Your Cozy Corner

Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Wanita dan Tips

34 comments

Apakah kalian sedang bingung untuk memulai sebuah bisnis? Apa bisnis yang cocok untuk wanita? Lebih jauh lagi, bagaimana kita tahu bahwa kita mampu mendirikan dan mengelola bisnis tersebut?

apa saja bisnis yang cocok untuk wanita?

Tips Memulai Bisnis

Melihat kesuksesan orang-orang dalam berbisnis biasanya membuat kita bermimpi untuk bisa seperti mereka. Namun, tidak serta merta kita bisa meniru secara persis bentuk bisnis maupun lingkup bisnis tersebut. Hal ini jelas, karena setiap orang tentu memiliki keahlian dan minat yang berbeda-beda.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memulai sebuah bisnis.

tips memulai bisnis untuk wanita

1. Buat Rencana Bisnis

Aku sering mendengar bahwa rencana yang matang merupakan setengah dari kesuksesan. Tentukan bisnis apa yang ingin dibuat, berapa modalnya, siapa pasarnya, bagaimana strategi pemasarannya, berapa keuntungan yang ingin diperoleh? Lebih jauh lagi, apa yang harus kita lakukan ketika bisnis yang baru kita rintis ini mandeg?

2. Siapkan Modal

Bisnis yang besar tidak selalu dimulai dengan modal yang besar pula. Banyak juga bisnis yang bisa dilakukan dengan modal nol rupiah dan dimulai dari rumah. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan kita juga memerlukan modal untuk membangun sebuah bisnis.

Selama mengumpulkan modal, bukan berarti kita tidak bisa memulai bisnis. Gunakan alat dan bahan yang sudah ada di rumah. Sedikit demi sedikit saat bisnis sudah berjalan dan modal terkumpul, maka kita bisa melakukan upgrade terhadap alat dan bahan yang dapat menunjang bisnis kita.

Biasanya, kesalahan para pemula bisnis adalah menggebu-gebu saat di awal menjalankan bisnisnya. Mereka terburu-buru membeli peralatan yang mahal atau kulakan besar-besaran. Padahal, ada yang lebih penting dan urgent untuk disiapkan yaitu rencana bisnis.

3. Sesuaikan dengan Minat dan Keahlian

Lihat ke dalam diri kita, apa hal yang kita sukai dan kita kuasai? Apakah kita jago memasak? Atau mungkin kita menguasai matematika? Apakah kita suka membuat desain? Atau kita pandai menggunakan make up? Apapun hal yang kita suka, sangat berpotensi untuk dijadikan bisnis. Apalagi kalau kita ahli.

Bisnis yang Cocok untuk Wanita

Setelah membuat rencana bisnis, tentu kita sudah tahu apa bisnis yang ingin kita dirikan. Banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan oleh wanita, terutama dalam bidang yang berkaitan dan dekat dengan kita. Jadi, apa saja bisnis yang cocok untuk wanita?

bisnis ini cocok untuk wanita

1. Menjalankan Toko Online

Menjalankan toko online merupakan bisnis paling mudah yang bisa dilakukan oleh wanita. Hanya bermodal handphone kita sudah bisa mendirikan toko online. Bahkan kita bisa membangunnya tanpa modal. Tidak perlu langsung membeli barang dari supplier, kita tetap bisa mengoperasikan toko online dengan menjadi reseller dan melakukan sistem dropship.

2. Menjadi Make Up Artist

Kalau kita suka make up dan memiliki koleksi make up yang cukup lengkap, coba saja membuka jasa make up. Riasan pada diri sendiri bisa menjadi portofolio juga loh. Sebagai awalan, kita bisa merias keluarga atau teman-teman dekat kita. Setelah itu mintalah testimoni dari mereka untuk melengkapi portofolio.

3. Membuka Catering atau Warung Makan

Bagi yang jago masak, membuka catering atau warung makan menjadi satu pilihan yang tidak mustahil. Tawarkan jasa memasak pada tetangga sekitar rumah, terutama pada mereka yang suami istri keduanya bekerja. Selain itu, bisa juga menitipkan masakan ke kita ke warung tetangga sebelum kita memiliki modal untuk membuka warung makan sendiri.

4. Menjadi Kreator Konten

Hari-hari ini adalah eranya media sosial. Orang-orang hampir tidak pernah lepas dari handphone dan media sosial baik itu instagram, youtube, tiktok dan semacamnya. Sebagian orang memanfaatkan hal ini untuk melakukan branding terhadap dirinya dan membuat konten secara spesifik. Jika kontennya menarik, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan diajak kerja sama oleh brand-brand yang sesuai. Hal ini tentu sangat bisa dijadikan sebagai sebuah bisnis.

