Your Cozy Corner

5 Kelas Pelatihan Prakerja Paling Mudah dan Inovatif

102 comments
program kartu prakerja

Nggak kerasa (atau kerasa ya?) sudah dua tahun pandemi berlalu. Jujur saja, ada hal-hal yang aku syukuri dengan datangnya pandemi, salah satunya adalah aktivitas ngeblog yang sekarang sedang aku jalani.

Dulu aku pernah membuat blog di wordpress, tetapi karena bagiku kala itu ribet akhirnya aku beralih ke blogspot. Sekarang setelah merasa cukup lancar ngeblog pakai blogspot, aku ingin menghidupkan kembali blog lamaku yang ada di wordpress.

Tapiiii, dengar-dengar dari teman-teman blogger, ngeblog pakai wordpress itu tidak lebih mudah daripada di blogspot (nggak mau bilang lebih susah haha). Meski begitu, fitur-fiturnya emang lebih canggih sih.

Setelah mencari tahu sana-sini, aku menemukan kelas "Membuat Website dengan WordPress untuk Menjadi Desainer Website" di situs QuBisa. Kelas ini berbayar Rp 200.000 dengan total durasi belajar adalah enam jam. Tapi tenang, karena terdaftar sebagai Kelas Pelatihan Prakerja, kelas ini bisa diakses gratis menggunakan kartu prakerja.

Apakah kalian sudah terdaftar pada program kartu prakerja? Kalau belum, daftar aja dulu. Cara daftar prakerja itu gampang kok.

Serba-serbi Program Kartu Prakerja

Program kartu prakerja adalah sebuah program yang didesain dalam bentuk produk online learning untuk dapat mengembangkan kompetensi dan kewirausahaan seseorang yang sedang mencari kerja. Dengan adanya program kartu prakerja ini, harapannya adalah semakin banyak orang yang bisa mendapatkan pekerjaan baik pekerjaan kantoran maupun berwirausaha mandiri.

Di tengah pandemi ini, banyak kan masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Padahal, harga barang-barang naik dan biaya sekolah anak juga tetap mahal. Mungkin rencana-rencana besar sebagian orang jadi gagal juga akibat pandemi. Sedikit banyak hal ini berpengaruh juga lho pada kesehatan mental.

Beruntung, pemerintah gercep banget mengadakan program kartu prakerja. Makanya, yuk kita manfaatkan program kartu prakerja ini. Untuk mengetahui cara mengikuti pelatihan prakerja, cek dulu ya syarat-syaratnya.

apa syarat mengikuti pelatihan prakerja?

Syarat Kartu Prakerja

Apa saja syarat kartu prakerja? Syaratnya adalah WNI berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Apakah ada yang tidak boleh mengikuti program pelatihan prakerja? Ada, yaitu pejabat negara, ASN, pimpinan dan anggota DPR, prajurit TNI, anggota kepolisian, kepala dan perangkat desa, direksi, komisaris dan dewan pengawas BUMN/BUMD.

Kalau syarat kartu prakerja di atas telah dipenuhi, kini saatnya untuk daftar kartu prakerja. Bagaimana cara daftar prakerja?

Cara Mendaftar Prakerja

Cara mendaftar prakerja cukup mudah, yaitu
  • Masuk pada situs prakerja.go.id
  • Siapkan email dan password
  • Centang persetujuan syarat dan ketentuan
  • Klik daftar

Kemudian lakukan verifikasi yang dikirim via email. Jika berhasil, proses pendaftaran bisa dilanjutkan, yaitu

  • Verifikasi KTP dan KK
  • Isi data diri sesuai
  • Verifikasi nomor handphone (nomor handphone harus sama dengan yang terdaftar pada rekening bank atau e-money)
  • Pilih beberapa pernyataan yang diberikan
  • Selesai

Setelah itu akan ada tes kemampuan dasar dan juga motivasi untuk mengikuti seleksi gelombang Pelatihan Prakerja. Tunggu hasilnya dan semoga lolos ya. Gimana, gampang kan cara mendaftar prakerja?!

