Your Cozy Corner

Ikuti Tren Warna Ramadan 2022, Rumah Minimalis Jadi Makin Manis dengan Nippon Paint Flaw-less Smoking Gray

52 comments
make over laundry room dengan nippon paint flawless

Sejak belajar tentang gaya hidup minimalis, aku mulai mendengarkan silent message yang dikirimkan oleh benda-benda di sekitarku. Silent message ini adalah pesan yang dikirimkan oleh benda-benda di sekitar yang sebenarnya mengganggu pikiran tetapi sering kita abaikan.

Contohnya, jemuran yang numpuk sebenarnya mengirimkan pesan pada kita agar segera dilipat atau disetrika. Sampah di dapur mengirimkan pesan untuk segera dibuang. Cucian piring memberikan sinyal agar segera dicuci.

Kali ini ada sebuah silent message dari dinding area laundry rumahku yang meminta untuk segera dicat ulang. Soalnya, area ini pernah bocor dan terkena rembesan air hujan. Bekasnya bikin dinding berwarna kuning.

Sudah lama banget pesan ini mengganggu pikiranku tetapi aku abaikan terus. Setiap melewati atau melihat ke arah area laundry aku selalu berpikir, "iya nanti dicat ulang."

dinding kotor terkena rembesan air hujan

Akhirnya alhamdulillah dalam rangka menyambut Ramadan, niat itu terlaksana juga. Tapi, agak panjang juga perjalananku ngecat dinding area laundry ini. Soalnya biasalah ibu-ibu mikir dan cari info dulu warna apa yang oke dan cat apa yang bagus.

Nah, kali ini aku akan membagikan perjalananku memilih warna cat dan sekaligus tips memilih cat yang oke buat interior rumah ya Bun.

Tips Memilih Warna Dinding Interior Rumah

Setiap warna memberi makna dan kesan yang berbeda bagi sebuah ruangan di dalam rumah. Bahkan, dengan warna yang sama, jika diaplikasikan pada ruangan ynag berbeda kita bisa merasakan suasana yang berbeda pula. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih warna dinding interior rumah?

1. Fungsi Ruangan

Sebuah ruangan akan lebih nyaman digunakan saat memiliki suasana yang mendukung aktifitas di dalam ruangan tersebut. Ruangan bermain anak misalnya, cocok diberi warna-warni cerah khas anak-anak yang bisa bikin hati gembira. Ruang keluarga akan lebih hangat menggunakan warna-warna pastel. Ruang kerja yang membutuhkan fokus sebaiknya menggunakan warna monokrom seperti putih, hitam atau abu-abu.

2. Pencahayaan

Ruangan yang baik adalah yang memiliki pencahayaan cukup. Namun, ada kalanya sebagian ruangan di dalam rumah tidak mendapat cahaya matahari secara langsung. Dalam hal ini, cat dinding berwarna putih atau cerah dapat membantu membuat ruangan lebih terang.

Sebaliknya, jika sebuah ruangan dirasa terlalu terang, kita bisa memilih cat dinding berwarna agak gelap untuk memberikan efek teduh.

3. Tema Rumah

Memilih warna dinding rumah sebaiknya disesuaikan dengan tema rumah agar terlihat serasi. Rumah bertema minimalis biasanya cocok menggunakan kombinasi warna hitam, putih atau krem cerah. Rumah bergaya natural cocok dengan warna coklat kayu. Kombinasi warna yang apik menjadikan kita tidak mudah jenuh di rumah.

4. Arti Warna

Ini aku spill beberapa warna dan artinya yang bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih warna dinding rumah ya Bun.

  • Warna Monokrom: hitam, putih, abu-abu. Warna ini membuat ruangan jadi terkesan bersih, luas dan simple. Selain itu, warna-warna monokrom juga bisa memberikan ketegasan dan nuansa baru bagi rumah. Efek psikologis yang didapat dengan warna ini adalah rasa tenang, syahdu dan juga fokus. Warna monokrom cocok digunakan untuk hampir semua ruangan terutama ruang kerja dan area laundry.
  • Warna Warm: soft pink, peach, brown. Warna-warna yang hangat cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga dan juga kamar tidur karena memberikan kesan tenang, teduh dan hangat. Ruangan dengan warna warm memberikan beberapa efek psikologis seperti rasa intim, hangat, tenang dan nyaman.
  • Warna Tropical: orange, hijau, biru. Warna-warna cerah dapat memberikan efek psikologis berupa rasa semangat, bahagia dan ceria. Nuansa yang diberikan oleh warna ini pada ruangan adalah kesan segar, seru dan akrab. Warna tropikal cocok untuk ruang bermain anak, ruang keluarga maupun kamar tidur anak.

Aku sendiri sedang mencari warna yang cocok untuk dinding area laundry. Posisi area laundry ini adalah di belakang dapur. Pintu dapur menuju area laundry ini selalu terbuka sehingga dindingnya terlihat sepanjang hari baik dari dapur maupun dari ruang tamu.

