Your Cozy Corner

Tahun 2021 dalam Tiga Babak

Post a Comment

Halo!

Karena sekarang adalah akhir tahun, aku mau mencoba mengingat kembali kejadian-kejadian yang aku alami dan kegiatan-kegiatan yang aku lakukan sepanjang tahun ini. Ternyata, pe-er banget loh mengingat-ingat begini. Sepertinya tahun depan aku harus bikin jurnal harian biar lebih mudah meringkas satu tahun dalam sebuah postingan.

Baiklah, let's see! Apa yang bisa aku ingat?

tahun 2021 aku bagi menjadi tiga babak

Awal Tahun 2021

Bulan Januari adalah bulan liburan untukku dan suami. Ujian akhir semester sudah selesai, nilai sudah dikumpulkan, maka selanjutnya tinggal bersantai menikmati hidup sejenak.

Berat Badan Naik

Menikmati hidup versiku dan suami sangat sederhana, cukup dengan nonton film sambil order grabfood malam-malam. Hampir setiap hari kegiatan malam hari kami seperti itu. Akibatnya apa? Berat badanku naik drastis sampai 67kg!

Di angka 67 itulah akhirnya aku memutuskan untuk diet. Sebenarnya bukan diet beneran sih. Ya, cuma makan secukupnya dan memperbanyak aktifitas aja. Waktu itu aku membuat target berat badan di akhir tahun adalah 55kg HAHAHA. Apakah sudah tercapai saat ini? Tentu saja belum! Sekarang berat badanku 61kg padahal kemarin udah sempat 59.7kg huhu. Yaudah nggak apa-apa.

Kelas Investasi

Akhir Januari lalu aku mengikuti kelas investasi yang dibawakan oleh mbak Annisa Steviani dan mbak Windi Teguh. Setelah setahun sebelumnya aku mengikuti kelas perencanaan keuangan dan lumayan berhasil mengelola keuanganku yang sebelumnya morat-marit, sekarang saatnya aku melangkahkan kaki untuk berinvestasi.

Dari kelas tersebut aku menyadari bahwa diriku adalah tipe konservatif. Dengan bismillah aku memantabkan hatiku untuk berinvestasi logam mulia sebagai investasi pertama dalam hidupku.

Pertengahan Tahun 2021

Bulan berganti, aku terus mencari tahu sana-sini tentang investasi. Aku belajar dari internet, instagram dan juga youtube.

Kalau nggak praktik, nggak akan bisa.

Berbekal quotes di atas, aku memberanikan diri untuk berinvestasi di pasar modal. Waktu itu bulan Mei, aku ingat.

IPOT Talent 2021

Lalu dengan kesokpintaranku aku langsung beli saham hanya dengan berbekal analisa fundamental tanpa memperhatikan analisa teknikal. Sebenarnya nggak apa-apa sih, cuma kalau dibarengi dengan analisa teknikal kan jadi lebih optimal cuannya.

Sembari aku belajar investasi, waktu itu aku mendaftar audisi IPOT Talent 2021 dan ternyata lolos. Dari situ aku mendapatkan semakin banyak ilmu mengenai produk pasar modal. Efeknya tentu saja aku jadi semakin rajin investasi, bukan hanya saham tetapi juga reksa dana.

Kelas Blogspedia

Bulan Juni aku mulai belajar ngeblog di kelas Blogspedia. Kelas ini gratis dan berlangsung selama tiga bulan. Dari kelas ini, blog yang sedang kalian baca ini berbenah dan maju selangkah demi selangkah.

Aku sungguh berterima kasih pada mbak Marita, coach kelas Blogspedia yang sudah mau membimbing tanpa pamrih. Tiga bulan loh dan gratis, bayangin aja.

Setelah mengikuti kelas blogspedia, aku baru tahu bahwa blogging itu bukan hanya sekedar tentang menulis. Ada hal-hal lain yang harus dipelajari dan dilakukan jika ingin blog kita berkembang dan bermanfaat.

Akhir Tahun 2021

Selesai kelas Blogspedia rupanya kekonsistenanku untuk menulis di blog mulai luntur. Mewaspadai hal ini maka aku mencari kegiatan yang bisa membuatku terus menulis.

Aku mengikuti kelas Content Writing di bulan November dan kelas BRT Network di bulan Desember ini. Kelas BRT masih berlangsung tetapi sudah antiklimaks. Alhamdulillah aku menjadi bagian dari 17 orang peserta yang masih bertahan di kelas. Dari 90an orang menjadi 17 orang membuatku sedikit berbangga jujur saja. Karena seperti yang kalian tahu bahwa aku tidak sekonsisten itu ya kan.

Selain mengikuti kedua kelas di atas, di bulan Desember ini aku juga mengikuti kelas IPOT Academy. Aku merasa benar-benar sibuk.

Rencana Tahun Depan

Sepertinya tahun depan aku ingin mengurangi kegiatan-kegiatan yang menyibukkan. Tidak melulu belajar seperti tahun ini, aku ingin merapikan blog ini sedikit demi sedikit. Aku ingin menulis dengan santai dan melakukan segalanya dengan lebih mindfull.

Selain itu, sama seperti rencananya mbak Hamimeha dalam menyambut tahun 2022, aku juga ingin lebih banyak melakukan aktifitas dengan jenak bersama keluarga. Dan aku berharap bisa melakukannya tanpa terdistraksi oleh gadget.

refleksi akhir tahun 2021

Ahh, terima kasih 2021 yang memberiku banyak sekali ruang dan waktu untuk belajar hal-hal baru. Semoga ilmu yang aku dapatkan di tahun ini bisa aku terapkan di tahun 2022 dan seterusnya.

Hei 2022! I'm coming to you!

Related Posts

Post a Comment