Manfaat Kartu Prakerja

Secara garis besar, ada dua manfaat kartu prakerja bagi para pencari kerja. Yang pertama adalah mendapatkan insentif prakerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Manfaat kartu prakerja berikutnya adalah kita mendapatkan saldo Rp 1.000.000 yang bisa digunakan untuk mengikuti bermacam Kelas pelatihan prakerja yang tersedia pada berbagai Platform e-learning di Indonesia.

5 Platform Prakerja Terbaru yang Inovatif

Nah sekarang aku mau merekomendasikan lima platform online learning terbaik yang bisa kalian coba dan pilih untuk mengikuti program kartu prakerja.

QuBisa merupakan salah satu kelas prakerja yang terbaru, inovatif dan mudah diikuti

1. QuBisa

Balik lagi soal ngeblog pakai wordpress yang aku temukan di QuBisa, kali ini aku mau kulik lebih dalam tentang platform ini.

QuBisa merupakan platform e-learning terpercaya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Memiliki lebih dari 700 instruktur, QuBisa sudah menyelenggarakan lebih dari 750 webinar dan memiliki 4400+ kelas belajar online terbaik. Hingga saat ini sudah 400 ribu lebih murid terdaftar pada QuBisa.

Apa yang membedakan QuBisa dengan platform e-learning lainnya? Ini dia beberapa kelebihan QuBisa.

  • Kaya akan konten berkualitas
  • Terdapat penilaian bakat dan road map karier webinar
  • Melayani konsultasi karier
  • Berkolaborasi dengan berbagai universitas, industri dan juga tenaga profesional

Selain bisa diakses melalui web, kita bisa mengunduh Aplikasi QuBisa untuk iOS maupun Aplikasi QuBisa untuk Android.

Kelas belajar online yang ada di QuBisa cukup banyak dan bervariasi. Beberapa kelas yang populer di antaranya adalah kelas bahasa, bisnis dan keuangan, sales dan marketing, human resource, dan juga keterampilan digital. Bahkan sekarang sedang ada Digital Bootcamp lho! Cuss download dan ikutan programnya. Pastikan kalian menggunakan laptop terbaik ya.

2. Cakap

Sejak SMA aku suka sekali dengan pelajaran bahasa Jepang. Pas kuliah pun aku mengambil kursus bahasa Jepang. Bahkan aku mengikuti ujian JLPT (semacam TOEFL tapi untuk bahasa Jepang). Meski hanya mengikuti ujian bahasa level N5 (paling rendah) tapi bisa lolos membuatku cukup bangga.

Karena sudah jarang dipakai, sekarang kemampuanku sudah memudar. Lalu aku mulai mencari platform belajar bahasa dan menemukan situs Cakap. Di platform ini kita nggak hanya bisa belajar bahasa Jepang melainkan juga bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea dan juga bahasa Indonesia lho.

Yang seru dari platform Cakap adalah tersedia kelas dewasa dan kelas anak. Yuk mari yang punya balita boleh diajakin belajar online juga hehehe. Soalnya memang bahasa kan paling mudah dipelajari saat anak berusia di bawah enam tahun. Mari Bun gaskeun!

3. Jago Bahasa

Belajar bahasa itu memang susah-susah gampang (susahnya dua kali haha). Soalnya ya nggak dipakai dalam keseharian sih. Tahun kemarin aku mengikuti tes TOEFL online dan hasilnya lumayan yaitu 533. Namun, pas ngambil tes IELTS aku cuma dapat skor overall 6.5. Dan tentu saja skor speaking paling rendah yaitu 6. Pengennya kursus bahasa Inggris tapi mau yang online aja karena kan pandemi. Di mana? Di Jago Bahasa.

Jago Bahasa menggunakan metode natural learning improvement yang bisa meningkatkan kemampuan speaking. Pelatihnya bersertifikat dan asiknya adalah kurikulum yang dipakai akan disesuaikan dengan kemampuan kita. Mau belajar online rasa offline, ya di Jago Bahasa.

4. Let's Bake n Cook

Siapa yang kalau di rumah bawaannya lapar dan pengen ngunyah terus? Hehe, mungkin kita sama. Pengennya makan dan nyemil yang variatif tapi nggak bisa masaknya. Tenang, kita bisa kok jadi cheff handal dengan belajar masak dan baking di platform Let's Bake n Cook.

