Your Cozy Corner

Akurat dan Ramah Pembaca, Fortune Indonesia Ajak Melek Ekonomi hingga Luxury

8 comments

Jujur saja mulanya aku nggak suka membaca berita. Setiap ingin mencari informasi terkini dan kemudian aku googling, berita teratas selalu saja dari situs berita yang aku nggak nyaman membacanya. Kenapa?

Pertama, karena clickbait. Judul beritanya apa, isinya apa. Rasanya itu seperti menemukan toples biskuit isi rengginang Bun. Mohon maaf bukannya sentimen sama rengginang, cuma perasaan dibohongi dan kecewanya itu loh Bun. Paham kaan.

Kedua, karena konten tertutup iklan. Ngerasa nggak sih Bun kalau iklan pop up gede itu mengganggu? Selain itu, tanda silangnya kecil banget di pojokan. Nggak tahu apa kalau jempol emak-emak jaman now itu segede gajah karena keseringan ngacung sambil bilang good joooob ke anak-anak. Ya jelas aja iklannya keklik Bun.  

iklan

Saat udah berhasil lepas dari iklan pop up, eh ternyata tampilan situsnya masih saja rame iklan. Sering bahkan aku jadi nggak bisa membedakan mana yang tulisan inti dan mana yang iklan. 

Ketiga, baca halaman selanjutnya.

baca halaman selanjutnya

Kesal sekali rasanya kalau sedikit-sedikit disuruh baca halaman selanjutnya. Iya kalau kita ini nganggur. Ini baca berita dan nyari informasi nyambi digandoli anak bayik loh. Selain itu, iya kalau halaman selanjutnya itu cuma satu halaman. Faktanya, bisa lebih dari tiga halaman.

Aku jadi bertanya-tanya, sebenarnya ada nggak sih situs berita yang ramah pembaca?

Fortune Indonesia Ramah Pembaca

Kata Fortune sebenarnya terdengar tidak asing di telingaku. Kalau aku ingat-ingat, sepertinya ada yang namanya majalah Fortune. Setelah googling, ternyata benar. Majalah Fortune didirikan di New York pada tahun 1929. Sementara itu, Majalah Fortune Indonesia resmi meluncurkan edisi perdananya pada tanggal 9 Agustus 2021 kemarin.

Nah selain majalah, Fortune Indonesia juga punya situs berita. Pertama kali aku berkunjung ke sana via handphone aku sudah merasa nyaman kayak pas pertama ketemu suami. Soalnya apa? Hal-hal yang bikin aku tegangan tinggi nggak aku temukan di sini.

1. Artikel Fortune Indonesia Anti Clickbait

Sebagai cicit dari media bisnis terkemuka dunia, kualitas Fortune Indonesia tentu sama. Judul pada setiap beritanya sangat representatif.

Sebagai contoh adalah berita yang berjudul "Sampai Akhir 2022, Beli Mobil Baru Bisa Tanpa Uang Muka". Dengan membaca judul ini, ada beberapa pertanyaan yang muncul di kepalaku.

Kenapa bisa tanpa uang muka?

Bagaimana respon penjual dan perbankan?

Mobil apa saja yang bisa dibeli tanpa uang muka?

Apa syaratnya?

Berapa bunga cicilan jika membeli mobil tanpa uang muka?

Semua pertanyaan di atas terjawab pada isi berita. Sesuai dengan track record Fortune yang selalu baik, Fortune Indonesia berhasil menyuguhkan informasi yang relevan dan juga akurat.

2. Konten Fortune Indonesia Tidak Tertutup Iklan

Saat diakses menggunakan handphone, iklan yang muncul di situs Fortune Indonesia hanya terletak di bagian atas dan bawah konten. Iklan muncul bersamaan dengan halaman situs dan bukan iklan pop up. Bagiku, ini adalah nilai plus plus plus. Nggak ada ceritanya baca berita mesti nge-close iklan dulu Bun.

Konten Fortune Indonesia

Sedangkan untuk tampilan desktop, iklan terletak di bagian atas, kanan dan kiri halaman. Dan tentu saja tetap tidak menutup konten dan tidak ada iklan pop up.

3. Fortune Indonesia: Satu Berita, Satu Halaman

No more next page, Bun! Akhirnya, aku bisa baca berita tanpa membuang waktu untuk loading halaman selanjutnya. Dengan begini aku bisa membaca banyak berita lainnya hanya dalam beberapa menit saja.

Kategori Artikel Fortune Indonesia

Sebenarnya, kenapa sih aku butuh banget baca berita? Dan kenapa akhirnya Fortune Indonesia menjadi situs berita favoritku?

