Your Cozy Corner

6 Rekomendasi Buku untuk Calon Ibu

11 comments

Dulu di awal kehamilan pertamaku, aku lumayan kebingungan mencari rekomendasi buku untuk calon ibu. Aku tahu bahwa sebenarnya sudah banyak informasi mengenai kehamilan dan sebagainya yang tersebar di internet. Namun, bagiku kurang greget.

Berbekal tanya teman dan sliweran di instagram, akhirnya aku menemukan beberapa buku yang bagus banget untuk dibaca oleh para calon ibu. Apa aja?

1. 9 Bulan yang Menakjubkan

Buku ini sebenarnya adalah majalah yang berisi panduan kehamilan dari bulan ke bulan. Seperti yang Bunda lihat pada covernya, buku ini best seller sejak tahun 1999. Menurutku itu wajar, karena isinya memang sangat lengkap, relevan dan terus diperbarui. Selain itu, di dalam buku ini dilengkapi dengan tautan digital yang terhubung ke web www.ayahbunda.co.id.

9 bulan yang menakjubkan

Ada empat bab di dalam buku ini yatu bab trimester satu, dua dan tiga lalu bab terakhir adalah bab persalinan. Pada setiap bab trimester terdapat sub bab bulan pertama sampai bulan ke sembilan kehamilan. Hampir segala pertanyaan ibu hamil terjawab oleh buku ini mulai dari makanan, olahraga, mitos, seks, gangguan kehamilan, perawatan tubuh dan masih banyak lagi.

Pada sub bab tiap bulan, dijelaskan tentang perkembangan janin dan apa saja yang ibu bisa lakukan agar perkembangannya optimal. Pada bulan ke delapan dan sembilan mulai dibahas tentang persiapan persalinan. Dan di bab terakhir yaitu tentang persalinan dijelaskan lebih detil mengenai tahap-tahap persalinan sehingga Bunda akan lebih siap untuk menyambut hari besar Bunda.

Aku benar-benar merekomendasikan buku ini pada siapapun kalian yang sedang hamil. Menurutku buku ini layak mendapat rating 10/10. Kalian bisa mencari di toko buku seperti Gramedia atau Togamas. Sepertinya buku ini sudah mulai jarang ada, tapi tidak ada salahnya kalian coba mencarinya. Dulu saat aku membelinya, buku ini adalah stok terakhir. Sepertinya memang selaris itu. Harga buku ini aku lupa, tapi seingatku tidak sampai 200 ribu.

Jangan sampai nggak beli Bun. Beneran ini worth to buy banget banget banget.

2. Bebas Takut Hamil dan Melahirkan

Ini buku yang ngehits juga seantero instagram pada sekitar tahun 2018. Kalian pasti kenal dong Bidan Yesie Aprillia pengarang buku ini Bun. Itu loh, Bu bidan yang suka mengedukasi dan memberikan tips persalinan nyaman di instagram @bidankita. Kalau belum tahu, cuss langsung kepoin akunnya.

bebas takut hamil dan melahirkan

Bagiku, ini juga merupakan buku yang wajib dibaca oleh ibu hamil. Dua kali hamil, dua kali juga aku baca buku ini. Otak kan perlu direfresh yaa Bun hehehe.

Buku ini merupakan panduan super lengkap bagi ibu hamil, mulai dari persiapan persalinan, berbagai posisi yoga yang mendukung lancarnya persalinan, makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil dan juga proses persalinan sejak tahap awal hingga akhir. Penjelasannya sangat detil, disertai dengan gambar dan sangat mudah dipahami.

Buku inilah yang selalu aku baca terutama menjelang persalinan. Buku ini jugalah yang membebaskanku dari rasa takut saat persalinan anak pertama. Dengan membaca buku ini saat hamil kedua kalinya, aku menjadi lebih optimis dan bersemangat untuk melahirkan dengan nyaman. Alhamdulillah, atas izin Allah aku diberikan persalinan yang nyaman, cepat dan lancar. Salah satunya karena ikhtiarku membaca buku ini.

