Your Cozy Corner

Yuk Jualan Online di Lazada, Pakai Fitur Livestreaming Biar Makin Cuan

33 comments

Ingat nggak, lima tahun lalu hampir setiap hari di status whatsapp maupun story instagram ada aja orang yang jualan. Entah itu jualan makanan lah, printilan rumah tangga, fashion, pokoknya macam-macam deh. Selain jualan, mereka juga kerap menawarkan pada kita untuk jadi reseller. Yuk jualan online, katanya. Jualan online itu menyenangkan dan gampang. Sambil rebahan juga bisa cuan.

Tagline ini menarik perhatianku. Enak juga ya kalau jadi reseller, apalagi reseller dropship atau yang lebih dikenal dengan dropshipper. Nggak perlu modal, tinggal terusin aja pesanan dari pembeli ke supplier, kita bisa dapat untung. Lumayan, buat nambahin tabungan sekolah anak. Soalnya, biaya masuk SD sekarang mahal Bun.

Nggak perlu waktu lama bagiku untuk mendaftar menjadi reseller baju anak-anak. Awalnya, tentu saja aku menjadi reseller dropship karena, yah, nggak punya modal, hehehe. Untungnya lumayan lho, dari satu baju saja bisa dapat sekitar lima sampai delapan ribu rupiah. Tinggal banyakin aja gabung ke berbagai komunitas yang isinya ibu-ibu, terus sebar dagangan pas ada market day.

Namun, cara ini menurutku kurang efektif karena biasanya pas market day chat akan diserbu para pedagang sehingga ya dagangan jadi numpuk di dalam pesan chat tersebut. Aku pribadi sih malas ya kalau harus scrolling chat yang isinya penuh dagangan. Foto-fotonya pun nggak aku download.

Waktu itu cara yang lebih efektif adalah perbanyak saling save kontak whatsapp dan perbanyak teman di instagram. Sehingga, status whatsapp dan story kita terbaca oleh banyak orang. Secara psikologis, orang lebih betah mantengin status whatsapp dan juga story instagram orang lain. Nah di situlah kita bisa melancarkan aksi tebar dagangan.

Bahkan, waktu itu beberapa teman yang lumayan sering belanja baju anak di aku sampai ngomong, "Aduh mak, lama-lama aku mute deh status dan story kamu. Soalnya aku jadi pengen beli semua daganganmu huhu." Hehehe, kalau sudah begitu tandanya kita lumayan berhasil.

Dari situ juga, aku mulai mengajak teman-temanku untuk berjualan. Yuk jualan online dengan jadi resellerku. Aku yang awalnya hanyalah reseller dropship kemudian mencoba untuk supply barang sendiri dengan menjadi agen beberapa brand baju anak.

Lambat laun dengan semakin gencarnya era digital, banyak orang beralih lebih senang belanja melalui e-commerce. Bisa ditebak, alasannya tentu saja karena pilihan lebih banyak, etalase tersusun rapi dan juga banyak voucher diskon serta gratis ongkir.

Mau nggak mau, sebagai pedagang online kita juga harus mengikuti arus digital ini. Nggak bisa lagi kita hanya mengandalkan status whatsapp dan story instagram. Sudah saatnya toko online kita didaftarkan di e-commerce untuk meraih pelanggan yang lebih banyak. Biar rencana dan impian kita segera tercapai gitu loh Bun.

Ngomongin jualan online di e-commerce, tentu kita ingin yang pasarnya lebih besar kan. Selain itu juga kita harus mempertimbangkan ongkos kirim yang ditawarkan oleh e-commerce tersebut. Ingat, emak-emak itu tipe yang nggak mau rugi. Kalau bisa beli barang sepuluh ribuan juga maunya COD, hehe.

Yuk Jualan Online

Nah, Lazada bisa menjawab semua kebutuhan dan keinginan para ibu. Makanya, yuk jualan online di Lazada. Jualan di Lazada apakah bayar? Gratis kok!

Yuk Jualan Online di Lazada

Oke oke, sekarang aku akan bahas lebih detil ya kenapa harus jualan di Lazada. Aku tahu kalian pasti penasaran kan. Masa sih beda dengan e-commerce yang lain? Tentu saja!

Kenapa Harus Lazada?

