Your Cozy Corner

Cara Memasang GA4 di Blogspot

Post a Comment

Sudah mau bulan Juli nih, hayo siapa yang belum tau cara memasang GA4? Yuk sini aku ajarin. Soalnya kemarin aku habis ikut kelas blogger cara memasang GA4 di BRT Network. Ternyata simpel kok.

Sebenarnya ada dua cara memasang GA4. Yang pertama adalah cara manual, sedangkan yang kedua menggunakan Google Tag Manager (GTM). Keduanya diajarkan di Kelas BRT Network.

Tutorial kali ini adalah cara pasang GA4 menggunakan GTM. Kenapa? Karena kalau pakai GTM data viewer blog kita lebih cepat terbaca.

Step 1 - Membuat Property

1. Buka situs analytics.google.com lalu klik Admin yaitu icon roda di pojok kiri bawah. Kemudian klik Create Property.

2. Isi detail property seperti di bawah ini lalu klik Create.


3. Pilih platform sesuai kebutuhan. Kalau blog pribadi cukup pilih yang Web.

4. Set up data stream. Isi alamat blog, pastikan menggunakan www. Isi nama stream lalu klik Create Stream.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Nah kalau mau instal GA4 secara manual, script di atas bisa langsung dicopas ke blog. Namun karena kita mau memasang GA4 menggunakan GTM langkah ini kita lewati. Jadi klik tanda silang di bagian Installation Instruction sehingga tampilannya jadi seperti di bawah ini.

Catat Stream ID dan Measurement ID karena keduanya nanti diperlukan dalam memasang GTM.

Step 2 - Memasang Google Tag Manager

1. Buka situs tagmanager.google.com kemudian buat akun baru dengan cara klik Create Account di pojok kanan atas.

2. Isi data sesuai kebutuhan lalu pilih platform web. Setelah itu klik Create.

3. Centang kolom persetujuan lalu klik Yes.

4. Setelah muncul script seperti di bawah ini copy script tersebut.



Script tersebut harus diparsing lebih dulu. Cara parsingnya mudah saja. Buka situs https://pewe19.github.io/parsing-html/ lalu paste script di atas kemudian klik Parse Code.



Copy kode yang muncul setelah diparsing.

5. Buka dashboard blogger, klik Theme, klik tanda panah di kotak oranye lalu klik Edit HTML. Setelah itu paste kode yang sudah diparsing tepat di bawah <Head> seperti di bawah ini.



6. Kembali ke situs GTM. Scroll ke bawah untuk mendapatkan kode berikutnya.

Parsing kode tersebut seperti sebelumnya. Setelah itu copas kode setelah diparsing ke blog kita di bawah tag <body seperti di bawah ini. Kalau kesulitan menemukan tag tersebut kamu bisa klik ctrl+f lalu ketik <body.

Setelah itu klik Save.

Step 3 - Membuat Tag Event

1. Kembali ke situs GTM. Tutup atau klik tanda silang pada pop up kode yang tadi muncul. Setelah itu buat tag baru dengan cara klik Add New Tag. Setelah itu beri nama lalu klik icon pensil di pojok kanan atas seperti di bawah ini.
2. Klik kolom Google Analytics: GA4 Configuration. Lalu isi Measurement ID yang tadi sudah dicatat.

3. Scroll ke bawah ke bagian Triggering. Klik icon pensil di pojok kanan atas. Setelah itu Klik All Pages lalu klik Save.

Step 4 - Testing

Pada langkah ini kita akan mengecek apakah GA4 sudah terhubung ke GTM atau belum. Untuk itu kita perlu memasang extension Tag Assistant Companion di Chrome. Setelah terpasang, kembali ke situs GTM lalu klik Preview di pojok kanan atas.

Isi URL blog lalu klik Connect.

Setelah itu akan muncul halaman blog kamu dengan pop up di bagian kanan bawah seperti pada gambar di bawah ini.

Kembali ke dashboard Google Analytics klik Admin (icon roda) di pojok kanan bawah. Kemudian di bagian properti scroll ke bawah lalu klik menu Debug View. Tunggu beberapa saat. Jika ada pergerakan seperti gambar di bawah artinya GA4 sudah terhubung ke GTM.


Kembali ke dashboard GTM lalu klik Submit.

Beri nama versi lalu klik Publish. Udah selesaaaaiiii. Tunggu 48 jam agar data dari blog kamu muncul di dashboard GA4. Semoga tutorial cara pasang GA4 ini bermanfaat yaaa.

Terima kasih pada Tim BRT Network khususnya Mas Pewe dan mbak Monic yang sudah mau bersusah payah ngadain kelas cara pasang GA4. Kelasnya seru. Meski agak kecepetan tutorialnya tapi mas Pewe mau bolak-balik menjelaskan dan menjawab pertanyaan dengan sangat rinci dan sabar. Makin cintaaaa aku sama BRT.

Related Posts

Post a Comment