3. Diari Asiku Banyak: 53 Rahasia ASI

Sejujurnya, aku belum baca buku ini. Kenapa aku tetap merekomendasikannya? Karena yang nulis buku ini adalah Cici yang punya akun instagram @asiku.banyak. You know kan Bun, @asiku.banyak ini postingan tentang asinya sangat lengkap, detil, dan ilmiah. Referensinya jurnal internasional loh.

diari asiku banyak

Aku sudah khatam itu 600+ postingan @asiku.banyak Bun. Dan bahkan beberapa masih aku baca ulang pas awal-awal mengasihi anak keduaku. Kalau kalian tanya apa kunci suksesku mengasihi anak-anak? Salah satunya adalah baca semua postingan @asiku.banyak. Ini baru postingan instagram aja. Aku yakin bukunya jauh lebih daging.

Aku selalu bersyukur mengenal @asiku.banyak. Kalau nggak, aku nggak tahu apakah bisa kuat mengasihi dan pumping siang malam. Cicinya juga very very down to earth. Udah kayak teman walaupun nggak kenal. Paling tulus lah dia Bun kalau masalah edukasi asi. 

4. Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

Setelah mengalami kegagalan pada saat MPASI anak pertama, aku tidak ingin hal itu terulang kembali. Masa MPASI dulu sangat stressfull. Haya benar-benar susah makan dan bodohnya aku nggak mencoba bikin menu MPASI yang lebih bervariasi.

mommyclopedia

Aku membeli buku ini menjelang MPASI anak keduaku dengan harapan aku bisa menyiapkan menu dengan lebih baik. Buku ini bisa kukatakan adalah penolongku. Gimana nggak, resepnya banyak Bun, 78. Nggak hanya resep makanan utama melainkan juga resep camilan. Semua resepnya disertai dengan kandungan gizi per porsi.

Meskipun judulnya adalah 78 Resep MPASI, buku ini nggak hanya ngomongin resep saja. Pada bab pertama dijelaskan tentang apa saja yang harus diketahui tentang MPASI. Bab pertama ini yang harus kita highlight Bun. Ini konsep dasar banget tentang MPASI dan sangat sangat penting.

Awalnya aku kra masa MPASI itu ya udah tinggal suapin aja. Namun, setelah membaca bab pertama buku ini aku merasa menjadi ibu paling bodoh sedunia. Udah Bun, nggak usah ribet kalau mau MPASI, baca buku ini aja dulu.

5. Mengatasi Gawat Darurat pada Anak

Bun, anakku diare terus nih, gimana ya? Bun kenapa ya anakku demam kok nggak turun-turun? Aduh Bun anakku muntah terus, gimana nih? Buuunnn heeellppp!!!

Kita para orang tua pasti sering banget mendengar atau bahkan melontarkan kalimat-kalimat seper di atas. Ya kan Bun? Ngaku aja deh.

Kadang kita tidak yakin untuk membawa anak ke rumah sakit atau ke dokter. Apalagi di masa andemi seperti sekarang. Jadi, kapan sih kita perlu membawa anak ke dokter? Kondisi seperti apa yang bisa ditangani di rumah dan bagaimana penanganannya? Jawabannya ada di buku ini.

mengatasi gawat darurat pada anak

Buku yang ditulis oleh dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, M. Biomed, Sp.A(K) ini berisi tentang hal-hal yang bisa menyebabkan kondisi gawat darurat pada anak. Contohnya adalah tersedak, tenggelam, demam, kejang, muntah, tergigit hewan dan lain-lain. Tidak hanya itu, cara menangani keadaan gawat darurat pun dijelaskan dengan rinci di buku ini.

Yang aku suka adalah meskipun mengenai hal-hal medis, pemaparan buku ini sangat mudah dipahami oleh orang awam sepertiku. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi sebagai petunjuk ketika perlu dilakukan pertolongan pertama seperti resusitasi jantung dan sebagainya. 

6. Seni Berbicara pada Anak: Panduan Mendidik Anak Tanpa Ngegas

Dari judulnya aja buku ini udah bikin aku mikir kalau aku butuh buku ini. Ya gimana Bun, ngegas terus nih aku di rumah huhuhu.