Pertama, pendaftarannya gratis dan prosesnya mudah. Dalam satu menit saja kita sudah bisa mulai jualan di Lazada. Bisakah jualan di Lazada pakai HP? Bisa banget. Lazada memang sesimple itu dan no ribet-ribet club. Selain itu Customer Service-nya siap membantu melayani kapan saja.

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Bagaimana langkah awal untuk jualan online di Lazada? Untuk mendaftar jadi seller di Lazada caranya gampang. Ikuti langkah-langkah berikut ya.

  • Buka situs lazada.co.id
  • Klik Daftar Sekarang pada banner di halaman depan
  • Siapkan berkas yang diperlukan seperti KTP dll sesuai dengan tipe penjual yang dipilih (marketplace perorangan, marketplace perusahaan, distributor resmi atau pemilik brand/distributor tunggal)
Jualan di Lazada
  • Pilih mau daftar sebagai seller lokal Lazada atau LazMall, lalu klik pada opsi tersebut
  • Isi alamat toko dan dokumen penjual
  • Upload produk yang akan dijual
  • Selesai, sekarang kita siap berjualan di Lazada
Jualan di Lazada bisa sebagai penjual Lazada atau penjual LazMall

Kedua, pasarnya besar. Lazada ini destinasi belanja terbesar se-Asia Tenggara lho. Jadi jangan khawatir kalau produk kita nggak ada yang beli. Berapa persen potongan jualan di Lazada? Jualan di Lazada itu tanpa komisi, tanpa penalti dan tanpa ongkir sehingga keuntungan kita bisa maksimal.

Ketiga, Lazada menyediakan fasilitas untuk mengembangkan toko yaitu Lazada University. Di Lazada University ini kita bisa mengikuti berbagai kelas baik online maupun offline mengenai cara berjualan sampai meningkatkan performa penjualan.

Keempat, banyak program menarik di Lazada yang bisa menarik konsumen. Contohnya, Festival Ulang Tahun dan tentu saja HARBOLNAS. Nah, biar semakin banyak pengunjung kita bisa banget mengadakan program jualan melalui livestreaming di Lazada.

Livestreaming di Lazada

Belanja melalui livestreaming sekarang sudah jadi trend bagi ibu-ibu. Soalnya, sebagai pembeli kita bisa secara langsung menanyakan detil produk yang ingin dibeli. Selain itu, biasanya juga banyak promo yang cuma ada saat livestreaming. Itulah kenapa, saat livestreaming biasanya penontonnya rame banget. Livestreaming adalah cara jualan di Lazada agar cepat laku.

Lazada menyediakan fitur livestreaming, namanya LazLive. Sebelum melakukan livestreaming, penjual harus memiliki akses LazLive. Caranya, masuk ke seller center - traffic - LazLive lalu ikuti petunjuk di sana. Proses verifikasi pertama kali membutuhkan waktu 2x24 jam. Nah selama itu, kita bisa menyiapkan Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula. Apa aja?

Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

1. Koneksi Internet

Nggak mau dong, pas lagi asik ngobrol sama pembeli tiba-tiba live kita terputus. Karena itu pastikan koneksi internet kita lancar dan stabil. Kalau perlu harus punya back up koneksi internet ya. Soalnya livestreaming itu kan biasanya lama saking asiknya. Minimal 60 menit lah ya. Jadi, siapkan berbagai koneksi cadangan pokoknya.

2. Siapkan Produk Andalan

Livestreaming itu momen yang ditunggu-tunggu lho oleh pembeli. Soalnya ya itu tadi, mereka mau tahu lebih jelas dan detil tentang produk kita. Biar nggak cuma lihat lewat foto.

Ini jadi kesempatan emas buat kita menunjukkan produk-produk unggulan kita. Pastikan kualitas produk kita memang sebagus itu. Cek dulu sebelum menampilkannya pada livestreaming, jangan sampai ada produk yang cacat.

3. Bangun Engagement dengan Konsumen

Komunikasi kita harus asik selama livestreaming biar penonton alias calon pembeli kita betah. Sering-sering ajak ngobrol pembeli. Respon pertanyaannya dengan baik dan maksimal. Sesekali diselingi guyonan juga boleh lho. Kalau pembeli senang dengan cara kita menawarkan produk, pasti akan ikut lagi saat kita mengadakan livestreaming berikutnya.

