Your Cozy Corner

7 Upaya Orang Tua untuk Membantu Anak Belajar

28 comments

Pengalaman menemani anak belajar di rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan, namun juga bisa menjadi hal yang menantang. Karena kadang orang tua juga tidak terlalu menguasai materi pelajaran anak, tidak mengenali gaya belajar anak, gaptek dan tidak paham teknologi, keterbatasan wawasan orang tua, dan sebagainya. Jadi, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak belajar di rumah? Cari tahu dengan membaca artikel ini sampai selesai.

7 Upaya Orang Tua untuk Membantu Anak Belajar

Tips membantu anak belajar

Membantu anak belajar sebenarnya bukan perkara yang rumit lagi jika kita tahu tips dan triknya. Setidaknya tujuh hal di bawah ini dapat mempermudah Anda dalam menemani dan membantu anak belajar di rumah.

1. Tidak Gagap Teknologi

Jika pengetahuan dan keterampilan Anda masih kurang dalam menggunakan teknologi, maka ada baiknya Anda mengikuti pelatihan penggunaan teknologi, misalnya tentang penggunaan platform belajar online, cara mencari sumber belajar untuk anak, keamanan berinternet, dan sebagainya.

Atau kalau ingin lebih mudah mendapatkan materi edukasi untuk anak, Anda bisa berlangganan saja paket bundling internet cepat dan stabil dari IndiHome, yang sudah menyediakan berbagai fitur edukasi dan media belajar yang aman bagi anak. Jadi berdasarkan referensi dari Pricebook, IndiHome sudah memiliki fitur media edukasi, seperti: IndiHome Edukasi, IndiHome Study atau IndiHome Kids. 

IndiHome Edukasi dapat digunakan oleh orang tua dan anak untuk membantu memahami materi pelajaran secara terstruktur melalui video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online. 

IndiHome Study juga menawarkan layanan kelas online, perpustakaan virtual, dan ulangan online untuk membantu anak belajar secara efektif. Yang terakhir, IndiHome Kids adalah media edukasi dan hiburan yang dirancang khusus untuk anak-anak.

2. Menyediakan Ruang yang Nyaman untuk Belajar

Anda dapat menyediakan ruangan yang cocok untuk anak belajar di rumah. Ruang yang nyaman dan bebas gangguan dapat membantu anak berkonsentrasi dan fokus pada pembelajaran.

3. Berinteraksi Dengan Guru dan Teman Sekelas

Bantu anak untuk bisa berinteraksi dengan guru dan teman sekelas melalui platform pembelajaran online. Ini akan membantu anak-anak merasa lebih terhubung dan memotivasi anak untuk belajar.

4. Menjaga Komunikasi yang Terbuka dengan Anak

Ajak anak untuk berkomunikasi dan berdiskusi mengenai materi pelajaran di sekolah, kesulitan yang anak hadapi, dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Kemudian, komunikasikan juga betapa pentingnya belajar bagi anak. Bukan sekadar mendapatkan nilai tinggi, tapi untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik baginya. 

5. Jaga dan Terapkan Rutinitas Belajar

Rutinitas belajar dapat membantu anak lebih terorganisir dan terbiasa belajar teratur di rumah. Bersama-sama dengan anak, buatlah jadwal belajar harian yang mencakup waktu belajar, waktu istirahat, dan waktu untuk bermain.

6. Aktivitas Belajar Itu Harus Menyenangkan

Ciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan sehingga ketika waktu belajar tiba, anak akan dengan senang hati belajar. Hati yang senang tentu saja membuat apa yang dipelajari jadi lebih mudah dipahami. Contohnya, membuat proyek bersama atau menonton video pembelajaran yang menarik.

7. Akses Internet Cepat dengan Kontrol Penuh Pada Orang Tua

Di era teknologi seperti sekarang, koneksi internet yang cepat dan stabil tidak saja dibutuhkan orang dewasa. Anak-anak juga membutuhkannya untuk bisa mendapatkan sumber dan referensi pengetahuan dan informasi, membantu mereka terampil menggunakan teknologi, dan memudahkan akses mendapatkan materi edukasi.

Untuk Memenuhi kebutuhan akan akses internet, Anda bisa menggunakan layanan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia. Ada banyak paket bundling yang menarik dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Berlangganan paket bundling IndiHome juga memungkinkan anak mendapatkan fasilitas mengakses platform belajar online, seperti Khan Academy, Zenius, Ruangguru, dan sebagainya.

To Sum Up

Menemani anak belajar di rumah menjadi pengalaman yang bermanfaat dan berharga, baik bagi Anda sebagai orang tua maupun bagi anak. Untuk itu, carilah cara yang paling efektif, namun tetap menyenangkan, saat mendampingi anak belajar di rumah.


Related Posts

28 comments

  1. Belajar apapun itu memang menyenangkan karena banyak hal baru yang bakal didapat seperti di jelaskan di atas, misal tidak gagap teknologi, dll. Dan sebenernya ortu memang punya kendali lebih banyak dalam hal belajar. Guru di sekolah sebenernya hanya fasilitator saja, umpan balik tetap butuh kerjasama dengan keluarga.

    ReplyDelete
  2. Artikel ini sangat bermanfaat mba. Terima kasih atas beberapa tips yang disajikan untuk membantu anak-anak belajar. Aku yakin dengan mengikuti beberapa tips ini akan meningkatkan hasil belajar anak-anak dan membuat proses belajar menyenangkan.

