Your Cozy Corner

Kenalan dengan DepositoBPR Komunal Lewat Launching Aplikasi Komunal

25 comments

Sejak belajar investasi setahun yang lalu, aku mulai mengalihkan dana pendidikan anak yang ada di tabungan ke produk investasi. Aku mencari instrumen investasi yang bisa melawan inflasi tetapi tetap sesuai dengan profil risikoku yang konservatif.

Fyi, tingkat inflasi di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir rata-rata adalah sekitar 4.23%. Akhirnya aku menjatuhkan pilihan pada instrumen reksa dana. Sama sekali nggak terpikirkan olehku untuk investasi ke deposito karena setahuku return deposito cuma sekitar 3%.

Investasi Aman di Komunal

Saat mengikuti acara launching aplikasi DepositoBPR Komunal kemarinlah aku baru tahu bahwa return deposito di sana mencapai angka 6%. Daebak! Kemana aja aku selama ini kok bisa baru tahu instrumen investasi sebagus ini, huhu. Bayangin aja, deposito itu kan pilihan investasi yang sangat low risk, tetapi ternyata mampu memberikan return sebesar ini.

Apa yang bisa membuat BPR memberikan return lebih tinggi? Ini merupakan hak istimewa yang diberikan oleh OJK dan stakeholder. Sebab, BPR dapat memberikan kredit yang lebih besar pada masyarakat sehingga BPR otomatis juga menghimpun dana yang lebih besar. Selain itu, regulasinya lebih mudah dan tidak seruwet bank umum. Kredit di BPR lebih cepat cair. Cocok nih untuk yang mau mengembangkan bisnis.

Eh tunggu, kalian juga udah tahu kan tentang DepositoBPR Komunal? Atau belum? Baiklah, kalau belum aku kasih tahu ya. Baca pelan-pelan.

Mengenal DepositoBPR Komunal

Sebelum membahas depositoBPR Komunal, yuk kita kenalan dulu dengan BPR. BPR adalah singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat. BPR melakukan kegiatan usahanya secara konvensional maupun syariah tetapi tidak menerima simpanan giro dan tidak melakukan kegiatan valas maupun perasuransian.

Terus apa dong kegiatan BPR? Sesuai namanya, BPR memberikan kredit pada masyarakat. Selain itu BPR juga menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk deposito berjangka atau tabungan. 

BPR tersebar di berbagai kecamatan bahkan hingga pedesaan. BPR ada untuk melayani simpan pinjam bagi masyarakat pelosok yang tidak dapat menjangkau bank-bank umum.

Nah terus bagaimana ceritanya dari BPR hingga bisa jadi Komunal? Saat menghadiri launching aplikasi DepositoBPR Komunal kemarin aku menemukan jawabannya.

Dari BPR hingga Launching Aplikasi DepositoBPR Komunal

Apa yang menginspirasi sehingga terbangun DepositoBPR Komunal?

Waktu itu ada keluhan tentang deposito BPR yang susah dijangkau karena hanya ada di kota-kota tertentu. Cara mengatasinya adalah dengan teknologi. Selain itu, juga bisa dengan memanfaatkan network BPR yang sudah ada. Sederhananya, mari himpun semua BPR yang ada di Indonesia lalu didigitalisasi.

Akhirnya terbentuklah DepositoBPR Komunal yang merupakan himpunan berbagai BPR yang ada di Indonesia. Bagaimana deposan bisa yakin Investasi Aman di Komunal?

Deposito BPR Aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, DepositoBPR Komunal juga sudah tersertifikasi ISO, di mana proses untuk memperoleh sertifikasi tersebut sangat panjang dan tidak mudah. BPR juga diatur oleh Undang-Undang. Semua transaksi non tunai dan langsung ke rekening BPR yang dituju. Untuk pencairan pun harus sesuai dengan nama deposan yang didaftarkan. Yakin deh Deposito BPR Aman.

Deposito BPR Aman dan sudah tersertifikasi ISO

Dengan digitalisasi DepositoBPR Komunal, masyarakat dapat lebih mudah untuk membuka deposito di BPR. Jadi, meskipun di daerah tempat tinggal seseorang belum ada BPR, ia tetap bisa membuka deposito pada BPR wilayah lain dengan bebas. Ini karena buka rekening DepositoBPR Komunal bisa diakses via website dari mana saja dan kapan saja. Iya, BPR kini sudah didigitalisasi.

Dalam perkembangannya akhirnya tanggal 7 April 2022 kemarin, dengan tema "The Digitalization of Rural Bank's Deposits", DepositoBPR Komunal meluncurkan sebuah aplikasi Komunal yang bisa diakses melalui handphone. Sebagai pembicara dalam acara launching tersebut ada Co-Founder dan CEO Komunal yaitu Hendry Lieviant, CTO Komunal yaitu Devin Marco, William Sudhana seorang Entrepreneur & Content Creator serta Dr. Afandi Nugroho, SE., MM sebagai Direktur Utama BPR Bank Jombang.

