Your Cozy Corner

ZenCore Gelar Pekan Olahraga Otak

26 comments

Kuliah online ini sebenarnya lebih menantang daripada kuliah tatap muka. Permasalahan utamanya adalah karena dosen hampir tidak memiliki kontrol sama sekali terhadap mahasiswa saat kuliah. Jelas, karena mahasiswa pasti dalam mode mute dan kalaupun oncam, dosen juga tidak bisa seratus persen memperhatikan mahasiswa satu per satu.

Aku sendiri yakin, tidak semua mahasiswa menyimak pembahasan kuliah dengan fokus. Terbukti saat aku memberikan pertanyaan terkait materi kalkulus maupun struktur aljabar, jarang sekali ada mahasiswa yang bisa menjawab. Kemungkinannya ada dua. Mahasiswa tidak menyimak sama sekali atau mereka menyimak tetapi tidak memahami materi kuliah yang aku sampaikan.

Untuk kemungkinan pertama, mau bagaimana lagi. Dosen hanya bisa mengajak mahasiswa belajar lagi dan lagi. Selebihnya adalah tanggung jawab masing-masing mahasiswa. Sedangkan untuk kemungkinan kedua, menurutku mahasiswa hanya perlu ganti cara belajar agar bisa berpikir lebih cepat. Caranya, bisa dengan memperbanyak latihan soal dan sering melakukan pemanasan otak. Karena otak memang seperti pisau, jika tidak diasah maka ia akan tumpul. 

Sebagai dosen, aku pun rutin melakukan pemanasan otak dengan mengerjakan latihan soal. Selain itu aku juga gemar mengerjakan kuis/game asah otak terutama di aplikasi ZenCore.

Yuk ikutan Pekan Olahraga Otak di Aplikasi ZenCore

ZenCore

Yang belum tahu, ZenCore ini adalah sebuah platform di aplikasi Zenius yang dapat dipakai untuk melatih keterampilan fundamental di bidang matematika, verbal logic dan bahasa Inggris. Siapapun bisa menggunakan platform ini sesuai dengan level pengetahuan yang dimiliki karena ZenCore dirancang dengan metode adaptive learning.

Matematika

Soal-soal Matematika yang ada di ZenCore umumnya mengenai teori bilangan, perbandingan, pecahan, eksponensial dan sebagainya. Beberapa soal berupa isian pendek, beberapa yang lain dikemas dalam soal cerita. Kalau mengerjakan soal Matematika ini kita harus benar-benar konsentrasi.

Oya, di akhir ada video pembahasan singkat untuk masing-masing soal. Tenang, videonya tidak membosankan kok. Pembahasannya sangat mudah dipahami karena bahasa yang dipakai adalah bahasa gaul khas anak muda.

Verbal Logic

Verbal Logic membahas seputar kata hubung, preposisi, logika, kuantor, kosa kata bahasa Indonesia dan struktur kalimat. Sama seperti pada bidang Matematika, di bidang Verbal Logic juga terdapat video singkat pembahasan soal.

Mengerjakan soal-soal Verbal Logic ini mengingatkanku pada soal Tes Potensi Akademik. Jadi, kalau kita sedang mau melakukan Tes Potensi Akademik, sebaiknya ganti cara belajar dengan mengerjakan soal-soal di ZenCore ini saja.

Bahasa Inggris

Pada bidang Bahasa Inggris dibahas mengenai klausa, ide pokok paragraf, kata kerja, idiom, tenses dan arti sebuah kata atau frasa. Tentu saja ada video pembahasannya juga dong untuk bidang Bahasa Inggris.

Pilihan bidang Pemanasan Otak di ZenCore

Mengerjakan soal-soal yang ada di ZenCore ini seru loh karena ada batas waktu untuk setiap satu sesi kuis yaitu 120 detik per 8 soal. Kemudian ada juga papan peringkat yang menampilkan skor semua peserta. Kadang aku gemes sendiri pengen jadi ranking satu haha.

Yang bikin makin excited adalah minggu ini ada Pekan Olahraga Otak yang dipersembahkan oleh Zenius X Fiesta Primagama di aplikasi ZenCore. Mau tahu apa itu Pekan Olahraga Otak?

Pekan Olahraga Otak

Pekan Olahraga Otak merupakan bagian dari perayaan 40 tahun bimbingan belajar offline Primagama yang telah bergabung dengan Zenius pada bulan Maret kemarin. Pekan Olahraga Otak digelar sejak tanggal 28 Maret sampai 24 April 2022. Pemenangnya akan diumumkan melalui melalui instagram @zeniuseducation dan @primagama_id.

