Your Cozy Corner

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa dan Berapa Gajinya?

Post a Comment

Banyak orang yang masih belum tahu, setelah kursus komputer bisa kerja apa saja? Lebih jauh lagi berapa gajinya untuk para lulusan kursus komputer?

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa

Kalau ditanya tentang kursus komputer bisa kerja apa maka jawabannya sangat banyak. Beberapa akan aku jabarkan satu per satu.

1. Desainer Grafis

Seorang desainer grafis adalah seorang yang berperan untuk membawakan sebuah ide ke dalam bentuk visual. Hampir setiap lembaga maupun perusahaan memerlukan jasa desainer grafis. Desainer grafis secara lebih spesifik bisa bekerja sebagai:

  • Desainer logo
  • Desainer produk
  • Desainer sebuah brand
Software yang paling sering digunakan oleh desainer grafis adalah Corel Draw dan Adobe Photoshop. Jadi, jika kamu ingin menjadi desainer grafis pilihlah kursus komputer untuk kedua software tersebut.

2. Content Creator

Sosial media saat ini merupakan sebuah media yang paling optimal untuk menyampaikan berbagai informasi pada masyarakat. Dalam perkembangannya, hampir semua perusahaan juga mengoptimalkan media sosial untuk keperluan bisnis. Content creator sangat diperlukan agar media sosial dapat menjadi representasi yang baik bagi sebuah lembaga maupun perusahaan.

Hampir sama dengan desainer grafis, content creator juga bertugas membawakan pesan baik dalam bentu visual maupun audio-visual. Ini artinya seorang content creator dituntut untuk bisa membuat konten media sosial baik berupa gambar maupun video.

Konten berupa gambar bisa dibuat menggunakan Corel Draw, Adobe Photoshop maupun Canva. Sedangkan konten berupa video memerlukan keahlian lebih khusus. Cek di bawah ya.

3. Video Editor

Video editor dibutuhkan untuk membuat konten di berbagai media sosial seperti instagram dan youtube. Untuk menjadi video editor, minimal kamu harus memiliki keahlian menggunakan software Adobe Premiere dan Adobe After Effect.

Kursus komputer bisa kerja apa dan berapa gajinya?

4. Staf Administrasi

Lowongan kerja lulusan kursus komputer paling banyak adalah staff administrasi. Setiap perusahaan dan perkantoran pasti membutuhkan staf administrasi.

Jika kamu ingin bekerja sebagai staf administrasi kantor maka kamu perlu mengambil kursus komputer di bidang keahlian Microsoft Office. Tiga software bagian Microsoft Office yang wajib kamu kuasai adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint.

5. Akuntan

Setelah lulus kursus komputer bisa kerja apa? Tentu saja akuntan. Menjadi akuntan perusahaan tidak harus memiliki gelar sarjana akuntansi. Dengan kursus komputer kamu juga bisa menjadi seorang akuntan. Software yang perlu kamu kuasai minimal adalah MYOB dan Easy Accounting System.

6. Web Developer

Web developer juga banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Pasalnya, perusahaan yang kredibel bisa dilihat dari kredibilitas webnya juga.

Jika kamu ingin menjadi web developer, kamu bisa memilih kursus komputer membuat web menggunakan bahasa pemrograman atau menggunakan CMS (Content Management System).

Membuat website menggunakan CMS lebih mudah daripada menggunakan bahasa pemrograman. Contoh aplikasi pembuat website dengan CMS adalah wordpress, joomla, bootstrap dll.

Sedangkan jika kamu mau membuat web dengan bahasa pemrograman maka kamu bisa memilih kursus bahasa pemrograman java, php, html & css dll.

7. Animator

Pekerjaan sebagai animator juga semakin banyak diminati. Sebagai animator, kamu bisa membuat video animasi hingga membuat film.

Kamu bisa memilih kursus komputer animasi 2D atau 3D sesuai kebutuhanmu. Untuk animasi 2D minimal kamu harus menguasai software Adobe Flash. Sedangkan untuk animasi 3D kamu harus menguasai software Adobe After Effect. Tapi kalau kamu bisa menguasai keduanya tentu lebih bagus.