Kelas masak dan baking di Let's Bake n Cook ini banyak banget lho variannya. Ada kelas bikin donat dan camilan manis, kelas aneka kue, kelas jajanan pasar, kelas bikin sambal bahkan kelas soal jamu tradisional. Selain itu di sini kita juga bisa belajar untuk mengembangkan bisnis kuliner hingga katering.

Wah, kayaknya kalau ikut kelas ini bisa wirausaha mandiri nih.

5. Strada Coffee

Sekarang, ngopi jadi salah satu hobi yang menyenangkan. Nggak tahu sejak kapan aku jadi penikmat kopi. Padahal dulu aku lebih suka minum teh. Kalau dipikir-pikir mungkin sejak coffee shop mulai menjamur di Indonesia ya. Berawal dari coba-coba eh kok ternyata suka. Aku sempat berpikir untuk membuka warung kopi tapi belajar dari mana?

Strada Coffee jawabannya. Strada Coffee lahir di Semarang pada tahun 2012. Bertujuan mengenalkan berbagai kopi terbaik dari seluruh Indonesia, Strada Coffee berkomitmen untuk menyuguhkan kopi dengan kualitas terbaik dan juga membagikan pengetahuan tentang kopi pada masyarakat. Upaya ini terwujud dengan dibentuknya Coffee Academy oleh Strada Coffee.

Kalau kalian ingin tahu lebih banyak soal kopi atau bahkan ingin menjadi barista dan membuat kedai kopi sendiri, langsung saja ikuti program Coffee Academy menggunakan kartu prakerja.

Penutup

Bagaimana, gampang kan cara mengikuti pelatihan prakerja. Sudah menentukan mau mengikuti pelatihan prakerja apa saja? Mau semua diikuti juga boleh lho kalau ada waktunya hehe.

Kalau aku mau pakai insentif prakerja untuk belajar ngeblog dulu di platform QuBisa. Bisa ngeblog pakai wordpress pasti bikin aku bahagia. Mau ikutan juga? Sampai ketemu di sana ya. See you!

Related Posts

102 comments

  1. Alhamdulillah ya, Mbak. Kehadiran Prakerja sangat membantu. Dengan saldo 1 juta, membuat lebih leluasa dan banyak memilih pelatihan. Pastinya harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kerja nanti. Biar benar-benar digunakan secara maksimal.

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah bergabung di prakerja sepertinya semua pelatihan ini kudu diikutin deh apalagi yang meningkatkan potensi diri. Pasti bisa menambah kemampuan lagi unutk siap kerja atau buka usaha

    ReplyDelete
  3. Beneran deh, saya sampe bingung dulu mau ambil pelatihan apa. Semua menarik sih. Tapi waktu gelombang 15 dulu blm ada platform Qubisa yg bergabung.

    ReplyDelete
  4. program kartu prakerja ini membantu banget dalam mengembangkan skill, sayangnya aq udah beberapa kali daftar tapi belum lolos

    ReplyDelete
  5. Wah makin banyak platform utk pelatihan di kelas Prakerja ya. Asyik banget nih kalo bisa beragam gini. Kita bisa bebas cari kelas sesuai minat kita.

    Dulu pas di gelombang 13 masih terbatas platformnya. Aku aja cari kelas pertanian ngga ada. Ya terpaksa deh ambil kelas digital marketing.

    Smg Prakerja ini bermanfaat bagi org2 yg terdampak pandemi ya.

    ReplyDelete
  6. Jadi gemesss karena udah daftar 2x belum lolos tes, hehehe..
    Btw, makasih info platform pembelajarannya ya mbak. Taunya selama ini cuma QuBisa aja. Ternyata banyak juga ya platform untuk pelatihan Kartu Prakarya.

    ReplyDelete
  7. Kuy dimanfaatkan pelatihan Prakerja, biar memiliki kompetensi diri dan bisa punya skill yang mumpuni untuk bersaing

    ReplyDelete
  8. punya pengalaman yang menarik di tahun lalu, ketika mengikuti pra kerja. Aku mengikuti dan daftar di Skill Academy dengan kursus barista. Oke banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh seru banget mba ginaa, ambil course barista, sekarang udah bisa racik kopik sendiri, jadi barista apa malah buka coffeeshop sendiri nih mba?