Ganti Cara Belajar biar makin pintar

Tujuan dari Pekan Olahraga Otak ini adalah untuk memberikan first experience bagi pengguna baru Zenius dan juga more experience bagi pengguna lama dalam melakukan pemanasan otak.

Berikutnya, Zenius berkomitmen untuk menggelar Pekan Olahraga Otak setiap dua minggu sekali. Tentu saja dengan berbagai hadiah menarik buat pemenangnya seperti Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, JBL T450, dan hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung. Siap-siap jadi jagoan adu otak nih.

Kalau mau ikut Pekan Olahraga Otak ini, download dulu Aplikasi ZenCore untuk iOS atau Aplikasi ZenCore untuk Android. Setelah itu lakukan praktik dan latihan sebanyak mungkin selama periode lomba dan jadilah jagoan adu otak. Nanti pemenangnya akan ditentukan berdasarkan skor total masing-masing kategori subjek.

Tips Mendapatkan Rank Tinggi

Gimana, udah install aplikasi ZenCore? Udah nyobain ngerjain soal-soalnya? Gemes ya, pengen nama kita ada di leaderboard, hehehe. Tenang, ini ada tips biar kita bisa mendapatkan skor tinggi sehingga rank kita juga tinggi.

Begini cara jadi Jagoan Adu Otak

Tingkatkan Frekuensi Pemanasan Otak

Semakin sering mengerjakan soal di ZenCore tentu saja kemampuan fundamental kita akan semakin bagus. Ingat, kita bisa karena terbiasa. Jadi daripada nganggur, lebih baik gunakan waktu untuk melakukan pemanasan otak.

Pahami Materi Menggunakan Video Pembahasan

Ketika sudah selesai melakukan satu sesi pemanasan otak, jangan langsung ke sesi berikutnya kalau skor kita rendah dan banyak jawaban yang salah. Simak dulu materi pembahasan yang ada di video. Nggak lama kok, setiap video cuma satu menitan. Dijamin pada pemanasan otak berikutnya skor kita akan lebih tinggi.

Kerjakan Soal dengan Cepat dan Akurat

Konsentrasi adalah kunci mengerjakan soal di ZenCore. Kalau sudah konsentrasi dan fokus, kita bisa mengerjakan soal dengan cepat dan akurat. Tarik napas dulu, lalu mulai!

My Experience

Aku kalau sedang pemanasan otak di ZenCore pasti nyari waktu dan tempat yang sepi biar tidak terganggu oleh apapun. Soalnya aku mudah terdistraksi oleh hal lain.

Soal yang paling sering aku kerjakan adalah soal Matematika. Aku udah sampai level 39 dengan skor 575. Sedangkan untuk kategori Verbal Logic aku baru sampai level 2 dengan skor 18. Bidang Bahasa Inggris baru level 1 dengan skor 2 soalnya ngerjainnya nggak sampai selesai.

Makin kesini aku makin suka melakukan pemanasan otak di aplikasi ZenCore. Semoga aku bisa jadi pemenang di Pekan Olahraga Otak periode ini. Doakan aku yaa. Yuk ikutan juga!

Related Posts

26 comments

  1. Aku juga udah nyobain ngerjain soal di ZenCore tapi level SD buat anakku. Jadi penasaran nih sama pekan olahraga otak. Wah ngga terasa ya Primagama udah 40 th.

    ReplyDelete
  2. Dah lama gak asah otak nih, jadi pengen uji kemampuan di ZenCore nih, fiturnya menarik banget

    ReplyDelete
  3. wah baru denger ada pekan olahraga otak, hihi.. keren banget nih Zencore, biar otak sehat terus ya harus diajak olahraga rutin :)

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata idang yang banyak Mba kerjain malah matematika. Keren nih. Karena main sambil mengasah kemampuan di Zencore terasa asik ya Mba.

