Your Cozy Corner

Blogspedia Coaching: Rekomendasi Kelas Ngeblog Terbaik bagi Pemula

12 comments
blogspedia coaching

Di tulisan ini aku cuma pengen bilang bahwa Blogspedia Coaching yang aku ikuti selama tiga bulan ini sangat mengubah hidupku. Bisa mengikuti kelas ini sungguh merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah. Rasanya seperti ketiban rejeki nomplok. Dan lagi, kelas ini gratis Ya Rabb. Padahal, seandainya kelas ini dikomersilkan aku yakin ini mah bisa jutaan biayanya.

Bayangin aja gais, tiga bulan full loh kelasnya. Sekitar dua belas minggu. Per minggunya ada dua sesi materi. Aku masih nggak habis pikir kenapa mbak Marita Ningtyas mau yaa bikin kelas seperti ini gratis. Bahkan kelas ini tuh udah batch dua coba. Aku terharuuuu sampai mau nangis.

Waktu itu ada yang nanya sih ke mbak Marita perihal ini. Entah aku atau siapa yaa yang nanya. Terus jawabannya mbak Marita sungguh bikin nyeesss.

Saya cuma mau nerusin ilmu dari guru-guru ngeblog saya yang juga berbaik hati memberikan ilmunya secara gratis.

Kira-kira begitu lah jawaban dari mbak Marita. Aku lupa tepatnya gimana, tapi inti yang aku tangkap seperti itu. Sebenarnya aku mau scroll grup whatsapp buat memastikan tapi udah kejauhan gais.

Materi Kelas Blogspedia Coaching 

Aku tahu kalian pasti penasaran kaan, materi apa saja yang aku dapatkan dari kelas blogspedia coaching ini gais. Dengan senang hati aku akan jabarkan di sini gais.

Tanggal 24 Mei 2021 adalah hari pertama aku mendapat email dari mbak Marita. Isi emailnya adalah welcoming ke kelas blogspedia dan undangan untuk bergabung ke grup whatsapp dan google class room. Lalu pada tanggal 30 Mei 2021, semua murid sudah masuk ke grup whatsapp. Mbak Marita memberikan kontrak belajar dan juga judul-judul materi yang akan dipelajari selama tiga bulan ke depan.

materi blogspedia coaching
Materi Blogspedia Coaching Batch 2

Kalian bisa lihat sendiri dari materi di atas bahwa blogspedia coaching ini benar-benar diperuntukkan bagi blogger cupu alias blogger pemula. Kalian yang belum punya blog dan belum pernah nulis blog sekalipun tetap bisa mengikuti kelas ini tanpa khawatir terseok-seok. Nanti di awal banget ada materi pemanasan yang diberikan oleh mbak Marita sebelum masuk ke materi inti.

Namun, untuk mengikuti kelas ini diperlukan kekonsistenan dan semangat juang yang tinggi gais. Soalnya kalau telat atau bahkan nggak mengumpulkan tugas tanpa izin, mbak Marita bakal langsung mengeluarkan jurus tendangan mautnya. Nggak pengen kaan ditendang dari kelas sekece ini gais!

Kalau ada hal mendesak yang membuat kalian nggak bisa tepat waktu dalam mengumpulkan tugas nggak apa-apa loh, yang penting izin ke mbak Marita. Izin loh ya, bukan pemberitahuan. Izin itu di awal. Jangan kalian telat ngumpulin dulu terus baru say sorry ke mbak Marita. Wah pelanggaran itu mah.

Aku sendiri selama mengikuti kelas ini pernah dua kali izin akan terlambat mengumpulkan tugas. Aku izin dulu soalnya kondisiku saat itu lagi hectic pulang ke Surabaya dan Ihya lagi demam. Aku taku terlambat dan ditendang. Namun, akhirnya aku tetap berusaha mengumpulkan tugas tepat waktu dan tidak terlambat. Yeay! Alhamdulillah!

blogspedia

Materi Favoritku

Ada beberapa materi yang aku tunggu-tunggu dari kelas blogspedia coaching ini. Materi ini adalah materi yang kalau aku nggak mendapatkannya maka blogku nggaka akan pernah menjadi seperti sekarang ini.

Memasang Custom Domain

Dari dulu aku ingin beli dan memasang custom domain tapi bener-bener blank harus beli di mana terus gimana masangnya. Nah di kelas ini mbak Marita memberi beberapa rekomendasi tempat beli custom domain. Selain itu mbak Marita juga memandu cara memasang custom domain.

Membuat Page

Aku kira sebelumnya page blog itu nggak penting. Namun ternyata, agar blog lebih profesional perlu ada page di blog. Page yang sudah aku buat bersama kelas blogspedia coaching adalah page About Me dan page Sitemap.

Sitemap ini isinya seperti daftar isi. Di sini akan kelihatan mana aja tulisan-tulisan yang fresh from the oven. Jadi, pembaca nggak usah pusing ngubek arsip kalau mau baca tulisan kita.

Mengenal Basic SEO

Sebelum ikut kelas blogspedia coaching aku nulis ya ngalis gitu aja gais. Nggak ngerti lah apa itu SEO, gimana penerapannya dan apa manfaat menulis menggunakan kaidah SEO.