      Delete
  9. Lumayan banget ya sekarang banyak pilihan platformnya. Jadi tinggal kita pilih deh mau ikut kursus pra kerja di platform yang mana.

    ReplyDelete
  10. platform belajar kelas prakerja makin banyak ya mba, dan semuanya mudah diakses nih, aku baru pernah akses yang QuBisa sih, dan easy to use juga

    ReplyDelete
  11. keren banget nih pemerintah punya program yang berkelanjutan, prakerja. aku pernah ikutan kelas menulis jurnalistik, ngebantu aku banget

    ReplyDelete
  12. Udah ngerasain banget gimana kartu prakerja ini bisa bantu aku dalam upscaling skill.
    Dulu ikut yang gelombang 7, hihi

    ReplyDelete
  13. Setelah memiliki kartu Prakerja, ingin sekali mendaftar kelas yang bisa meningkatkan skills di bidang content creator. Banyak hal yang bisa dipelajari untuk memperdalam skills.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru memang ya, kalau punya kartu pra kerja itu. Ingin punya juga deh, biar nambah skill dan dapat sertifikat

      Delete
  14. menarik juga nih yaaa buat nambah skill yang dapat sertifikat juga nih, plus enaknya dibayarin pemerintah pula kan, pokoknya program prakerja ini memang the best deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Teh,
      Sertifikatnya itu bisa dimanfaatkan untuk cari kerja maupun membangun usaha

      Delete
  15. Pengen ikutan public speaking lanjutan xixixi kemarin dapat dari QuBisa tapi pengen ikutan lagi yg lebih dalam gitu wkwkwk ada ngga yahh

    ReplyDelete
  16. Ternyata banyak juga platform yang bisa dipilih ya..
    Aku bukan peserta Prakerja, tapi juga pernah ikut kelas gratis dari beberapa platform tersebut. Lumayan lah bisa belajar dengan gratis...

    ReplyDelete
  17. wah aku baru tau kalau tokopedia sama bukalapak punya platform kerja. dari 5 list itu aku sering akses QuBisa. mantep sih buat ngasah skill :Da

    ReplyDelete
  18. Enak ya mba senpet ngerasain gratis nyicip pelatihannya..

    ReplyDelete
  19. aku udah lama pengin cobain ikutan prakerja, tapi keburu habis masa terus wkwk. alhamdulillah ya manfaatnya, program ini bisa membantu yang lagi masa-masa sulit

    ReplyDelete
  20. Banyak pilihan nih untuk kelas pelatihan prakerja. Jadi semakin dimudahkan dan tidak ada alasan untuk mulai berkarya. Sumber-sumber udah banyak banget nih...

    ReplyDelete
  21. Emang QuBisa ini bener-bener solusi banget buat siapapun yang mau upskilling atau reskilling yah, materinya lengkap abis. Semangat buat para penerima Prakerja!

    ReplyDelete
  22. wah baru tahu nih aku ada kelas khusus bikin kue dan masak dan kelas bikin kopi juga. jadi penasaran sama kelasnya. oya aku dulu juga pernah pakai wordpress selfhosting, mbak tapi karena kuotanya habis aku pindah ke blogspot. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata kelas prakerja banyak macamnya ya kak, kelas baking. cooking dan coffee bisa jadi modal berbisnis F&B yaa

      Delete
  23. Sayang banget saya gagal bisa ikut Prakerja ini. Yak mungkin bukan rezekinya. Padahal senang pastinya bisa dapat bekal uang insentif sekaligus ilmu yang bermanfaat ya

    ReplyDelete
  24. Belajar skill baru skrg mudah banget ya kak. Ngga usah repot2 sekolah resmi. Asal punya kuota internet dan uang utk belajar, pasti ada jalan.

    Nah kalo kalian terdampak pandemi, blh tuh ikutan kelas prakerja. Ntar dapat insentif yg bs dipake utk belajar nambah skills di plarform belajar online ini. Mantap tuh!

    ReplyDelete
  25. Wah keren nih prakerja dari pemerintah, ada banyak pilihan dan pendidiknya sudah berpengalaman, dapat insentif juga yang nominalnya besar

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah pernah ikut prakerja juga, tapi dulu belum ada QuBisa. Padahal QuBisa ini keren banget banyak pilihan kursus sesuai minat dan bakat buat ningkatin skill.

