Your Cozy Corner

Cara Membuat Blog yang Menarik untuk Pemula

1 comment

Pertama kali memutuskan mau nulis di blog aku juga bingung kok. Gimana ya cara membuat blog yang menarik untuk pemula?

Sebagai orang yang awam banget di dunia blogging, aku tahunya kalau ngeblog itu pilihannya cuma dua, yaitu blogspot atau wordpress. Padahal rupanya banyak banget platform ngeblog lainnya.

Setelah kepo sana-sini, aku memutuskan ngeblog pakai blogspot karena katanya lebih gampang ketimbang ngeblog lewat wordpress. Walaupun ya, fiturnya nggak secanggih wordpress tentu saja. Tapi, pakai blogspot juga bisa bikin blog kita menarik kok. Coba liat blog yang sedang kalian baca ini. Cukup menarik kan?! Wkwkwkwk #mintadikeplak

Perbedaan utama ngeblog pakai blogspot dan wordpress salah satunya adalah soal hosting. Hosting adalah sebuah layanan untuk menyimpan data dari sebuah website atau blog. Nah kalau blogspot, hostingnya numpang di google. Ibaratnya kita bikin blog itu seperti membangun rumah tapi tanahnya punya si google.

Mau bangun rumah di tanah sendiri? Mau bikin blog dengan hosting milik sendiri? Bisa kok, pakai wordpress aja. Kelebihan self-hosted blog itu adalah kita nggak terikat oleh aturan-aturan dari si tuan tanah. Bebas deh mau bikin blog seperti apa.

Biaya buat bikin self-hosted blog nggak terlalu mahal kok. Aku lihat di Domainesia ada hosting diskon murah. Cuma mulai Rp 40 ribuan per bulan udah dapat hosting 2 GB dan gratis domain di tahun pertama. Menariknya, Domainesia menyediakan garansi uang kembali 100% dalam waktu 20 hari kalau kamu kurang puas dengan layanan hosting dari mereka.

Oke yaudah, kalau kalian setuju bahwa blog ini menarik, aku akan kasih tahu gimana cara membuat blog yang menarik seperti blog ini. Mau pakai blogspot atau wordpress tips di bawah ini tetap bisa kamu terapkan kok.

Cara Membuat Blog yang Menarik

Membuat blog yang menarik berdasarkan pengalamanku tidak cukup ditempuh dalam waktu lima menit saja. Sebaliknya, aku perlu waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Karena, bagiku ngeblog juga merupakan proses belajar. Blog yang menarik tidak terbatas pada tampilannya saja melainkan seberapa ia membawa manfaat bagi pembacanya.

Sooo, ini dia cara membuat blog yang menarik versiku.

cara membuat blog yang menarik menggunakan hosting diskon murah

1. Tentukan Tujuan dan Niche Blog

Kamu ngeblog buat apa? Mau buat bisnis, nyari uang, sharing ilmu atau tempat curhat? Tentukan dulu tujuan ngeblog kamu biar kamu bisa mengkustomisasi blog dengan tepat.

Setelah tau tujuan ngeblog, tetapkan juga niche (tema) blog kamu. Apalagi kalau kamu ngeblog buat bisnis atau nyari uang. Niche blog yang spesifik biasanya terlihat lebih kredibel dan lebih mudah mendatangkan trafik pembaca. 

2. Siapkan Nama, Judul Tagline dan Logo Blog

Nama, judul, tagline dan logo blog merupakan representasi dari keseluruhan isi blog dan jadi personal branding blog kamu. Jadi siapkan sedetil dan seunik mungkin. Ini harus disiapkan sebelum kamu memulai proses registrasi blog biar nanti bisa satsetwatwet pas registrasi.

Meski kelihatannya gampang tapi nggak sepele lho ini. Aku mikirin nama blog dll ini bisa berbulan-bulan sendiri hahaha.

3. Utak-atik Template Blog

Kalau mau tampilan blog yang cakep harus berani utak-atik template blog. Salah satu skill yang akan sangat membantu buat bikin blog adalah skill coding html. Tapi tenang, kalau nggak mau ribet kamu hisa juga kok beli template blog.

Kalau blogku ini pakai templatenya Igniel yang udah dimodifikasi oleh mbak Marita guru ngeblogku di blogspedia. Mau template kayak gini? Ikutan kelas ngeblog dulu aja di blogspedia.

4. Pasang Google Analytics

Memasang google analytics merupakan hal wajib bagi blogger. Dari sinilah kamu bisa tahu dengan detil mengenai trafik blog kamu. Berapa pengunjung blog, gendernya, lokasinya bisa dilihat di sini. Artikel mana yang paling banyak dibaca pengunjung juga bisa kamu cek di sini. Dan yang paling penting, google analytics biasa dipakai untuk laporan ketika kamu mendapatkan tawaran menulis artikel blog berbayar.

5. Ikut Komunitas dan Kelas Blogger

Biar nggak nglokro ngeblognya ada baiknya kamu mengikuti komunitas blogger. Biar kamu terpacu untuk terus menulis. Sayang banget kan kalau udah hunting hosting diskon murah dan membelinya kalau blogmu nggak ada isinya.

Mengikuti kelas blogger juga nggak kalah penting. Banyak lho kelas ngeblog yang gratis. Dari sana sedikit demi sedikit kamu bisa belajar juga tentang coding html dari para master blogger.

To Sum Up

Tentukan pilihanmu sekarang mau ngeblog pakai blogspot atau wordpress. Sekali lagi kalau mau lebih leluasa dalam mengelola blog kamu bisa pakai wordpress dan mencari hosting diskon murah. Meski begitu, ngeblog pakai blogspot maupun wordpress kamu tetap harus belajar sedikit mengenai coding html buat utak-atik blog kamu agar jadi semakin menarik.

Semoga tulisan tentang cara membuat blog yang menarik bagi pemula ini bisa membantu kamu ya. Thank you!



Related Posts

1 comment

  1. Nice, membangun blog ibarat membangun sebuah rumah. Butuh proses biar jadi bagus dan menarik

    ReplyDelete

Post a Comment