4. Siapkan Promo Menarik

Ini yang paling ditunggu-tunggu oleh pembeli. Promo dan diskon menarik memang jadi harapan terbesar dalam livestreaming. Jadi, siapkan promonya serapi mungkin ya. Kalkulasi dulu juga biar tetap cuan.

Enaknya livestreaming di Lazada itu karena ada fitur See Now Buy Now. Jadi produk yang dilihat pembeli saat live bisa langsung dibeli tanpa harus berpindah aplikasi. Beneran nggak bikin ribet kan.

Nah, kalau Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula di atas sudah dipenuhi, aku yakin bakal banyak penonton yang membeli produk kita. Gimana? Nggak sabar kan pengen ngadain livestreaming? Kan, yuk jualan online yuk.

Mulai Di Laz Bisa Naik KeLaz

Jadi bagaimana Bunda, udah kebayang kan gimana cara menambah penghasilan dengan mudah? Jualan itu memang butuh persiapan, tapi aksi nyata yang bikin kita maju.

Yuk jualan online di Lazada Bun sebagai langkah pertama kita biar bisa naik kelas. Bisa menghasilkan uang tambahan pasti jadi kebanggaan tersendiri dong Bun. Lumayan buat beli skincare andalan Bunda atau buat pergi ke tempat liburan favorit. Aku udah nggak sabar nih pengen lihat Bunda jualan lewat livestreaming. Boleh kabarin aku di kolom komentar ya kalau mau mulai livestreaming di Lazada, Ketemu di sana yaa Bunda! See you!


Related Posts

There is no other posts in this category.

33 comments

  1. Sekarang ga ada alasan ga punya toko untuk tak berjualan. Banyak aplikasi yang dapat mewadahi para pelaku usaha untuk menawarkan produk-produknya secara online, termasuk di Lazada. Tinggal mau belajar dan beradaptasi dengan sistem online, pasti ada jalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bang yonal. Sekarang mah urusannya adl mau atau tidak mau. Banyak aplikasi jualan beneran mempermudah. Gk punya modal tinggal jd reseller atau dropshipper... hidup makin gampang

      Delete
  2. Wah ternyata mudah dan ga ribet ya jadi seller di Lazada. Banyak program2 menarik juga. Apalagi ada fitur live streaming, bisa bikin makin cuan nih 😀

    ReplyDelete
  3. Ksren, dah lama ga akses lazada, dulu aku pelanggan setianya. Next moga deevacollection jadi sebesar lazada

    ReplyDelete
  4. Kalau liat penjual di marketplace livestreaming tuh seru dan jadi bisa liat produknya real pic gitu. Semoga laris manis jualannya kak :D

    ReplyDelete
  5. Wah keren ya ada livestremingnya jadi bisa lihat produk aslinya jadi lebih yakin nih kalau mau beli produk nya

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget nih infonya kakak. Memang promo dengan live streaming lebih cepat ya tepat sasarannya pada konsumen. Apa yang dibutuhkan konsumen bisa terjawab.
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  7. ternyata semudah itu ya?

    mau coba ah, saya sering mendapat tawaran menjadi dropshipper

    tapi bingung cara mulainya

    ReplyDelete
  8. Mpo suka belanja di lazada karena biaya ongkir murah cuma 7 ribuan dan suka ketok telor

    ReplyDelete
  9. Jujur, saya belum pernah nih beli-beli di Lazada, ternyata menarik juga ya.
    Wajib dicoba nih, apalagi kalau mau jualan ya, bakalan laris manis deh jualan di Lazada

    ReplyDelete
  10. Penasaran deh sama fitur live streaming ini. Kapan2 aku cobain, deh. Biar makin cuan

    ReplyDelete
  11. Cukup mudah ternyata jadi penjual di Lazada itu ya. Selama ini saja jadi pembeli saja, hehehe....
    Semoga jualan di Lazada makin meningkatkan pendapatan dan kepercayaan konsumen

    ReplyDelete
  12. Ternyata nggak seribet yg dibayangkan ternyata menjadi seller di Lazada.
    Jadi ingin ikutan punya toko juga, mungkin mulai lagi dr bantu jualin punya teman.

    ReplyDelete
  13. Jualan pun makin lancar donk pastinya karena customer tertarik lihat penjual yang langsung live streaming nunjukin barang dagangannya. Beberapa kali sih uda pernah beli di Lazada dan cukup puas lah.