    ReplyDelete
  27. Kehadiran prakerja ini sangat membantu meningkatkan skill ya mbak. Meski pandemi belum usai, namun pekerjaan tetap berjalan lancar. Kita harus meningkatkan skill melalui platform2 e-learning yang sudah terbukti mampu diandalkan. Di QuBisa banyak banget pelatihannya, jadi pengen ikutan deh.

    ReplyDelete
  28. Wah makin banyak aja ya pilihan kursus onlinenya. Apapun itu, semoga bisa membantu dalam meningkatkan skill dan ualitas diri supaya bisa jadi pribadi yang siap kerja ya.. amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, tentunya harus jadi penyemangat juga nih ikutan pelatihan sebagai modal buat dapat kerja di tempat impian

      Delete
  29. Pilihan belajar memanfaatkan kartu prakerja makin banyak, ya. Makin menarik juga nih.

    QuBisa ini beneran banget bisa diandalkan, karena banyak macam kelas yang bisa diikuti, bahkan ada beberapa yang gratis.

    Ngomong-ngomong soal bahasa, saya juga lagi pengen belajar lagi Bahasa Inggris. Ya, speaking saya juga nilainya paling rendah. Bisa kali ya, njajal e-learning cakap.

    ReplyDelete
  30. membaca ini jadi banyak referensi dari mbak palupi ya platform e-learning yang bisa dijajal nih. adikku menyampaikan dia merasakan manfaat kartuprakerja dan jika bisa dimaksimalkan akanlebih baik termasuk saat memilih platform belajar online yang tepat .

    ReplyDelete
  31. aplikasi 4 dan 5 ini yang belum sayacobain, wah jadi penasaran pengen cobain, penasaran seperti apa pelatihan yang tersedia. btw saya belum pernah ikutan Prakerja, sepertinya pendaftarnya ramai banget di seluruh Indonesia

    ReplyDelete
  32. program prakerja sangat membantu sekali untuk mempelajari hal baru yang dibutuhkan serta insentifnya pun mencukupi kebutuhan harian

    ReplyDelete
  33. Sekarang banyak banget platform e-learning, dan pilihan materi juga beragam. Sekarang mau les masak, jadi barista, bisa online juga yak.

    ReplyDelete
  34. Andai bisa ikut lagi gitu, aku pengen lho dapat kesempatan ikut program prakerja lagi. Soalnya bisa jadi dapat kesempatan ambil program yang bagus-bagus. Eh tapi kan ya banyak masyarakat yang masih belum kebagian juga ya...

    ReplyDelete
  35. Ternyata banyak ya platform pelatihan prakerja
    Banyak pilihan juga mau ambil kursus yang mana

    ReplyDelete
  36. wah ternyata banyak platform pelatihan online. Selama ini tahunya ruangguru dan Qubisa aja.

    ReplyDelete
  37. Aku belum ikut prakerja. Pas pendataan untuk daftar prakerja ada data yang gk bisa diakses. Semoga next bisa ikutan deh

    ReplyDelete
  38. ooh baru tau aku kalau ada yang spesifik gitu, seperti untuk urusan baking dan kopi. menarik juga yaa.. jadi kalau ada yang kepengin belajar sesuatu yang baru, bisa langsung ke ahlinya

    ReplyDelete
  39. di Qubisa ini memang paling banyak ya kelas-kelas yang bisa buat kita upgrade skill ehh tapi jadi penasaran nih dengan Let's Bake and Cake, secara anak-anak hampir tiap hari nodong emaknya buat cake mulu hihih :D

    ReplyDelete
  40. wah list 3 sampai 5 aku baru tahu nih kak, dan lebih spesifik sepertinya ya

    ReplyDelete
  41. Adanya platform e-learning dan tersedia banyak kelas pelatihan prakerja seharusnya bisa bikin kita makin mudah melakukan peningkatan keahlian ya. Yuk ah semangat untuk belajar terus

    ReplyDelete
  42. dengan adanya platform digital seperti di atas, kita sama2 mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengasah kemampuan ya mbak.