5. Menulis atau Membuat Blog

Selain membuat konten di media sosial, menulis di blog juga dapat mendatangkan penghasilan yang lumayan. Banyak sekali loh brand yang menghubungi para blogger untuk diajak kerjasama. Namun demikian, tentu saja ada kriteria tertentu bagi sebuah blog untuk bisa bekerja sama dengan sebuah brand.

Blog yang kredibel ditengarai dengan top level domain (TLD) yang digunakan oleh blog tersebut. Jadi, blog yang keren tidak lagi berakhiran .blogspot.com atau .wordpress.com melainkan langsung .com, .net, .id dan sebagainya. Selain itu, yang menjadi pertimbangan brand untuk kerjasama adalah banyaknya pengunjung suatu blog. Semakin banyak pengunjung suatu blog maka brand akan semakin tertarik untuk bekerjasama.

Jika pengunjung sebuah blog sudah terlampau banyak, maka sudah saatnya bagi blog tersebut untuk meningkatkan performa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan hosting atau VPS berkualitas karena shared hosting sudah tidak lagi mampu menampung traffic yang terlalu tinggi. Apalagi jika blog kita sudah benar-benar menjadi sebuah bisnis dengan banyak klien dan mengalami peningkatan skala bisnis, maka kita harus segera beralih ke layanan VPS Indonesia.

Sudah Siap Luncurkan Bisnismu?

Wah, ternyata memulai bisnis itu tidak terlalu susah ya. Banyak sekali bisnis yang cocok untuk wanita yang bisa menjadi pilihan kita. Dengan modal minim, asalkan kita punya niat dan kemauan untuk terus belajar serta berkomitmen untuk menjalankannya, aku yakin bisnis kita bisa berkembang dengan pesat. Gimana, sudah menemukan ide bisnis yang cocok untukmu?

Related Posts

34 comments

  1. komitmen itu penting banget. engga boleh gampang patah arang, apalagi putus asa, kalau pergerakannya lambat. langsung bisa bergegas menyiap planning berikutnya juga. tapi seru sih..

    ReplyDelete
  2. Kaget juga, ternyata di nomer terakhir ada "Menulis Blog".
    Peluang ini kurang diminati walaupun kesempatan dapat cuan lumayan besar, dan kita tidak perlu ke luar rumah...

    ReplyDelete
  3. Dulu cita-cita pengen banget punya butik baju, karena wanita paling cocok ke bisnis pakaian. sekarang malah merambah ke jual beli mobil. Ahaha.

    ReplyDelete
  4. Bangga nih sebagai blogger ternyata bisa dimasukkan kategori pekerjaan dan bisnis ya.
    Mungkin makin semangat ngeblog aja enaknya ya, nanti uang bisa menghampiri sendirinya.

    ReplyDelete
  5. Satu lagi sih kak tipsnya. Setelah yang tersebut itu hal yang paling penting adalah action. Biar bisnis nggak hanya sekedar rencana saja. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya Mbak. Dari semuanya aku hanya bisa menulis blog eh, hihihii. Lagi semangat-semangatnya blogging ini.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya paling cocok buat istri saya adalah jualan makanan online. soalnya dia suka masak. cuma harus konsisten ya kl dah menjalankan hehe

    ReplyDelete
  8. Wahh menulis di blog ternyata termasuk bisnis juga yaa. Tapi memang menyenangkah yaa melakukan hal yang kita sukai sekaligus mendapat penghasilan dari situ

    ReplyDelete
  9. Bergelut dan menelurkan karya-karya kreatif juga menjanjikan menurut saya. Kita terdorong untuk selalu berkarya, bahkan memahami banyak sumber daya alam yang sebagian besar menjadi materi inspiratif.

    ReplyDelete
  10. Memang udah sepantasnya wanita pun memiliki dan menjalankan bisnis ya mbak, karena wanita rata-rata lebih teliti dan detail. Ide bisnis yang diuraikan di sini, asal dijalani dengan sepenuh hati, pasti bisa menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit

    ReplyDelete
  11. khusus menulis di blog, saya gak pernah menyangka bisa berada di posisi ini

    dapat penghasilan dari ngeblog

    berkah dari kemajuan digital ya

    ReplyDelete
  12. Iya, perempuan sangat cocok dengan 5 jenis bisnis di atas. Yang MUA agak segmented sih tapi memang itulah perempuan. Baiknya ambil usaha yang dekat dengan kesehariannya. Dan saya jadi ingat ada seorang anak kenalan yang menjadi MUA karena suka dandan dan saat pandemi gini banyak pelatihan yang ia butuhkan. November lalu mendandani among tamu di pernikahan keluarga, hasilnya bagus banget. Malah lebih bagus lagi daripada dandanan pengantinnya.