Setelah mendapat penjelasan dari mbak Marita mengenai basic SEO akhirnya sekarang setiap nulis berusaha menerapkannya walaupun masih kaidah basicnya aja. Nulis pakai SEO itu penting loh, biar tulisan kita bisa menjangkau banyak pembaca intinya.

Permak Tampilan Blog

Kalau kalian mengikuti blogku dari awal aku bikin blog, kalian pasti tahu dong bedanya tampilan blog ini. Nggak gampang loh gais mengubah template blog. Namun juga nggak susah karena udah dipandu oleh mbak Marita. Yang penting mau aja.

Yang bikin agak struggling pas bikin header aja. Biasalah bukan anak desain tiba-tiba disuruh bikin desain sendiri kan jadinya ngawur HAHA. Tapi aku puas banget dengan desain header buatanku. Luvv.

Tentang Coach Marita Ningtyas

Nah kalau dari tadi aku udah ngobrolin soal kelas blogspedia coaching, sekarang saatnya aku memperkenalkan pada kalian siapakah sosok di baliknya. Beliau adalah mbak Marita Ningtyas, guru kami.

marita

Mbak Marita adalah pemilik blog Marita's Palace, sebuah lifestyle blog yang isinya super berfaedah. Blogya mbak Marita ini nggak cuma satu loh gais. Blogger panutan emang mbak Marita ini kalau soal bikin blog plan

Selain aktif di dunia kepenulisan khususnya blog, mbak Marita juga sangat tertarik dengan dunia parenting dan women empowerment. Nggak heran nama mbak Marita ini sering banget seliweran di berbagai komunitas seperti Ibu-Ibu Doyan Nulis Semarang, Blogger Perempuan, Blogger Muslimah, KEB, Komunitas Ibu Profesional Semarang, Komunitas HEBAT (Home Education Based on Akhlaq and Talents) dan masih banyak lagi.

Kalau dilihat dari blognya yang berwarna biru muda, sepertinya mbak Marita suka warna ini. Apakah beliau orang yang sensitif dan melankolis? Jujur aku nggak tahu.

Sejauh interaksiku dengan mbak Marita, menurutku beliau adalah orang yang tegas dan lugas. Beliau jarang basa-basi dan setiap statementnya selalu apa adanya dan tepat sasaran. Kalau belum kenal mungkin orang akan menganggap beliau jutek kali ya. Tapi nggak kok, kalian nanti akan tahu kalau mbak Marita ini sangat bersahabat.

Terima kasih ya mbak Marita sudah mengizinkan aku bergabung dengan blogspedia coaching dan belajar banyak hal. Insyaa Allah aku akan meneruskan kebaikan ini dan menjadikan blog ini sebagai salah satu sumber bacaan yang bermanfaat bagi orang banyak. Aamiin.

Sekian gais ulasan tentang blogspedia coaching yang aku ikuti. Kalau kalian mau ikutan, pantengin aja instagramnya blogspedia. Siapa tahu tahun depan mbak Marita akan buka kelas blogspedia coaching batch tiga.

Okaay, semoga tulisan ini bermanfaat yaa. Byebye!

Related Posts

12 comments

  1. Huaaa Mom, garceup :D izin jadikan referensi ya Mom :D
    sehat-sehat Mom Palupi :D

    ReplyDelete
  2. Waa samaa, materi favoritnya pasang domain dan template. Blog langsung berubah kece drastis.

    Mudah-mudahan ilmu yang kita dapat jadi amal yang terus mengalir pahalanya buat coach Marita. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Tampaknya materi favorit yang menggubah rumah kita samaan y mbak

    Duh sesama orang matematika nih tapi kok beda gaya nulisnya. Diriku suka nulisnya berbusa-busa makanya panjang kayak rel kereta hahah
    Nah ini lugas juga aku suka deh.

    Kita satu persepsi hehehe.

    Mbak marita orang yang bersahabat kok hihi

    ReplyDelete
  4. Mantap, Mbak Palupii. Aku juga suka materi permak tampilan. Berasa benar-benar keluar dari masa jahiliyah. haha. Mbak Marita bener2 investasi amal jariyah ini ya, mbak. :))

    ReplyDelete
  5. Masang custom domain ama template emang bikin usaha tersendiri seruuuu

    ReplyDelete
  6. Semua materinya daging, kalau diibaratkan daging sapi ini Wagyu. Senangnya bisa ikutan kelas ini

    ReplyDelete
  7. Mantap mba, memang coach kita tu super banget ya..
    Mau meluangkan waktu buat mengajari kita..
    .
    Sabar banget, baik banget.. Hanya Allah deh yg bisa membalas keikhlasan beliau :D

    ReplyDelete
  8. Semua kita sama ya.. Bertemu bolgspedia dan coach Marita berasa anugerah

    ReplyDelete
  9. Saya bersyukur bisa diterima di kelas ini ...

    ReplyDelete
  10. materi favorit kita sama, mb ! :D
    meski pusing bin mual, tapi jadi puas ya sama tampila terbaru "rumah" kita. hehe

    ReplyDelete
  11. Hahaha, banyak kok yang bilang judes dan jutek, apalagi kalau ketemu langsung wkkw... setelah dekat baru tahu kalau suka ngocol juga benernya hahaha.

    ReplyDelete
  12. Waaah, aku baru tau klo Mba Marita sekeceh iniiii!

    Semoga jadi amal jariyah ilmu yang diberikan oleh Mba Marita :D

    ReplyDelete

Post a Comment