    ReplyDelete
  43. Senang sekali, mendapatkan kesempatan belajar lagi jika berhasil memperoleh Kartu Prakerja. Namun jika belum beruntung, bisa juga nih..ikutan secara mandiri, belajar di platform e-learning di atas.

    ReplyDelete
  44. Wah, zaman sekarang ada kartu Prakerja ya. Pilihan kelas online nya juga banyak, bisa variatif. Buat pencari kerja harus ikut nih... Sebaiknya ikut pelatihan yang sesuai dg passion ya, dan tentu saya yang sinergis dengan pendidikan formal... Selamat berkarya ya...

    ReplyDelete
  45. baru tahu ada lets bake n cook dan strada coffee, unik juga untuk mempelajari kopi lebih dalam kalau melalui strada ini ya. sedangkan untuk meningkatkan skill lain juga bisa melalui qubisa yang tersedia juga kelas prakerjanya. tinggal memilih sesuai skill mana yang akan ditingkatkan untuk mengakses kelas2 ini

    ReplyDelete
  46. Ini pelatihan prakerja di QuBisa banyak keuntungannya ya..beneran bisa jadi pilihan nih. ulala ada kelas wordpress juga, mau akuuu

    ReplyDelete
  47. Di QuBisa pelatihan yang diberikan benar-benar bermanfaat sekali ya. Harganyapun terjangkau, ada sepupuku yang juga mengikuti di QuBisa, puji Tuhan berbekal skill yang didapat sekarang dia sudah kerja
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  48. ternyata banyak ya, kelas pelatihan prakerja

    saya sangat setuju dengan kelas pelatihan ini

    jangankan yang fresh graduate, mereka yang sudah bekerjapun harus terus dilatih skill nya melalui kelas pelatihan

    ReplyDelete
  49. Wah ternyata sekarang ada yang khusus untuk menguasai berbagai bahasa ya. Boleh juga nih dicoba. Karena selama sudah gak bekerja nine-to-five, kemampuan bahasa Inggris saya sudah mulai jarang dipraktekkan lagi. Nanti coba intip-intip ah JAGO BAHASA. Makasih informasinya ya Mbak.

    ReplyDelete
  50. Kelas pelatihan prakerja memberikan peluang peningkatan ketrampilan disesuaikan pilihan passion yang diinginkan. Artikelnyanya bermanfaat buat pembaca yang berkesempatan mendapatkan prakerja.

    ReplyDelete
  51. Adanya kartu prakerja memang sangat membantu masyarakat sih. Kita bisa mengasah skill saat nggak bekerja. Sebagai persiapan untuk kembali masuk ke dunia kerja. Sayangnya, aku belum berhasil daftar.

    ReplyDelete
  52. Bagi fresh graduate bagus juga nih ya daftar program kartu prakerja ini, bisa dapat berbagai pelatihan untuk menambah ketrampilan agar makin siap memasuki dunia kerja

    ReplyDelete
  53. Saya ngeblog menggunakan wordpress. Tapi ga tahu dalemannya seperti apa. Ngulik wordpress boleh juga. Biar makin matang ngeblog di sana ya. QuBisa ini tahu aja yg dibutuhkan kita

    ReplyDelete
  54. Wah senangnya sudah bisa merasakan mengikuti pelatihan prakerja
    Ternyata ada banyak pilihan situs penyedia layanan pelatihan prakerja ya mbak

    ReplyDelete
  55. Aku jadi ikut penasaran sama kelas wordpress di QuBisa. Kayaknya menarik deh. Selama ini ngeblog cuma pake blogspot belum paham wordpress tuh gimana

    ReplyDelete
  56. Ternyata aku memenuhi syarat buat daftar kelas prakerja. Astaga, ke mana aja ya selama ini. Kukira cuma buat yang kena PHK :D Langsung daftar ah. Kelas apa yang nanti dipilih? Hm ... pasti banyak yang menarik.

    ReplyDelete
  57. Wah, banyak banget ya mb pilihannya. Buat yg suka bahasa san maska sudah ada refrensi nih dari mb palupi.. Btw, apa kita bs ikut kelasnya secara mandiri mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku bisa deh kak, nggak harus terdaftar sebagai penerima program prakerja. Platformnya bebas untuk umum.