    ReplyDelete
  13. Aku punya cita-cita punya online shop, tapi sampai sekarang masih dicari tipe barang yang mau dijual apa hehe

    ReplyDelete
  14. Bisnis untuk wanita yang sudah di ulas di atas emang betul banget sangat cocok. Menulis di blog juga bisa menghasilkan ya bisa untuk menambah uang dapur. Itu nyata dan lumayan kalo ditekuni.

    ReplyDelete
  15. Banyak peluang untuk perempuan berdaya ya, semangat terus dan konsisten dgn yang dilakoni

    ReplyDelete
  16. wow cakep kak, ini penting buat para kaum hawa, jangan bisa jadi konsumtif saja, kudu bisa memanfaatkan hal sekitar untuk jadi menghasilkan

    ReplyDelete
  17. Kayaknya di zaman era digital macem gini, makin banyak cewek2 jadi content creator dan blogger yah kak. Aku salah satunya sih, lebih efisien buat dijalanin dan cuannya menjanjikan haha

    ReplyDelete
  18. Era digital juga membuat perempuan makin berdaya, ya.. Semoga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang berkualitas ya.. semangat para perempuan!

    ReplyDelete
  19. Paling enak sih memang bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Jadi bisa sekaligus bersama keluarga dan bisnis pun bisa jalan.

    ReplyDelete
  20. Ide bisnisnya cocok banget bagi perempuan masa kini nih. Ngga usah melulu karier di korporasi tapi bs berdaya sendiri dgn wirausaha mandiri. Tinggal sesuaikan dgn passion, usaha apapun kalo ditekunin pasti ada jalan. Semoga kian berdaya perempuan Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Cewe yang stay dirumah juga bisa dapat cuan dari rumah asal beneran fokus dan punya semangat. Ini jadi ide bisnis selama pandemi juga nih

    ReplyDelete
  22. disiplin, komit, terus tangguh buat menjalankan bisnis tuh penting banget sih kak, karena klo bisnis kan fluktuatif yaa, ada masa down dan si pemilik bisnis harus tanggung buat bertahan

    ReplyDelete
  23. pas banget memang lagi cari ide bisnis nih yang bisa dikerjain rumahan, menarik untuk dipertimbangkan nih, semoga ada jalannya deh

    ReplyDelete
  24. Berbisnis bagi wanita tentu mencari bidang yang fleksibel yaa..
    Agar bisa senantiasa menyeimbangkan antara hak pribadi, keluarga dan menjalankan bisnis.
    Dengan tips berbisnis di atas, semoga memulai berbisnis dengan mudah dan lancar.

    ReplyDelete
  25. seneng banget sih sekarang makin banyak wanita yang mantap buat berbisnis ya, bahkan ada yang bisa sampai gede, salut deh :)

    ReplyDelete
  26. bener bangett, apalagi untuk wanita kalau bisa kerja sambil jaga anak tuh jadi kebahagiaan tersendiri. hehehe alhamdulillaah

    ReplyDelete
  27. Konten kreator, blog dan mua masih hits yaaa. Ada teman MUA sekarang lagi sering banget dapat panggilan job kesana-kemari. Laris manis pokoknya.

    ReplyDelete
  28. udah setahun coba jualan buku dan mangkrak. haduh masih buntu nih aku. padahal impianku punya toko. buku sendiri gitu

    ReplyDelete
  29. Saya lebih setuju sama jualan toko online kak. terutama sistem reseller atau dropship. Kita tidak perlu ribet lagi buat packing, cukup buka gadget, biar orang lain yang kirim barang.. Tapi kudu bisa mengatur strategi yg tepat buat promosi.

    ReplyDelete
  30. Infonya kece, nanti kuteruskan ke adik-adik perempuanku.. Lumayan kan biar mereka bisa nambahin uang belanja bantu suaminya

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah sudah menjalankan salah satu diantara yang disebut di atas. Sama2 berdoa buat kelancarannya ya....

    ReplyDelete
  32. Udah pernah lho aku memulai bisnis yang berhubungan dengan dagang dan jual beli. Seringnya rugi. Benar-benar tak bakat rupanya. Akhirnya ya bisnis yang sekarang ditekuni yang berhubungan dengan membuat konten dan menulis.

    ReplyDelete
  33. Aku banget ini. Bingung mau mulai bisnis darimana. Dari dulu pengen buka butik sendiri karena aku suka fashion. Padahal untuk bisa mulai bisnis fashion juga bisa lewat reseller yang mungkin ga butuh budget banyak
    Dan waktu itu masih ragu mau mulai, tahun ini diusahakan harus bisa mulai

    ReplyDelete
  34. Tipsnya menarik banget buat kita ciwi ciwi yang mau nambah penghasilan dari rumah.

    ReplyDelete

Post a Comment