang mau ditautkan. Klik continue lalu klik tautkan. Udah deh.

5. Atur sitemap

Masuk ke bagian sitemap atau peta situs lalu ketikkan sitemap.xml di bagian belakang url blog yang tertampil. Udah, sesimpel itu.

Nah, selesai sudah gais. Gimana, udah terjawab kan gimana cara website muncul di google? Seperti halnya google analytics, data di google search console akan muncul minimal 24 jam setelah pemasangan. Tapi bisa juga beberapa hari. Sabar, tunggu aja.

Nah terus apakah gini doang lalu bisa bikin website muncul di google otomatis? Eits tentu tidak. Ini baru langkah awal loh ya. Selanjutnya tinggal gimana kita meningkatkan kualitas konten kita dengan memperbanyak artikel-artikel berkualitas yang SEO friendly.

Okay, setelah memasang google search console, next kita bahas fitur-fiturnya biar blog dan website kita lebih optimal. Tungguin yaa, see you!


Related Posts

2 comments

  1. Ini baru satu cara dari beberapa cara yg diterapkan ya mbak, dg pasang GSC ? Hhm, apapun itu tetap semangat ngonten ya mbak 😁. TFS

    ReplyDelete
  2. Ditunggu artikel ttg fitur2 nya mba biar makin paham nih

    ReplyDelete

Post a Comment