      Delete
  58. Saya mencoba daftar tapi belum keterima. Cuma saya ingin punya sertifikat kemampuan, biar bisa semakin terpercaya saat berbagi ilmu

    ReplyDelete
  59. Ada kelas tentang pembuatan resep nge-baking dan minuman jadi peluang nih untuk yg ingin berbisnis F&B ya. Jadi semangat buat belajar

    ReplyDelete
  60. Nah keponakan saya terbantu banget nih dengan ikut kelas prak kerja karena keahlian jadi bertambah sekarang udah diterima kerja deh di satu perusahaan alhamdulillah

    ReplyDelete
  61. Wahh, aq baru tau platform qubisa jd pgn nyobain pelatihan wordpress jg, karena aq pake blogger

    ReplyDelete
  62. ternyata banyak ya tempat untuk mencari pelatihan prakerja yang bagus. aku kemarin sampai bingung kenapa susah cari yang pas

    ReplyDelete
  63. Wah ini sih cocok banget buat aku yg ngeblog pake wordpress 😍 thanks infonya kak

    ReplyDelete
  64. Platform yang bekerja sama dengan Prakerja untuk meningkatkan skill pengguna cukup beragam ya kak. Bisa nih pilih-pilih yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

    ReplyDelete
  65. Dulu pernah saya coba ikut pendaftaran prakerja, karena tujuannya cuma pengen ikut pelatihannya saja, katakanlah waktun itu saya pengen ikut yang dari skill academy, eh ternyata saya gak lolos. huhuhuuu.

    ReplyDelete
  66. Banyak kelas nya pelatihan prakerja kalau aku waktu itu ikut krlas makeup

    ReplyDelete
  67. pengen coba ikutan prakerja tapi selalu kelupaan terus. padahal kursusnya ini menarik banget buat diikutin.

    ReplyDelete
  68. Wordpress memang basicnya CMS, sehingga bisa bebas diutak-atik oleh pengguna, makanya WP jauh lebih bervariasi ketimbang Blopspot. Saya juga lebih nyaman pakai Blogspot, padahal punya akun di WP,hehehe...

    Alhamdulillah, saya juga pernah ikutan program Prakerja, tapi ambil kursus pelatihan bikin website. Pusing banget sih, tapi enak bisa nambah ilmu baru di coding.

    Wah ternyata banyak banget ya, kursus pelatihan yang bisa dipilih di Prakerja sekarang ini.... Terima kasih banyak infonya ya. Very nice article...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut banget..
      Kalau punya blog di kedua platform biasanya bisa saling membandingkan dengan fair yaa.. Gak berat sebelah dan bijak dalam memberikan masukan bagi blogger pemula.

      Delete
  69. Saya ga daftar Prakerja, tapi ikut belajar juga di QuBisa untuk akses e-learningnya. Selain untuk prakerja, Membantu sekali QuBisa untuk jadi referensi pembelajaran baik untuk guru maupun siswa

    ReplyDelete
  70. Aku baru lolos prakerja gel 25, awalnya sih iseng ikutan karena obrolan teman-teman yang sudah dapat. Ternyata lumayan banget ternyata dapet uang pelatihan gratis untuk upgrade skill

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersyukur banget ya bisa ikutan Prakerja nih, berguna banget deh, uang sakunya juga lumayan hehe.. makin lengkap ya sekarang pilihan lembaga pelatihannya

      Delete
  71. Pelatihan prakerja banyak macamnya ya mbak. Tapi dari semua pelatihan ini banyak manfaat yang didapatkan terutama untuk meningkatkan skill, sehingga siap terjun ke dunia kerja.

    ReplyDelete
  72. Wah senangnya bisa lolos pelatihan prakerja
    Aku sampai sekarang belum pernah lolos mbak
    Pelatihan prakerja ini emang sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill ya mbak

    ReplyDelete
  73. wah mbak, enak ya daftar prakerja bisa akses kelas blog di Qubisa ..tapi kok saya masih bingung ya mbak cara daftarnya ,

    ReplyDelete
  74. Cakap dan jago bahasa itu sama" pelatihan belajar bahasa ya? Atau ada yg bedain bajasa apa saja kah? Pingin belajar bhasa jepang jg nih..