8. Game Creator

Kursus apa yang bisa langsung kerja? Jawabannya adalah kursus membuat game. Tidak harus kerja di perusahaan, kamu bisa menciptakan lapangan kerjamu sendiri.

Sekarang kamu bisa menciptakan game kamu sendiri dengan kursus komputer saja. Banyak sekali aplikasi pembuat game yang bisa kamu pilih saat kursus seperti Game Maker Studio, Unity, Unreal Engine dll.

9. Drafter Gambar Bangunan

Kalau suka dengan gambar teknik dan ingin bekerja di perusahaan konstruksi, sebaiknya kamu kursus komputer di bidang gambar teknik. Software yang paling sering digunakan untuk mendesain bangunan adalah AutoCAD dan Google Sketchup. Jadi, pastikan kamu menguasai dua software tersebut ya.

Berapa Gaji Lulusan Kursus Komputer

Gaji lulusan kursus komputer bervariatif dan bergantung pada bidang yang kamu pilih. Rata-rata gajinya cukup besar kok. Namun, tetap disesuaikan dengan daerah tempat kamu bekerja ya.

1. Gaji Desainer Grafis

Gaji desainer grafis pemula rata-rata ada di angka Rp 3.5 juta. Semakin berpengalaman tentu gajinya semakin besar bisa di atas Rp 5 juta.

2. Gaji Content Creator

Gaji content creator biasanya dihitung berdasarkan trafik pada konten yang telah dibuat. Selain itu, gaji content creator juga bergantung pada lembaga atau perusahaan tempat bekerja.

Semakin besar perusahaan biasanya memberikan gaji yang besar pula. Apalagi jika trafiknya tinggi. Minimal, kamu bisa mendapatkan gaji Rp 5 juta. Maksimalnya? Bisa puluhan juta. Era digital memang eranya content creator.

3. Gaji Video Editor

Mirip dengan content creator, gaji video editor juga bervariasi bergantung jenis perusahaan. Gaji video editor dihitung per proyek. Biasanya pada satu proyek, video editor digagi sekitar Rp 3.5 - Rp 6 juta.

4. Gaji Staf Administrasi

Gaji staf administrasi di awal biasanya dihitung berdasarkan upah minimum kota. Jadi, cek daerah masing-masing ya. Tapi jangan khawatir, seiring bertambahnya pengalaman dan meningkatnya karir, gaji staf administrasi juga akan bertambah kok.

5. Gaji Akuntan

Gaji akuntan berkisar di angka Rp 4 juta. Semakin profesional gajinya semakin besar bahkan hingga belasan juta rupiah.

6. Gaji Web Developer

Gaji web developer junior rata-rata berkisar di angka Rp 4.5 juta. Gaji web developer tergolong cepat naik jika skill kamu meningkat. Bahkan sebagai web developer profesional kamu bisa mendapatkan gaji hingga  Rp 10 juta.

7. Gaji Animator

Gaji animator 2D rata-rata adalah Rp 3.5 juta. Sedangkan gaji animator 3D rata-rata Rp 5.5 juta.

8. Gaji Game Creator

Gaji game creator pemula berkisar di angka Rp 3.5 juta. Sedangkan game creator profesional rata-rata mendapatkan hingga Rp 8 juta per bulan.

9. Drafter Gambar Bangunan

Gaji drafter adalah Rp 3 juta. Semakin berpengalaman gaji bisa meningkat hingga Rp 7 juta per bulan.

Manfaat Kursus Komputer

Manfaat kursus komputer itu cukup banyak lho. Apa saja manfaat kursus komputer?

  • Meningkatkan keahlian sesuai bidang kursus yang dipilih
  • Mendapatkan sertifikat yang dapat menunjang karir
  • Meningkatkan rasa percaya diri karena memiliki keahlian yang spesifik
  • Kursus komputer memakan waktu relatif singkat sehingga kamu bisa belajar banyak 
  • Mendapatkan keterampilan dengan biaya yang cukup terjangkau
Setelah tahu kursus komputer bisa kerja apa dan berapa gajinya, apakah kamu tertarik untuk kursus komputer? Please let me know ya. Thank you!

Referensi: modulkomputer.com

Related Posts

Post a Comment