Your Cozy Corner

Blog Plan untuk Blogger Pemula

Post a Comment

Sebenarnya bulan Agustus lalu aku sudah pernah membuat blog plan. Waktu itu aku bikin blog plan sebagai tugas dari kelas ngeblog blogspedia yang mana coachnya adalah mbak Marita. Namun, karena waktu itu aku nulis dengan dikejar deadline, akhirnya plan untuk blog ini jadi kurang detil.

Nah, di kelas BRT Network kali ini ternyata mbak Marita menyampaikan materi mengenai blog plan juga. Tugasnya pun masih sama yaitu membuat plan ngeblog untuk tahun 2022 dan juga weekly plan untuk minggu ini.

Blog Plan tahun 2022

Plan Minggu Ini

Jujur saja mengikuti kelas BRT membuatku lelah dan boyoken. Jadi untuk weekly blog plan kali ini aku nggak mau menambah beban dalam kehidupanku. Makanya untuk minggu ini aku mau merapikan blog aja sedikit demi sedikit. Salut banget deh sama mbak Nova Violita yang masih menyisipkan menulis dua artikel pada weekly blog plannya.

Weekly blog plan yang sederhana tapi sepertinya akan berpengaruh besar terhadap blogku

Tadi aku sempat ngeshare weekly blog plan ini ke grup kelompok kelas BRT dan kata mbak Purnama Indah planku cakep betul. Padahal kalau desainnya aku cuma pakai template dari Canva. Kalau lihat desain Canva buatanku pasti mbak Indah nggak akan bilang cakep, hahaha.

Senin

Hari Senin kemarin aku belajar cara mengecilkan ukuran gambar tanpa membuat pixelnya menjadi pecah. Caranya bagiku susah-susah gampang. Untungnya aku satu kelompok sama mas Nur Kusmayadi yang paling jago koding di antara kami sehingga akhirnya aku bisa meminify ukuran gambar.

Selain itu aku juga melakukan blog walking lumayan banyak. Soalnya untuk tugas BRT aku harus mendapatkan 30 komentar di postingan sebelum ini.

Sungguh rasanya capek banget Senin kemarin. Belum lagi urusan kerjaan dan rumah tangga. Tapi gapapa, aku ingin lulus dari kelas BRT soalnya.

Selasa

Kali ini aku membuat blog plan untuk tahun 2022 dengan lebih terperinci. Baca terus sampai bawah ya kalau mau tahu.

Rabu (Hari Ini)

Yap, sekarang aku sedang mengerjakan Tugas 5 dari kelas BRT. Tugasnya adalah membuat artikel tentang blog plan yang mana adalah artikel yang sedang kalian baca ini gais. Jangan lupa kasih komentar juga yaa hehehe.

Tugas 5 ini harus dikumpulkan nanti sore jam 17.00 wib. Aku terpaksa mengerjakannya dini hari (jam 01.30) karena ya kapan lagi aku punya waktu huhu. Pagi aku harus fokus pada pekerjaan dan juga keluarga.

Belum lagi nanti malam juga ada kelas SEO Off Page yang wajib banget aku ikuti. Dahlah aku harus ngebut nih ngerjain tugas.

Kamis

Untuk sementara alias kalau nggak ada tugas lagi, rencananya hari Kamis aku mau agak nyantai. Aku mau merapikan label atau kategori di blog ini dan juga membalas komentar-komentar kalian. Namun tentu saja nggak semua komentar bisa aku balas sekaligus. Bertahap ya gais, jadi tunggu aja.

Jum'at

Setelah mengenal SEO, aku baru ngeh betapa pentingnya internal link dalam suatu blog. Jadi aku mau menyebar internal link pada tulisan-tulisan lamaku.

Sabtu

Setelah melihat performa blog melalui Google Analytics, ternyata lumayan banyak yang membaca artikelku tentang biaya melahirkan dengan BPJS. Oleh karena itu aku mau menyunting artikel ini agar lebih SEO friendly sehingga juga lebih ramah pembaca.

Ngintip lagi ke grup whatsapp kelompok, ternyata mbak Shafrida Alandrian juga mau mengedit tulisan lamanya menggunakan kaidah SEO. Udahlah emang valid banget bahwa SEO itu penting kalau mau tulisan kita dibaca banyak orang.

Blog Plan Tahun 2022

Blog plan tahun 2022 ini aku tulis tidak dengan asal. Aku melihat performa blog tahun ini terlebih dahulu sebelum menyusun rencana dan strategi untuk tahun depan.

Tahun 2022 aku harus bisa ngeblog lebih rutin dan terjadwal

Nggak tahu ya apakah blog plan ini terlalu ngayal atau gimana. Aku sudah mencoba serealistis mungkin. Aku tahu nggak mudah untuk mencapai semua target yang aku tulis apalagi aku masih belajar tentang kekonsistenan.

Karena itu aktifitas reguler yang aku tulis di atas benar-benar harus aku lakukan dengan rutin. Aku pernah menulis tentang prioritas. Dan sekarang aku harus benar-benar menerapkan skala prioritas.

Selain melakukan berbagai hal pada aktifitas reguler, aku juga punya tips sukses ngeblog yang sangat jitu. Salah satutips paling ampuh adalah sholat di awal waktu dan perbanyak membaca Qur'an. Ini menjadi jurus andalan bagiku nggak hanya soal ngeblog tapi soal apapun dalam hidup ini.

Aku berdoa semoga blog plan yang aku tulis berjalan dengan lancar dan semua target bisa aku capai. Impianku untuk blog ini nggak muluk-muluk. Aku hanya ingin menyalurkan hobi menulisku dan menjadikan tulisanku bisa bermanfaat bagi banyak orang. Doakan ya gais!



Related Posts

Post a Comment