Your Cozy Corner

Cafe Tiga Tjeret, Angkringan Ala Cafe di Surakarta

12 comments

Sebagai kaum pas-pasan, aku kadang mengalami dilema saat menentukan mau njajan di mana. Pengen nyemil-nyemil cantik, tapi kalau di cafe pasti mahal. Pengen jajanan murah dan enak, tapi kalau njajan di angkringan kok ya nggak estetik blas. Kalian pernah nemu nggak sih angkringan ala cafe gitu? Kalau aku, sepanjang hidupku akhirnya menemukan satu angkringan ala kafe gais, namanya Cafe Tiga Tjeret.

cafe tiga tjeret

Waktu itu aku sedang jalan-jalan ke Surakarta alias Solo dan bingung mau njajan ke mana seperti yang udah aku ceritain di atas. Soalnya, kali itu adalah pertama kalinya aku menginap di kota Solo berdua aja sama suami dan nggak tahu daerah manapun. Berbekal review Google, sampailah aku dan suami ke Cafe Tiga Tjeret, angkringan ala cafe dengan jajanan yang murah dan tempat yang estetik. Setelah sempat kesasar, lelah kami terbayar juga dengan makan di sana haha. Cafe Tiga Tjeret ini berlokasi di Jl. Ronggowarsito No. 97, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

Suasana malam hari Cafe Tiga Tjeret lumayan mencolok dilihat dari kejauhan. Lampu-lampunya yang bulat dan besar terlihat menonjol. Aksen kayunya membuat penampakannya makin elegan. Nggak cuma itu, hiasan lampu-lampu kecil yang kerlap-kerlip juga bikin suasana malam makin romantis. Cocok banget deh ke sana bersama pasangan gais. Kalau bisa pasangan halal ya, biar barokah.

Memasuki area dalam cafe, kita langsung disambut oleh stand memanjang yang isinya banyak banget jajanan mulai dari kue basah, jajan pasar, gorengan, sate-satean sampai nasi-nasian. Wait, sate-satean dan nasi-nasian itu bukan sate dan nasi mainan yaa haha. Jadi, di sana ada sate usus, sate kerang, sate telor puyuh, sate udang, sate daging dan masih banyak lah. Begitu pun dengan nasi, ada nasi goreng, nasi teri, nasi bandeng, nasi bakar dan macam-macam. Konsepnya, kita langsung ambil makanan yang kita mau lalu bayar di kasir.

jajanan cafe tiga tjeret

Setelah membayar makanan, kita tinggal duduk dan makan deh di kursi yang udah disediakan. Sebaiknya ada satu orang yang nyari tempat saat kita pesan makan, soalnya rame banget Cafe Tiga Tjeret ini. Mungkin ya karena makanannya murah dan tempatnya asik. Padahal udah tiga lantai loh gais, tapi tetap saja penuh. Waktu itu aku gantian sama suami buat pesan makan. Pokoknya kalau kalian ke sana mending agak sore atau reservasi dulu biar kebagian tempat. Oya kalau minumannya kita pesan dulu baru nanti diantar. Segala jenis wedang ada di sana. Bayangin, wedang jahe aja banyak banget macamnya seperti wedang jahe teh, wedang jahe nanas, wedang jahe coklat, wedang jahe coklat tape, wedang jahe tape, wedang jahe tape nanas dan lain-lain. Hitung aja kombinasinya gais, masih ingat kan rumus kombinasi pas SMA? Hehehe.

Konsep angkringan masih melekat banget di Cafe Tiga Tjeret ini. Selain karena menu makanan yang dijejer dan self service, juga karena tempat duduk di sana rata-rata memanjang sehingga bisa diisi banyak orang. Kalian bisa banget tuh bertegur sapa atau bahkan ngobrol sama orang yang duduk di samping kalian kalau mau dan nggak punya malu. Namun, kalau kalian ingin privasi ada juga kok tempat duduk yang bisa buat berdua aja. Aku pun waktu itu memilih duduk di meja bundar yang kapasitasnya empat orang. Meja bundar ini dinaungi oleh payung transparan karena letaknya di bagian outdoor. Payung ini beneran berfungsi gais. Pas aku ke sana, tiba-tiba datang gerimis-gerimis mesra gitu. Untung tempat duduk kami ada payungnya. Kalau nggak, ya bayangin aja masa iya aku lari-lari sambil bawa segala macam sate dan gorengan yang udah aku pesan gais.