    ReplyDelete
  5. Mantap nih ada pekan olahraga otak pula. Biar anak semakin tertantang menguasai materi, ya

    ReplyDelete
  6. Unik banget nih program pekan olahraga otak, karena kita bisa mengasah skill sambil berkompetisi dengan yang lain. Untuk mahasiswa dan anak sekolah wajib pake ZenCore

    ReplyDelete
  7. Makin keren perkembangan pola didik, aku sering pakai nih app untuk seru seruan sambil olahraga otak di saat santuy

    ReplyDelete
  8. Ikutan Zencore sejak tahun lalu dan emang seru banget iniii, wkwkw jadi ketagihann. apalagi kalau ada pekan olahraga otak yang berhadiah, waduuh makin keranjingan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ini pekan olahraga otaknya katanya bertabur hadiah ya? mauuuu ikutan lagi ahhh

      Delete
  9. Saya dan krucil juga selalu asah otak lewat ZenCore ini, Mbak. Seru.. kita dituntut menyelesaikan soal dengan waktu yang sudah ditentukan. Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris semua seru. Pemanasan untuk ikutan Pekan Olahraga Otak Primagama.

    ReplyDelete
  10. Anakku juga senang banget ketika mendapati aplikasi ini, terutama soal Matematika. Karena setiap pertanyaan ada pembahasannya pula, jadi tahu bisa menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  11. wah ada pekan olahraga otaknya juga ya. Keren sih mbak kalo asah otak bidang matematika, kalo aku mungkin lebih tertarik ke bahasa hehehe

    ReplyDelete
  12. Penasaran deh sama aplikasi yang satu ini. Banyak yang mengulasnya. Seru banget sih bisa asah otak sambil menguji kemampuan

    ReplyDelete
  13. Harus ikutan olahraga otak juga nih di aplikasi Zencore, biar otaknya tetap terjaga dengan baik dan bisa berpacu dengan waktu menyelesaikan soal-soal yg ada.

    ReplyDelete
  14. Jadi kuncinya biar bisa dapat nilai tinggi adalah rajin pemanasan ya Kak. Seru deh bisa pemanasan orak buat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Memang semua tergantung niat masing-masing ya mbak.. Padahal sekarang kalau mau belajar sudah banyak sumbernya. Misalnya saja menggunakan aplikasi seperti zencore ini. Aplikasi yang bagus buat pelajar dan mahasiswa ningkatin kemampuan logika

    ReplyDelete
  16. Asyik juga nih olahraga otak, kemampuan jadi lebih terasa dan disaingkan dengan yang lain

    ReplyDelete
  17. Aktifitas bersama Zencore ini tentu melatih banget ya utk latihan otak. Banyak pula yang bisa dipelajari terutama latihan matematika tuh. Asik deh ikut pekan olahraga otak ini apalagi kalo bisa menang dapat hadiah,hehee.

    ReplyDelete
  18. Waini... seru banget sepertinya olahraga otak dengan zencore. Emang perlu diasah sih biar ngga tumpul, terutama kemampuan menyerap ilmu dan daya ingat sih ya

    ReplyDelete
  19. bu dosennnnnnnn tentu keren lah ini kalo ikutanolahraga otak hahahaa.. seneng ya mbak bisa ngerjakan matematika hehehe. duh aku jadi ikut pensaran sama pekan olahraga otak nih

    ReplyDelete
  20. Ternyata bukan hanya bahasa Inggris aja yang diajarkan di aplikasi Zenius ini ya mbak, tapi juga matematika dan Verbal Logic. Pasti membantu anak-anak banget nih. Soalnya itu kan termasuk pelajaran yang cukup sulit

    ReplyDelete
  21. Makin banyak pemanasan otak makin encer ya kak... Btw, pekan olahraga otak hadiahnya lumayan juga yaa

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen coba juga ah kalau pas ngelonin anakku yang bayi tidur. Soalnya momen mengASIhi itu sukanya bikin ngantuk. Kalau dipakai olah raga otak di ZenCore kayaknya bakal bubar ngantuknya.

    ReplyDelete
  23. Iya jadi pengen ikutan juga nih melatih otak di Zencore.
    Btw saya baru tahu nih kalau Zenius ini telah bergabung dengan Primagama sejak bulan Maret kemarin. Wah makin solid aja nih pastinya ya

    ReplyDelete
  24. Owh ada ya kak Pekan Olahraga Otak, hmm nih kayak olimpiade gitu ya? Jadi penasaran nih sama Zencore ...

    ReplyDelete
  25. menjawab soal di Zencore termasuk olahraga otak yaa, saya beberapa kali juga pernah menjawab soal di Zencore lumayan seru padahal soalnya juga soal-soal anak SD untuk anak saya

    ReplyDelete

Post a Comment