Bulan Mei kemarin aku mulai belajar investasi di pasar modal dan trading tipis-tipis. Untuk itu aku nggak hanya perlu belajar tentang analisa fundamental dan analisa teknikal saham aja Bun, melainkan juga harus update tentang isu-isu terkini terutama ya soal ekonomi dan bisnis. Yang bikin aku senang membaca berita di situs Fortune Indonesia adalah karena kategori beritanya sangat lengkap sesuai kebutuhanku.

1. Market

Kategori Market berisi berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Setiap hari kategori Market ini selalu jadi tujuan pertamaku. Kalau udah baca berita market di Fortune Indonesia, saat pasar modal Indonesia buka jam 9.00 wib, aku bisa lebih percaya diri dalam berinvestasi maupun trading.

2. Business

Kategori Business berisi berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Nggak hanya berita perkembangan bisnis dalam negeri, berita di kategori Business pada situs Fortune Indonesia juga kerap menyoroti perkembangan bisnis berbagai perusahaan di manca negara.

3. Finance

Kategori Finance berisi berita ekonomi, kebijakan Bank Indonesia, pajak, perbankan dan asuransi. Selain kategori Market, berita pada kategori Finance di situs Fortune Indonesia juga menjadi bacaan wajib bagiku setiap pagi. Menurutku market dan finance ini dua kategori yang nggak bisa dipisahkan. Keduanya sama-sama aku butuhkan untuk menganalisa situasi pasar modal.

Kategori Berita Fortune Indonesia

4. News

Kategori News berisi berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional. Kategori ini merupakan kategori yang beritanya paling banyak setiap harinya. Tentu saja, soalnya Fortune Indonesia ini emang gercep menangkap dan menyajikan fakta tentang isu-isu terkini.

5. Tech

Kategori Tech berisi berita gadget, software, Artificial Intelligence, aplikasi dan teknologi terbaru. Menurutku selain penikmat gadget, setiap konten kreator dan pemasar digital perlu membaca berita pada kategori Tech di situs Fortune Indonesia untuk bisa terus menjadi yang paling update.

6. Sharia

Kategori Sharia berisi berita ekonomi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Saat ini ekonomi syariah sedang berkembang pesat di Indonesia. Nggak heran, banyak sekali informasi mengenai perekonomian, investasi dan perbankan syariah di Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Menjadikannya kategori tersendiri, aku bisa melihat bahwa Fortune Indonesia peduli dengan kebutuhan pembaca dalam memantau iklim ekonomi syariah di Indonesia.

7. Luxury

Kategori Luxury berisi berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. Ini kategori paling chill di situs Fortune Indonesia. Aku paling suka baca berita kategori Luxury ini sore-sore sambil ngopi atau malam sebelum tidur. Siapa tahu suatu saat nanti aku bisa memiliki-barang-barang mewah yang pernah diberitakan di kategori Luxury ini yaa Bun. Rolls-Royce Black Badge, misalnya. Mimpi dulu kan nggak apa-apa, haha.

Setelah menemukan situs Fortune Indonesia, aku jadi ketagihan membaca berita Bun. Ini prestasi tersendiri untukku yang sebelumnya membuka layar handphone hanya untuk scrolling nggak jelas. Karena ya, cita-citaku sih ingin menjadi seperti investor panutanku yaitu Eyang Warren Buffet. Jadi, aku harus mengadaptasi sedikit kebiasaan baik beliau yaitu membaca berita setiap hari.

Today a reader, tomorrow a leader - Margaret Fuller 

Related Posts

8 comments

  1. Langsung cuss buktikan.... Makasih ya mbak infonya. Bete banget kalo baca berita yang banyak iklannya...

    ReplyDelete
  2. Setuju banget mom, berkat artikel ini aku langsung meluncur dong ke lamannya fortune dan amaze banget sama tampilannya yang elegan, thanks sharingnya Mom Palupi :D

    ReplyDelete
  3. Fortune mah emang rujukan banyak berita. Aku juga lebih suka baca berita dari portal online gini, lebih simple dan ramah lingkungan deh.

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka loh baca di fortune, enak dilihat, beneran kata mb palupi, ramah 0embaca

    ReplyDelete
  5. ah iya betul, one page one news jadi ndak perlu klik halaman selanjutnya hahaha aku pun suak sebel jika halamab berlembar2 . iya dan gak click bait ini perlu nih diapresiasi ya karean reall beritanya sesuai jdul g ngeprank

    ReplyDelete
  6. Suka nih klo bebas iklan dan clickbait, jdi ga gondok plus lebih nyaman bacanya.

    ReplyDelete
  7. Auto ngekor mbak Palupi nih.

    Emang bener mbak, paling males kalau lagi baca nemu iklannyg nutupin atau suruh baca halaman berikutnya... Mendingan batal baca dech

    ReplyDelete
  8. jadi penasaran sama fortune... emak-emak juga kudu melek literasi financial ya mba

    ReplyDelete

Post a Comment