Jajanan di Cafe Tiga Tjeret ini terbilang murah, mulai dari tiga ribuan waktu itu (tahun 2017). Semoga aja harganya nggak naik. Agak kalap juga sebenarnya waktu itu karena saking murahnya. Untuk rasa, menurutku lumayan lah. Ada yang enak, ada juga yang biasa. Kalau ini soal selera sih ya. Tapi sepertinya kalau sering ke sana bakal tahu apa aja menu yang recommended. Karena saat itu adalah kali pertamaku dan suami, ya kami random aja memilih apa yang mau kami makan.

Ada satu hal yang menarik dari Cafe Tiga Tjeret ini yaitu tempat cuci tangannya terbuat dari tiga ceret besar berbahan alumunium. Ceret atau tjeret adalah tempat air minum itu loh gais. Biar nggak bingung lihat foto di bawah aja ya. Beruntung aku sempat motret bagian paling ikonik ini. Kalau nggak, jadi susah kan aku menjelaskannya ke kalian.

tiga tjeret

Awalnya aku pikir cafe ini diberi nama Cafe Tiga Tjeret karena ada tiga ceret sebagai pengganti wastafel. Namun ternyata, tiga ceret itu ada filosofinya. Jadi pada umumnya, angkringan biasanya menyediakan tiga ceret dengan isi yang berbeda di setiap ceretnya yaitu air hangat, teh dan wedang jahe. Kalau di Cafe Tiga Tjeret, nggak literally seperti itu gais. Meski begitu tetap ada kok pilihan menu air hangat, teh dan juga wedang jahe.

Aku pribadi berani ngasih nilai 7.5/10 untuk Cafe Tiga Tjeret ini. Dengan konsep yang oke dan estetik, cafe ini nggak hanya cocok buat njajan tapi juga buat selfie. Kalau kalian ingin makan banyak, kenyang dengan harga murah dan rasa yang lumayan, Cafe Tiga Tjeret ini pilihan yang tepat gais. 

Related Posts

12 comments

  1. Sayang jauh ya mbak,,, saya kalau sama isteri suka banget sama suasana kaya gitu, ... Mudah mudahan suatu saat bisa ke sana

    ReplyDelete
  2. Suasananya jadi keinget masa kuliah mba yang doyan nongkrong di angkringan wkwkwkw jadi kangen banget ama jogja 😭

    ReplyDelete
  3. Wah konsepnya emang kafe bgt ya mb, bukan seperti angkringan pada umumnya. Jadi betah pasti nongkrong lama-lama di sana, sampe ga sadar habis berapa tusuk sate telur puyuh hehehhe

    ReplyDelete
  4. waaah, angkringannya udah kekinian ya mbak. mantappp.

    ReplyDelete
  5. Cie-cie yang lahi berduaan. Ehem. Asik dong ketemu banyak pasangan di angkringan.

    Saya pas ke solo ga kemana-mana, cuma dekem di Alila Solo. Hanya bisa melihat keramaian dari lantai 20.

    ReplyDelete
  6. Aku juga pernah ke cafe tiga tjeret yang di jogja.. Ternyara ada juga ya di solo, baru tau nih :D

    ReplyDelete
  7. Aku auto mengingat lagi rumus kombinasi waktu smA mba.. Dan ternyata setelah mikir keras, kusadar bahwa ingatanku tak se moncer mbah gugel wkwkwk
    Ke Solo pernah aku, ke stasiun Balapan trs mampir beli batik, dah tu aja. Bolehlah ke kafe ini next destinasi.

    ReplyDelete
  8. weeh ini saudaraan sama cafe tiga tjeret yg di jogja apa ya, soalnya tempat cucian tangannya sama wkw menunya juga , wuahhh jadi kangen nongki di Jogja malem-malem :'D

    ReplyDelete
  9. Suka nih sama suasananya, menarik bgt konsepnya ya Mba

    ReplyDelete
  10. pengen banget kesana mbak..sayangnya jauh yah

    ReplyDelete
  11. Ya Allah berasa kudet aku mbak, suasananya romantis ya . Bisa dikatakan makanan enak harga merakyat. Cucok

    ReplyDelete
  12. Oh 3 tjeret itu maksutnya ceret ya? Aku sempet bingung di awal. Keren ada filosofinya Mbak Lupi.

    ReplyDelete

Post a Comment