    ReplyDelete
  14. Selain sebagai wadah untuk menjual produk, ternyata Lazada menyediakan kesempatan untuk belajar ya. Jarang-jarang ada fasilitas seperti ini. Pedagang pastinya ingin belajar lagi tentang menjual dan berdagang yang baik. Jadi bisa upskilling tentang dunia sales dan marketing sekaligus.

    ReplyDelete
  15. wah jadi pengen coba jualan di lazada, prosesnya juga gampang ya kak.

    ReplyDelete
  16. Ada support aplikasi dan internet jualan online terbuka kesempatan

    ReplyDelete
  17. Daku pernah lihat fiturnya itu di Lazada, ternyata bermanfaat bagus buat para seller bisa menjangkau banyak pembeli juga ya

    ReplyDelete
  18. Lazada jadi tempat pertama aku beli online dan pastinya aman banget. Rekomendasi juga buat seller yang mau jualan di sini

    ReplyDelete
  19. Jaman sekarang udah nggak ada alasan mau jualan gak punya tempat dan lahan karena kita bisa gabung di Lazada, tinggal promosi aja cuan datang

    ReplyDelete
  20. Wah program yang bagus ya harusnya gak ada lagi kata nganggur dan gak punya duit nih

    ReplyDelete
  21. Gaya jualan dengan live streaming sangat diminati ya. Bisa dimengerti sih karena pembeli berasa melihat langsung barangnya. Tapi saya ga bisa model marketing gini. Hihihi. Apa perlu ambil kelas public speaking ya agar bisa ikutan jualan seperti ini....

    ReplyDelete
  22. jualan online memang jadi jurus ninja mak emak kayak sy yang gak bisa ke mana-mana hehe.. wah lazada ada livestreaming juga yaa.. menarikk

    ReplyDelete
  23. Toko Saya di lazada udah bertahun-tahun nggak aktif gara-gara supplier nggak ada lagi. Pengen aktifin lagi tapi masih bingung mau dipakai jualan apa.
    Sekarang sih jadi pembeli setia aja di lazada, tapi belum pernah beli barang yang dijual secara live streaming

    ReplyDelete
  24. pingin sih mulai berjualan online tapi bingung cari suplier buat jualannya dimana. Pingin juga dagang padahal kayaknya asyik jika ditekuni

    ReplyDelete
  25. Sudah lama ga akses lazada, tai tetap dapat sapaan dan kabar di email yang saya gunakan. Asik nih naik kelas bareng Lazada

    ReplyDelete
  26. Berjualan di lazada memang bagus. Saya juga pernah melakoni dan bangun toko di platform ini. Tp sekarang udah tak aktif lagi dan tokonya kini sudah sangat down ratingnya karena tak lagi jualan di akun ini.

    ReplyDelete
  27. Jadi seller di Lazada mudah jg ya cara daftarnya gak ribet dan langsung jadi.. Bisa deh nih jd salah satu ecommerce andalan untuk berjualan..

    ReplyDelete
  28. Sy malah belum pernah nyoba di lazada e mbak, keren ih, bisa bertahap dan mengalami perkembangan jualan di lazada. Sebagai pelaku harus terus beradaptasi dengan perkembangan digital ya mbk

    ReplyDelete
  29. Jadi pingin jualan di Lazada nih. Adikku sudah lama buka lapak di Lazada, dan hingga kini masih bertahan... Makin hari makin banyak promo yang menguntungkan seller... Yuk jualan yuk

    ReplyDelete
  30. Waah canggih bener ya sekarang. Ternyata jualan dan belanja online juga udah kayak penjual dan pembeli ketemu langsung. Dan nggak nyangka, semudah itu jualan di Lazada. Fitur see now buy now nya masih bikin aku syok. Keren banget wkwk

    ReplyDelete
  31. Enak banget nie jualan di Lazada, banyak untungnya. Aku belum punya toko di Lazada, boleh nyobain jualan disini ah

    ReplyDelete
  32. Aku juga memulai jualan baju online dari dopshiper dulu mbak. Beneran deh emang lumayan untungnya asal diseriusi.

    Wah live streaming efektid ya terjyata

    ReplyDelete

Post a Comment