Acara launching aplikasi Komunal berjalan sangat seru. Obrolannya bisa dipahami dengan mudah oleh orang awam sepertiku. Yang bikin deg-degan adalah di akhir acara dibagikan doorprize senilai jutaan rupiah.

Ah senang sekali sekarang membuka DepositoBPR Komunal semakin mudah, cepat dan nyaman karena semuanya digital. Semua orang bahkan WNI yang tinggal di luar negeri juga bisa membuka rekening DepositoBPR Komunal.

Aplikasi DepositoBPR Komunal sangat simple dan user friendly. Selain itu terdapat metode sign in biometric yang membuat aplikasi ini terjamin keamanannya.

Logo Baru

Bersamaan dengan diluncurkannya aplikasi ini, DepositoBPR Komunal juga mempersembahkan logo baru. Logo ini merupakan hasil kreativitas dari tim Komunal. Mau tahu filosofinya?

logo baru DepositoBPR Komunal

Tiga grafik naik melambangkan deposito BPR dengan konsisten dan stabil akan terus tumbuh. Warna merah klik melambangkan kemudahan. Hanya tinggal klik dan modal handphone saja masyarakat bisa membuka deposito di BPR.

Di bawah ada lengkungan lambang senyum dan inklusif untuk merangkul semua BPR di daerah manapun. Jadi, masing-masing BPR tidak perlu bingung untuk membuat aplikasi sendiri karena itu nggak mudah. Semua BPR bisa bergabung dengan DepositoBPR Komunal asal laporan keuangan perusahaannya sehat.

Cara Membuka Rekening Deposito di Komunal Lewat Aplikasi

Yang pertama instal dulu Aplikasi Komunal Deposito BPR untuk iOS atau Aplikasi Komunal untuk Android. Siapkan KTP dan nomor rekening bank yang sudah dimiliki. Setelah itu, isi data diri, foto KTP dan juga selfie. Masukkan juga kode refferal RP2008 untuk mendapatkan cashback pendaftaran sebesar Rp 20.000 plus Rp 100.000 jika kamu melakukan transaksi deposito. Terakhir, klik persetujuan syarat dan ketentuan, lalu klik Daftar Sekarang.

Setelah itu, akun akan ditinjau dulu oleh tim Komunal. Sementara itu, kita bisa melengkapi data diri lebih lanjut. Proses verifikasinya nggak lama kok. Dalam satu jam kita akan mendapat email verifikasi. Setelah itu kita bisa langsung memilih deposito BPR yang ada di menu Peluangku sesuai keinginan kita.

Oya, dengan membuka deposito di Komunal kita juga bisa mendapatkan THR suka-suka jika memasukkan kode promo KEJARTHR. Promonya berlaku sampai 31 Mei 2022. Yuk buruan buka rekening DepositoBPR Komunal dan tempatkan danamu di sana. Investasi Aman di Komunal bikin rencana keuangan tidak berantakan.

Fitur Aplikasi Komunal

Ada lima fitur utama pada aplikasi Komunal. Apa saja?

  1. Home. Fitur ini adalah halaman utam aplikasi Komunal. Di sini kita bisa melihat deposito yang sedang berjalan dan juga promo yang sedang berlangsung.
  2. Peluang Deposito. Pada fitur ini terdapat daftar deposito yang bisa kita pilih. Tampilan pilihan deposito pada fitur ini cukup jelas. Kita bisa memilih deposito berdasarkan kota wilayah BPR, jumlah penempatan dana, suku bunga dan juga tenor.
  3. Depositoku. Fitur ini menampilkan deposito kita yang aktif berjalan dengan lebih rinci.
  4. Menu Akun Saya. Di fitur ini kita bisa memperbarui data diri dan mengatur privasi akun kita.
  5. Chat Customer Service. Dengan menekan fitur chat, kita akan langsung terhubung dengan Customer Service BPR Komunal via whatsapp.
Menurutku aplikasi DepositoBPR Komunal ini sangat user friendly. Kalau kamu aliran anti ribet buat investasi, pasti bakal cocok banget pakai aplikasi Komunal ini.

Related Posts

25 comments

  1. Aku juga baru tahu tentang BPR ini lho, mb. Lumayan besar juga ga mb, 6%. Cocok nih untuk yg butuh modal bisnisnya.

    ReplyDelete
  2. Makin gampang aja deh buka deposito, ya. Berasa punya bank dalam genggaman

    ReplyDelete
  3. Deposito BPR Komunal memang andalan banget ya... Solusi smart investasi masa kini, no tipu-tipu

    ReplyDelete
  4. Wah ada promo KEJAR THR , BPR momunal tahu aja ya kalau mau hari raya. Ternyata juga sudah hadir aplikasi dari BPR Komunal ya, jadi makin mudah nih deposito

    ReplyDelete
  5. Mendepositokan dana udah gak pakai ribet lagi ya, bisa semakin mudah nih dengan digitalisasi bareng Komunal

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya BPR Komunal ini masyarakat pelosok pun bisa menggunakannya ya.. Karna sudah digitalisasi jg nih.. Semua sekarang serba mudah..

