Your Cozy Corner

Memasang Custom Domain Sendiri Serasa Jadi Bloger Sejati

4 comments
memasang custom domain

Setelah sekian lama ngeblog (sebenarnya nggak lama banget juga sih) akhirnya terpasang juga nih custom domain. Yuhuuu, seperti yang kalian lihat gais sekarang blog ini nggak lagi www.ummahaya.blogspot.com melainkan www.erpalupi.com. Ciyeee, allhamdulillah, bangga aku tuh gais soalnya memasang custom domain adalah salah satu dari things to achieve-ku di tahun 2021 ini.

Wait, kok jadi erpalupi.com? Oke oke, seperti yang sudah aku tulis di halaman About Palupi, awalnya aku memang ingin mengganti nama domain menjadi palupi.com. Yang aku tulis di daftar things to achieve pun palupi.com gais. Tapi ternyata nama itu sudah ada dan sedang dijual seharga 2400 dolar, gila nggak sih! Sebenarnya kesal sekali aku dan hampir nggak bisa menerima kenyataan. Hampir juga aku nggak jadi memasang custom domain karena berencana menunggu siapa tahu ada keajaiban sehingga palupi.com bisa aku pakai (ngayal kan nggak apa-apa). Tapi kalau gitu, aku nggak akan lanjut kelas blogspedia dong soalnya memasang custom domain adalah salah satu tugas di kelas blogspedia. Dan kalau nggak ngerjain tugasnya, aku bakal langsung ditendang dari kelas. Oh NO!

Setelah mikir-mikir sambil merengut alias cemberut beberapa hari, aku (dengan dukungan suami) memutuskan memakai nama erpalupi, padahal namaku nggak ada huruf e-nya sama sekali. Kalian pasti bisa menebak bahwa maksudku er adalah untuk mewakili huruf r. Soalnya ya kalau pakai nama rpalupi.com kan nggak enak dibaca. Ya walaupun bacanya sama-sama er. Selain itu erpalupi juga udah pernah aku pakai di blog sebelumnya, jadi okelah aku pakai nama ini aja. Huruf e nggak terlalu mengurangi identitasku kan gais? Ya kan gais? Please kuatkan aku, iyain aja haha!

Membeli dan Memasang Custom Domain

Setelah baca bismillah bolak-balik demi memantabkan hati, mulailah aku mencari penyedia layanan custom domain. Berdasarkan bocoran dari kelas blogspedia, membeli custom domain bisa melalui niagahoster, rumahweb, dewaweb, idcloudhost dan lain-lain. Yang aku sebutkan ini cukup kredibel ya gais, kalian bisa memilih salah satu kalau mau memasang custom domain juga. Kalau aku, setelah membandingkan harganya akhirnya memutuskan membeli custom domain di idcloudhost seharga 99 ribu rupiah plus pajak 10% per tahun. Ini paling murah gais, yang lain harga custom domain untuk ekstensi .com adalah 125 ribu-145 ribu rupiah belum termasuk pajak.

Sebelum membeli custom domain di idcloudhost, sebaiknya kalian bikin akun dulu di sana, toh nanti akhirnya juga diminta membuat akun. Daripada bikinnya di tengah proses beli domain, mending di awal aja biar nggak ruwet. Cara belinya gampang, tinggal pilih menu domain, ketik nama domain yang diinginkan lalu nanti akan muncul pilihan apakah kita mau pakai .com, .id, .net dan lain-lain. Oya, harganya juga otomatis muncul gais, jadi sesuaikan aja dengan keinginan dan budget kalian. Membeli custom domain itu nggak selalu mahal kok, 10 ribuan per tahun juga ada.

Nah, kalau sudah memesan nama domain, jangan lupa bayar ya. Tunggu beberapa menit, nanti kalian akan mendapatkan email konfirmasi pembayaran. Kalau sampai setengah jam belum muncul juga emailnya, kalian bisa langsung chat aja adminnya melalui fitur live chat. Setelah oke terkonfirmasi, kalian bisa langsung eksekusi memasang custom domain.

Memasang custom domain adalah hal yang benar-benar mendebarkan. Walaupun sebelumnya aku udah ngintip cara memasang custom domain di kelas blogspedia, tapi tetep aja hatiku bergetar rasanya. Soalnya dulu aku beranggapan memasang custom domain itu ribet, tapi ternyata nggak juga kok. Pada dasarnya memasang custom domain itu nggak susah, cuma butuh ketelitian aja. Pastikan kalian mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Di web idcloudhost sendiri juga sudah tersedia tutorial memasang custom domain baik berupa artikel maupun video.

Kemarin aku sempat melakukan kesalahan sehingga blog ini nggak bisa diakses tanpa menggunakan www. Usut punya usut, ternyata di bagian DNS Manager ada bagian yang aku salah mengisinya. Beruntung customer service idcloudhost sangat responsif sehingga nggak sampai setengah jam blog ini bisa diakses dengan normal. Btw, nggak tahu kenapa fitur live chat di idcloudhost itu nggak muncul kalau kita mengakses via komputer. Kalau via handphone baru ada. Jadi nanti seandainya kalian punya problem dalam memasang custom domain sebaiknya kalian buka web idcloudhost pakai hp aja ya gais biar muncul fitur live chat-nya.

How I Feel

Saat blog ini alias erpalupi.com bisa diakses dengan normal rasanya sungguh lega banget. Kayak habis lahiran gais haha tapi tanpa rasa sakit. Bangga iya, terharu iya karena berhasil memasang custom domain sendiri. Diri ini serasa sudah menjadi bloger sejati haha lebay ya. Nggak nyangka aja aku sudah berjalan sejauh ini dalam perblogingan. Padahal bisa jadi ini baru starting point. Nggak apa-apa lah ya. Yang jelas hal ini bikin aku makin semangat ngeblog. Udah like a pro gitu loh kesannya kalau nggak pakai embel-embel blogspot tuh gais.

Aku nggak sabar nunggu materi berikutnya di kelas blogspedia. Pengen ngutak-atik template dan layout biar lebih cakep dan lebih ramah SEO. Pengen belajar menulis lebih dalam lagi biar makin enak dibaca tulisan semrawutku ini. Ah, pokoknya aku pengen ini pengen itu banyak sekali kayak Nobita.

So gais, welcome to erpalupi.com! I present to you this cozy corner. This is yours. This is Your Cozy Corner, a place to enjoy reading, relaxing and finding some excitements. Cheers! 

Related Posts

4 comments

  1. Yipppiii!! Emang bener rasanya bangga banget dan serasa blogger sejati ya mb haha
    Semoga kita semakin semangat bloggingnya ya

    ReplyDelete
  2. Nambah anak ya mba ceritanya, kyak abis lahirqn gitu rasanya...semangat² smoga kita smua bsa lolos sampai akhir kelas blogspedia yaa

    ReplyDelete
  3. aamiin ya Allah..semoga kita lulus semua..

    keren mbak pengalamannya pasti bikin deg-degan banget ya..

    ReplyDelete
  4. Cup cup cup jangan sedih mbak, sini aku peluk online. erpalupi juga keren kok, semangat nulis ya mbak

    ReplyDelete

Post a Comment