Buku ini sangat membuka pikiranku tentang bagaimana berinteraksi dengan anak. Buku ini membawa cara pandang baru dalam menyikapi anak. Aku pasti masih akan lebih ngegas kalau tidak membaca buku ini karena tidak tahu apa yang harus aku ubah. Buku ini benar-benar membawa perubahan besar dalam dunia kecilku bersama anak-anak.

seni berbicara pada anak

Secara isi, menurutku buku ini bukan buku yang ringan untuk dibaca. Aku butuh sangat fokus saat membaca buku ini. Aku nggak tahu sih apakah ini efek buku terjemahan atau emang isinya yang sangat penting jadi terasa berat. Yang jelas seberat apapun, aku tetap akan membaca buku ini karena isi buku ini nggak akan kalian temukan di buku yang lain.

Dari enam rekomendasi buku untuk calon ibu di atas, Bunda udah baca yang mana? Kalau ada buku bagus lainnya boleh share dong Bun di kolom komentar. Thank you!

Related Posts

11 comments

  1. Mbak, bener bener suka baca ..luar biasa...
    Buku yg no 6 sepertinya harus saya cari dan baca,,,
    Makasih mbak informsi ttg bukunya

    ReplyDelete
  2. Nah buku seni berbicara dengan anak tanpa ngegas ini aku punya mbak. Dengan harapan bisa jd emak yg bisa bekerja sama dengan anak tanpa ngegas, dam buku ini ringan dn sangan rekomended buat di baca

    ReplyDelete
  3. Aku pas anak pertama itu rajin banget beli buku MPASI.. Tapi kemudian anakku ga mau disuapin, jadilah beli buku Baby Led Weaning ituh, eh dia suka cara begitu. Ya sdh, aku ga ribet mesti masak ini itu kyk bayik lg, emg akunya males ribet sih.

    ReplyDelete
  4. Ternyata hanya 2 dari 6 buku yg aku tahu mb. Dan baru tahu juga kalo ada buku tentang 9 bulan kehamilan yang best seller..
    Makasih mb Lupi rekomendasinya :D

    ReplyDelete
  5. Dari 6 aku cuma 1 yang aku punya yaitu buku no 2.

    Sebab aku kena HG saat kehamilan kedua. Kebtulan aku ikuti akun bidankita juga.

    Nah, pas banget aku baca kita lumayan refresh lagi.

    Bukunya urut ya mbak. Dari kehamilan, menyusui, mpasi, hingga prsiapan anak bakal banyak nanyak hehe

    ReplyDelete
  6. Wah, buku perjalanan hidup ya mbak. Seperti mengikuti setiap kisah perjalanan mb dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  7. baru punya buku yang keempat hihi
    harusnya aku beli buku yang pertama itu ya dan buku asiku banyak karena pengalaman drama mengasi-i anak pertama wkwk
    eh yang keenam juga wajib nih :D
    makasih banyak mba infonya

    ReplyDelete
  8. Flash back 27 tahun yang lalu, boro-boro mendapat buku untuk di baca dalam mempersiapkan kehamilan dan pendidikan anak, koran lokal aja sampai di lokasi tempat tinggal baru sampai h+1.
    Dengan segala keterbatasan wawasan, Alhamdulillah semua bisa dilalui. Pastilah ada lebih dan kurang.
    Bersyukurlah dimasa sekarang, ibu-ibu punya banyak bala bantuan ilmu.
    Namun 1 pesan bunda, jangan terlalu kaku dalam menerapkannya, jangan juga menganggap ajaran orang tua itu kuno. Balance dan andalkan naluri. Karena setiap orang punya kemampuan pemahaman berbeda juga menerapkannya.
    Selamat menjadi Ibu, berbahagialah dengan waktu yang ada, puaslah menggali ilmu agar mendapat yang terbaik.
    Sekedar tambahan dari yang sudah duluan melalui 🙏

    ReplyDelete
  9. Bunda jadi cemburu dengan ibu-ibu muda masa sekarang, begitu mudah... Begitu kaya dengan ilmu

    ReplyDelete
  10. Yeay ;) bukunya emang recommended semua. Aku bersyukur sih ada di zaman melek informasi ini. Banyak buku parenting ok yang bantu ibu untuk menjalani pengasuhan. Aku masih baca yang seni berbicara pada anak. Kaga kelar kelar deh wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. bukunya recomended semua.. sama nih mba aku klo baca buku yang terjemahan suka lama nyernanya makanya nih masih galau mau beli buku yg ke 6

    ReplyDelete

Post a Comment