    ReplyDelete
  7. Wah ini pilihan tepat buat naruh investasi. Yang jelas aman ya mbak. Jadi ga was-was. Dapat promo juga :))

    ReplyDelete
  8. Waw aku terkaget=kaget dengan bunga yang diberikan oleh dari deposito BPR sebesar 6% pantesan banyak teman-temanku mulai mindahin dananya ke BPR Komunal. Gilaa bener..auto untung berlipat ganda ya. Ini untuk tenor penempatan minimal berapa bulan ya bunga segini mbak?

    ReplyDelete
  9. Betul ya, dulu BPR itu hanya ada di daerah dan kalau kita mau investasi harus datang langsung ke kantornya. Dg adanya BPR Komunal ini jd dimudahkan ya kalau ingin investasi di BPR di daerah yg dimaksud

    ReplyDelete
  10. Wah, dengan adanya digitalisasi ini meskipun di daerah tinggal gak ada BPR tetep bisa donk buka DepositoBPR Komunal ya. Menarik banget ah dengan kemudahan begitu.

    ReplyDelete
  11. DepositoBPR Komunal ini ternyata menarik banget ya, selain praktis karena semua prosesnya via online, juga return-nya lumayan banget. Makasih insight-nya Mbak

    ReplyDelete
  12. Penting banget punya investasi, yang cocok buat pemula menurutku ya deposito. Kemaren nyobain di BPR Komunal ternyata mulai dari 1 juta udah bisa buka deposito. Aman dan diawasi OJK. Mudah karena bisa online.

    ReplyDelete
  13. Saya kebetulan ikut acara lauchingnya, Mbak Seru sekali dan keren Komunal yang menjembatani antara Deposan dengan BPR yang ada di seluruh Indonesia. Kini buka deposito semakin mudah dan cepat, karena bisa secara online. Bunganya juga tinggi sampai 6 %.

    ReplyDelete
  14. Aku juga dana pendidikan anak dijadikan deposito mbak. Menurutku ini investasi paling aman dan nyaman untuk saat ini. Walaupun hasilnya gak sebesar investasi yang lain

    ReplyDelete
  15. Terpercaya sekali berinvestasi di DepositoBPR Komunal.
    Karena sebenarnya dana dari investor ini akan kembali diberikan kepada yang membutuhkan, sehingga return yang diberikan DepositoBPR Komunal bisa ebesar 6%.
    Keren banget.

    ReplyDelete
  16. Jadi deposan di deposito BPR Komunal ini bikin nagih,mudah banget. Bahkan saat pencairannya juga mudah. Apalagi ini ada aplikasinya, jadi makin mudah nih.

    ReplyDelete
  17. seneng banget kemarin ikutan juga peluncurannya, acaranya menarik ya semua penjelasannya bisa dimengerti bahkan buat awam kaya aku nih hehehe

    ReplyDelete
  18. Waah skrg ada aplikasinya yaa. Aku tahun kemarin jadi deposan masih pakai website tapi itupun sudah responsif dan cepet banget prosesnya gapake lamaa.

    ReplyDelete
  19. Daebak return bunga depositonya 6%, lumayan tinggi kali ya.Apalagi cara bukanya sangat mudah, lewat online lagi.

    ReplyDelete
  20. Aku juga mulai nih mendepositokan uang sejak ada deposito BPR ini. Abisnya buka deposito nya gampang banget bisa lewat smartphone aja gak perlu datang ke banknya. Semakin memudahkan, bunganya pun gede....

    ReplyDelete
  21. Untuk mendaftar Deposito jadi mudah karena semua dari genggaman. Dari segi legalitas juga aman, sehingga BPR Komunal sangat layak dipertimbangkan.

    ReplyDelete
  22. seneng banget sekarang DepositoBPR Komunal ada aplikasinya
    jadi lebih mudah untuk buat DepositoBPR Komunal

    ReplyDelete
  23. Berarti kalau buka rekeningnya lewat aplikasi, gak perlu dana awal ya kak. Wah, lebih ekonomis nih ceritanya

    ReplyDelete
  24. Waktu Januari kemarin daftar jadi deposan di BPR komunal. Sistemnya memang keren, daftarnya online bisa di rumah sambil rebahan. Ngambil masa yang 3 bulan sampe maret, dan aman dong sampai waktunya pencairan

    ReplyDelete
  25. Menarik banget di depositoBPR komunal ini. Apalagi aku tuh cenderung memilih investasi yang low risk, kalau high risk belum siap rasanya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment