Your Cozy Corner

RATUSAN BUKU DALAM GENGGAMAN, APLIKASI LET'S READ AJAK KITA BERPETUALANG

5 comments
aplikasi let's read
Ratusan Buku dalam Genggaman, Aplikasi Let's Read Ajak Kita Berpetualang

Berbicara tentang membaca mengingatkanku pada masa kecil. Saat aku masih duduk di kelas 2 SD, aku melihat kakakku yang sudah SMA membawa setumpuk majalah dan buku komik sepulang sekolah. Sebenarnya awalnya aku tidak tertarik karena aku mengira itu buku untuk anak besar sedangkan aku menganggap diriku masih kecil. Namun karena penasaran aku iseng saja mengambil satu majalah yang ada yaitu majalah Donal Bebek. Ternyata lucu juga isinya. Dari situlah petualangan membacaku dimulai. Sejak saat itu, aku mulai menyewa komik. Aku juga suka pelajaran Bahasa Indonesia karena di dalam diktatnya terdapat berbagai cerita pendek yang menarik. Hal yang paling membuatku gembira adalah ketika aku dipercaya oleh guru Bahasa Indonesia untuk membantu membereskan perpustakaan. Dengan begitu aku bisa lebih banyak menjangkau buku-buku bacaan dengan bebas.

Aku sangat bersyukur menjadi seseorang yang gemar membaca karena banyak sekali manfaat membaca yang aku rasakan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Bertambahnya Wawasan dan Keilmuan

Jika buku adalah jendela dunia, maka membaca berarti menikmati keindahannya. Dengan membaca wawasan kita bertambah luas. Selain itu, keilmuan kita akan meningkat jika kita suka membaca. Tentu kita bisa melihat perbedaan prestasi seorang anak yang gemar membaca dan yang tidak. Anak yang gemar membaca biasanya tidak akan melewatkan rasa ingin tahunya begitu saja, termasuk dalam hal pelajaran sekolah. Dengan demikian, ia akan menjadi anak yang pintar dan cerdas.

Meningkatkan Literasi

Membaca akan memperkaya kosa kata dan meningkatkan kemampuan literasi seseorang. Akibatnya, skill komunikasi kita juga akan semakin bagus. Lebih jauh, kita akan menjadi orang yang bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi. Di samping itu, membaca juga dapat meningkatkan kemampuan menulis. Seorang penulis adalah para pembaca yang piawai. Semakin banyak buku yang kita baca biasanya berbanding lurus dengan kemampuan menulis. Skill menulis yang baik dapat mempermudah berbagai hal, termasuk dalam hal sekolah maupun pekerjaan.

Membentuk Pola Pikir Kritis dan Inovatif

Membaca membuat imajinasi kita berkembang bebas. Hal ini dapat merangsang proses kreasi dan inovasi saat kita dihadapkan pada suatu problematika. Berbagai tulisan baik fiksi maupun nonfiksi menawarkan konsep dan perspektif baru bagi pembacanya. Bertambahnya wawasan baik fakta maupun opini secara tidak langsung membuat pola pikir kita menjadi lebih kritis.

Oleh sebab banyak sekali manfaat membaca yang telah aku rasakan, aku bercita-cita agar anak-anakku menjadi pribadi yang juga gemar membaca. Sejak hamil, aku telah membacakan buku bagi anak-anakku. Kemudian saat mereka lahir aku mulai mengenalkan buku, dimulai dari buku bantal, board book hingga buku bacaan biasa. Karena keterbatasan dana, biasanya aku membelikan buku satu bulan hanya satu atau dua buku. Dalam waktu 30 hari hanya dengan satu atau dua buku menurutku tidak cukup untuk memenuhi rasa suka membaca pada anakku yang kini mulai tumbuh. Beruntung, kini telah hadir aplikasi Let’s Read yang menawarkan ratusan buku anak-anak yang dapat dibaca melalui smartphone atau komputer.

Let's Read : Connect, Create, Read, Thrive

aplikasi membaca buku
Let's Read : Connect, Create, Read, Thrive


Diprakarsai oleh Books of Asia - The Asian Foundation, 
Let's Read diharapkan dapat menjadi perpustakaan digital yang mampu menumbuhkan budaya membaca bagi anak-anak. Untuk mendukung hal tersebut, Let's Read mengadakan berbagai lokakarya sehingga para pegiat literasi bersama masyarakat dapat berkolaborasi dalam mengembangkan buku cerita yang kaya akan nilai-nilai budaya bangsa. Semua orang dengan bahasa daerah masing-masing dapat menjadi volunteer untuk menerjemahkan buku-buku di perpustakaan digital ini. Selain itu Let's Read juga terbuka bagi para penulis, pendidik, penerbit, komunitas hingga universitas yang ingin turut berkontribusi dalam penyediaan bacaan yang berkualitas.

Sarat akan berbagai isu penting seperti kesetaraan gender, lingkungan, keberagaman dan toleransi, Let's Read sangat berperan dalam membentuk karakter anak-anak. Harapannya adalah anak-anak dapat menjadi seseorang yang mudah berempati serta peduli terhadap sekitar.

Let's Read Ajak Kita Berpetualang

berpetualang
Ayo Berpetualang!

Aplikasi Let's Read mengajak kita berpetualang menjelajahi berbagai negara. Kita bisa mengikuti banyak sekali petualangan seru dengan sekali duduk saja. Salah satu judul menarik yang aku temukan adalah Petualangan Menakjubkan karya Kim Ann Arun. Berawal dari tepi sungai kecil, Kim Ann Arun mengajak kita terbang ke luar angkasa mengendarai UFO bersama Alien! Tidak kalah menarik, kita juga bisa ikut berpetualang bersama EorG dalam karyanya yang berjudul Suatu Hari di Museum Seni. Alih-alih hanya melihat lukisan, kali ini kita bahkan bisa masuk ke dalam lukisan. Wow!

Buku-buku yang terbit pada aplikasi Let’s Read bukanlah sekedar bacaan tanpa makna. Pada setiap cerita terdapat nilai-nilai kebaikan yang dapat kita tanamkan pada anak. Sebagai contoh, Celengan karya Krishna Sarbahan mengajarkan anak untuk rajin menabung. Ada juga Teman yang Baik karya May Kyaw yang mengajarkan pada anak-anak agar bisa saling mendukung meski memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

bermacam cerita anak
Buku-buku di Aplikasi Let's Read Sarat dengan Nilai Kebaikan

Sekarang aku tidak akan pernah kehabisan bahan bacaan untuk anak-anak. Dan karena Let’s Read juga berkolaborasi dengan banyak penulis, maka akan selalu ada judul baru yang tersedia di aplikasi ini. Ini artinya petualanganku akan semakin seru. Selain karena banyaknya judul dan petualangan yang ada, aku sangat merekomendasikan aplikasi Let's Read untuk diunduh dan menjadi perpustakaan digital bagi anak di antaranya karena beberapa keunggulannya sebagai berikut.

Beragam Bahasa, Tingkatan Kesulitan dan Tema Bacaan

fitur let's read
Beragam Bahasa, Tingkat Kesulitan dan Tema Bacaan

Ratusan judul buku anak dari manca negara telah terbit dan tersedia dalam berbagai bahasa di aplikasi Let’s Read. Tidak hanya bahasa asing, ada juga bahasa Jawa, Sunda, dan beberapa bahasa daerah lainnya. Hal ini membuat anak secara tidak langsung mengenal dan sekaligus mempelajari bermacam bahasa yang tentu saja baik bagi dirinya.

Selain itu, dengan aplikasi Let’s Read kita tidak perlu pusing membaca satu per satu buku untuk memastikan sebuah buku pas untuk anak kita atau tidak karena pada setiap judul terdapat informasi tingkat kesulitan bacaan. Tingkatan yang ada dimulai dari buku pertamaku yang bisa kita bacakan untuk anak usia dua tahun, kemudian tingkat satu sampai dengan tingkat lima.

Terdapat bermacam label tema bacaan pada setiap judul buku pada aplikasi Let’s Read. Dengan begitu, kita bisa memilih buku sesuai dengan yang kita butuhkan menggunakan label tersebut. Label yang ada di antaranya adalah tema superhero, sains, petualangan, non fiksi, teman, keluarga dan masih banyak lagi. 

Ukuran Teks dan Gambar Dapat Diperbesar

Ukuran teks dan gambar pada aplikasi Let’s Read bisa disesuaikan menjadi lebih besar atau kecil sesuai dengan keperluan. Untuk anak yang sedang belajar membaca kita bisa memperbesar ukuran teks agar anak lebih mudah untuk membacanya. Sedangkan untuk balita yang masih fokus pada gambar kita dapat memperbesar ukuran gambar sehingga anak semakin tertarik.

Dapat Diunduh

Tidak hanya membaca online, kita juga bisa membaca buku-buku di aplikasi Let's Read secara offline dengan fitur download. Bahkan, kita dapat mencetaknya jika kita mengunduh buku tersebut melalui website. 

Mudah Dibaca Kapanpun dan Dimanapun

Pernah suatu saat aku berlibur ke luar kota untuk menghabiskan akhir pekan. Bersama dua balita, barang bawaanku cukup banyak. Haya, anakku yang berusia dua tahun selalu meminta dibacakan buku sebagai pengantar tidurnya. Dengan demikian aku harus membawa beberapa buku favoritnya yang rata-rata merupakan board book. Tentu saja hal ini membuat barang bawaan kami semakin berat. Dengan adanya aplikasi Let's Read, masalah seperti yang aku alami otomatis terselesaikan. Aku tidak perlu lagi bingung memilih buku mana yang harus dibawa saat bepergian agar barang bawaan tidak terlalu berat.

Ayo Berpetualang Lewat Membaca

Dengan kemudahan membaca yang telah disuguhkan oleh aplikasi Let's Read, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak membacakan buku pada anak. Kitalah para orang tua yang berperan besar untuk menumbuhkan budaya membaca pada anak. Luangkan waktu sejenak dan ajak anak-anak berpetualang lewat membaca. Lihatlah betapa membaca menyenangkan bagi mereka dan juga kita. Yuk, segera unduh aplikasinya di http://bit.ly/downloadLR2 .


Referensi:

https://reader.letsreadasia.org/

https://bimba-aiueo.com/12-manfaat-membaca-bagi-anak/ 

Related Posts

5 comments

  1. Bagus yah aplikasi let's read.... Jadi kita bisa belajar banyak melalui cerita... Anak -anak pasti suka karna cerita bergambar dan berwarna.

    ReplyDelete
  2. Cerita di Let's Read bagus-bagus banget. Ilustrasinya juga keren. Mantaab banget. Memperkaya alternatif bacaan untuk anak.

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget ya aplikasi Let's read ini.. nanti aku mau ajak anakku baca ini deh biar dia hobi baca.. aku dari kecil udah suka baca, masa anakku engga.. hehe.. harus dibiasain dari kecil ya mom.. thank you

    ReplyDelete
  4. sekarang jaman sudah praktis ya mom, gak perlu keperpustakaan hanya dgn aplikasi kita sudah bisa membaca buku yg kita ingin. thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Membaca buku makin seru ya dengan Lets Read , meningkatkan imajinasi anak

    ReplyDelete

Post a Comment