    ReplyDelete
  75. Bayak juga ya platform untuk mengikuti kelas prakerja, tinggal pilih aja. Kalau Qubisa pernah ikut kelas2 gratisnya aja

    ReplyDelete
  76. Saya tertarik untuk ikut pelatihan Let's Bake n Cook nih biar bisa punya ilmu bikin kuliner enak. Terus kalau udah punya keahlian dan alat bisa buka usaha sendiri ya
    Aamiin ...

    ReplyDelete
  77. saya terakhir daftar prakerja kayknya tahun kmaren blum keterima & blum dftar lagi. Keren semua ya 5 platform pra kerja nya. semoga semakin banyak ilmu yang didapat

    ReplyDelete
  78. Wah, ada Coffee Academy? Itu belajarnya online ya? Ih, jadi kepo. Aku penikmat kopi. Salah satu coffee shop favoritku punya kelas belajar kopi. Pengajarnya juga bersertifikat Q-Grader. Cuma...biayanya lumayan mengguncang dompetku. Coba daftar prakerja aja dulu ah.

    ReplyDelete
  79. Prakerja ini menurut aku sangat bermanfaat sekali, aku beberapa kali daftar tapi belum lolos. Padahal aku juga pengen belajar lagi sih.

    ReplyDelete
  80. Sepupuku udah ikutan daftar prakerja dan berhasil dapet. Lumayan juga biat banyak ikutan kursus dibeberapa tempat. Cocok buat ningkatin skill dan kemampuan diri

    ReplyDelete
  81. Duh enaknya yang udah lolos program kartu pra kerja. Bisa pilih pelatihan sesuai minat ya mba. Jadi pengen daftar prakerja nih...tp dengar-dengar sulit ya?

    ReplyDelete
  82. Manfaat akrti prakerja ini benar&benar sangat bermanfaat ya. Selain untuk insentif juga bisa untuk meningkatkan skill. Terobosan yang bagus untuk mendukung peningkatan skill agar bisa menyambut bonus demografi

    ReplyDelete
  83. Pernah dapat kelas pra kerja thn lalu, mayan juga dapat ilmu yang baru. Kmrn ikut di skill academy, kursus bartender.

    ReplyDelete
  84. Selamat ya, Mbak, lolos Prakerja, dan bisa memanfaatkan untuk belajar menambah skillnya.

    Aku pengen daftar tapi masih ragu, next time deh aku coba.

    ReplyDelete
  85. Wah ternyata banyak ya pelatihan prakerja. Saya belum pernah ikut pelatihan daring prakerja. Pengin ikut, tapi kapan itu pendaftaran masih gagal juga.

    ReplyDelete
  86. Aku pernah daftar prakerja kak. Tapi mungkin belum rejekinya. Jadi gak lolos. Udah gitu gak pernah coba lagi. Takut ketolak duluan hehe

    ReplyDelete
  87. Yang pernah aku ikuti kelasnya cuma QuBisa sihh meskipun bukan dari prakerja dan materinya banyak banget manfaatnya untuk perkembangan diri

    ReplyDelete
  88. Pernah ikut semacam triall class gitu di Cakap, tapi gak lanjut. Kalau QuBisa saya sudah lulus 2 jenis pelatihan. Ilmunya kece semua dan bisa diulang-ulang. Harga kursus juga terjangkau jadi cocok banget buat Prakerja.

    ReplyDelete
  89. banyak sekali pilihannya ka. pelatihan prakerja emang bagus, beruntung bgt kalo bisa lulus

    ReplyDelete
  90. Jadi pengen ikut pelatihan pra kerja, programnya keren2 ya. Kalau sudah punya kerjaan boleh daftar nggak ya?

    ReplyDelete
  91. Pengen juga bisa lolos prakerja, tapi sampai sekarang selalu kelupaan daftar pas jadwalnya wkwk.

    ReplyDelete
  92. Eh orang malang juga ya mbaak..saya beraharap bisa lolos prakerja

    ReplyDelete
  93. Menarik mbaa. Makasih ya infonya
    Jadi pengen ikutan daftar juga. Bahasa asing emang kayaknya perlu nih ya. Biar makin terasah.

    ReplyDelete

Post a Comment