    ReplyDelete
  3. Intenrt akan sangat membantu ornag tua dalam proses belajar anak ya, mbak. Apalagi masalah pelajaran. Pastinya orang tua akan mudah membantu anak belajar dengan mencari sumber bahan ajar dari internet

    ReplyDelete
  4. Memang harus menyenangkan ya Mba, kondisi belajar anak biar mereka nggak terbebani dan bisa menyerap pelajaran dengan baik

    ReplyDelete
  5. Jadi orang tua pun harus banget ya menyesuaikan dengan zaman untuk mendidik anak-anak kita. Di zaman internet saat ini, orang tua memang tak boleh gaptek ya, apalagi internet bisa sekali dijadikan bahan pembelajaran untuk anak-anak

    ReplyDelete
  6. setuju banget ya internet cepat dengan kontrol orangtua. belajar lancar namun tetap orangtua bisa mengetahu apa yg dipelajari anak :)

    ReplyDelete
  7. Menemani anak belajar di rumah itu gak mudah, ya, Mbak. Kita orang tuanya juga harus belajar lagi supaya bisa membantu anak-anak.
    Kita juga harus cari cara yang paling efektif, namun tetap menyenangkan, saat mendampingi anak belajar di rumah.

    ReplyDelete
  8. Membantu anak saat belajar, juga bisa mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Dan benar sekali 7 tips di atas, Mbak. Termasuk paling utama harus melek teknologi. Soalnya di era digital, semuanya serba internet. Makanya perlu sekali dukungan internet cepat, agar proses belajar lancar.

    ReplyDelete
  9. senangnya, sekarang media belajar udah makin beragam dan asik-asik ya, jadi anak-anak makin semangat belajarnya

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu kalau ternyata IndiHome punya fitur media edukasi. Kayaknya perlu nyobain juga nih fiturnya, buat teman belajar si bocah.

    ReplyDelete
  11. keren nih sekarang sudah ada indihome untuk pelajar juga yaa jadi bisa sangat membantu dalam studi anak

    ReplyDelete
  12. Bener banget nih, jadi orang tua ga boleh gaptek, karena anak-anak sekrang dengan teknologi sudah sangat dekat. Oratu pun harus bisa memanfaatkan teknologi untuk menjadi media mendampingi anak, khususnya dalam belajar

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya pengen banget punya tempat untuk anak belajar. Karena selama ini dimana aja di rumah

    ReplyDelete
  14. Orang tau sekarang dah paham provider internet mana yang harus dipakai, ya tetap IndiHome dari jaman dulu yg terbaik.

    ReplyDelete
  15. Ponakan daku suka sering tanya juga soal tugas sekolahnya. Kalau ada yg lupa, daku ceki² aja lewat internet hehe

    ReplyDelete
  16. Karna zaman sekarang teknologi makin canggih, anak2 jd udh biasa ya pake internet. Pr nih bagi para ortu jgn sampe kalah sama anak dan jd nggak bs mengimbangi anak 😁

    ReplyDelete
  17. Zaman sekarang, orang tua harus melek teknologi, jangan sampai kalah sama anak ya Mbak.
    Aku kalau ngajarin anak dan enggak paham materinya juga cari informasi dengan memanfaatkan internet.

    ReplyDelete
  18. Bener sih tetep akses internet harus terkontrol jangan sampe kelolosan karena benerinnya bakal lama daaaann butuh tenaga ekstraa. jangan sampe lah ya anak2 kita kemasukan konten2 unfaedah kak

    ReplyDelete
  19. Belajar anak jaman sekarang memang butuh yaa internet, banyak pelajaran yang bisa dipelajari dari internet

    ReplyDelete
  20. Edukasi yang positif kak.
    Saya, selaku orangtua wajib membantu perkembangan anak buat belajar.

    ReplyDelete
  21. Sebagai orang tua membantu anak belajar bisa dengan melakukan beberapa hal di atas. Dari menyediakan ruang atau tempat belajar yang nyaman hingga akses internet yang stabil.

    ReplyDelete
  22. poin pertama tuh penting banget kak, gak gaptek. iyalah wong kid jaman now emang hidup, tumbuh dan berkembang dalam era teknologi internet dan serba digitalisasi. kalo ortunya gaptek gimana bisa membersamai anak dan mengejar apa yang diketahui anak saat ini ya

    ReplyDelete
  23. Orang tua punya kewajiban mengupayakan agar anak sukses belajar ya mbak
    Salah satunya dengan memberikan akses internet yang cepat dan stabil

    ReplyDelete
  24. Orang tua jangan sampe gagap teknologi, khawatirnya malah tak bisa memantau apa yang anak lakukan saat bersentuhan dengan internet ya. Thanks ulasannya, Kak

    ReplyDelete
  25. Aku juga bersyukur banget hidup di jaman digital seperti sekarang ini mbak, memudahkan banget untuk temeni anak belajar di rumah

    ReplyDelete
  26. Terbantu sekali dengan adanya paket belajar dari IndiHome.
    Karena karakter belajar anak generasi alpha menggunakan media yang paling dekat dan nyaman buat mereka, yakni media digital.

    ReplyDelete
  27. jadi orang tua tuh emang harus serba bisa yaa, melek teknologi, informasi, cakap komunikasi dan psikologi anak juga hihihi

    ReplyDelete
  28. Orang tua memang memiliki peran yang sangat penting ya dalam membantu anak belajar. Syukurnya juga ditunjang dengan internet cepat jadi lebih memudahkan ortu dalam menjalankan perannya ini.

    ReplyDelete

Post a Comment