Awalnya cat dinding area laundry ini berwarna putih. Setelah diskusi dengan suami, kami memutuskan untuk memberi warna abu-abu sementara warna dinding sebelahnya tetap putih. Jadi, warna abu-abu itu nantinya akan terbingkai oleh warna putih dari pintu dapur dan juga dari dinding sebelahnya.

Menurut kami, warna abu-abu yang terbingkai ini akan membuat rumah kami terlihat lebih manis. Selain itu, warna ini juga bisa membuat area laundry lebih teduh. Soalnya area laundry kami ini memang super terang benderang.

Tips Memilih Cat Dinding Interior

Setelah warna sudah fix sekarang saatnya untuk memilih cat dinding interior dari sekian banyak merk. Ada beberapa kriteria yang aku tentukan sebelum memutuskan membeli cat.

1. Daya Tutup Sempurna

Ada bekas rembesan air hujan dari atap yang bocor berwarna kuning pada dinding yang ingin aku cat. Aku memerlukan cat dengan daya tutup sempurna sehingga bekas rembesan tersebut tidak terlihat lagi. Selain itu, cat dengan daya tutup sempurna tidak akan menimbulkan belang pada warna dinding.

2. Warna Tahan Lama

Warna cat yang tahan lama tentu saja membuat perawatannya lebih mudah. Selain itu juga otomatis menghemat pengeluaran karena kita nggak perlu berulang kali mengecat dinding yang sama.

3. Rendah Bau

Memiliki dua balita di rumah juga menjadi pertimbangan kami dalam memilih cat. Kami tidak ingin anak-anak merasa tidak nyaman dengan bau cat yang menyengat. Karena itu kami mencari cat yang rendah bau.

4. Tampilan Akhir

Tampilan akhir cat dinding ini selera ya. Bisa disesuaikan juga dengan ruangan yang mau dicat. Kalau aku memilih tampilan akhir matte untuk area laundry kami agar cahaya yang masuk bisa terserap. Kalau tampilan akhir glossy biasanya lebih memantulkan cahaya.

Perjalanan Mencari Cat Dinding Terbaik dan Proses Pengecatan

Bukan aku namanya kalau nggak segera mengeksekusi sebuah rencana. Kemarin kami ke Mitra10 yang untungnya sangat dekat dengan rumah. Naik motor cuma lima menit udah sampai.

Sesampainya di Mitra10 kami langsung menuju area cat dan melakukan konsultasi di sana. Aku menyebutkan kriteria cat dinding yang aku inginkan tadi yaitu yang daya tutupnya sempurna, warna tahan lama, rendah bau dan tampilan akhirnya matte.

spg nippon paint

Kemudian, sales Mitra10 merekomendasikan untuk menggunakan cat Nippon Paint Flaw-less karena memenuhi semua kriteria yang aku sebutkan. Selain rendah bau, Nippon Paint Flaw-less ini tidak mengandung timbal, merkuri atau formaldehid dan juga rendah VOC. VOC atau Volatile Organic Compound adalah senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Kalau punya anak-anak di rumah, cat dinding rendah VOC dan rendah bau wajib jadi kriteria utama. Harganya Rp 195.000 untuk ukuran 2.5kg.

Mantap dengan Nippon Paint Flaw-less, lalu aku melihat-lihat katalog warna. Di situ aku sempat tertegun karena rupanya banyak banget pilihan warna Nippon Paint. Pas cari tahu, rupanya Nippon Paint memiliki 10.000 warna. Daebak! 

katalog warna cat nippon paint flawless

Akhirnya, di antara beberapa warna abu-abu yang tertera pada katalog, aku menjatuhkan pilihan pada warna smoking gray dengan kode warna NP N 2045T. Yang bikin aku makin sreg adalah Nippon Paint memberikan garansi produk dan warna 100% akurat dan konsisten. Waktu selesai membayar, SPG Nippon Paint menunjukkan sample warna yang diteteskan pada tutup ember cat. Dan benar sama persis dengan warna yang ada pada katalog.

Wah jujur saja aku jadi ingin mengecat area yang lain hehe. Sambil melihat-lihat, aku bertanya pada SPG Nippon Paint, jenis cat apa saja yang dimiliki oleh Nippon Paint ini. Rupanya nggak hanya cat dinding interior, Nippon Paint juga memiliki produk cat eksterior, cat besi, kayu bahkan lantai. Hebatnya Nippon Paint yang serba bisa. 

Proses Pengecatan Dinding Area Laundry

Ngecat dinding itu juga ada tekniknya lho! Kalau asal cat saja bisa jadi nanti hasil akhirnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Apa saja yang perlu dilakukan dalam proses pengecatan dinding?

1. Bersihkan Area Dinding yang Akan Dicat

Pembersihan awal sebaiknya menggunakan amplas halus. Kenapa? Agar lapisan-lapisan dinding yang mengelupas dan hampir rontok itu hilang. Jika lapisan tersebut tidak dihilangkan, nanti cat yang akan diaplikasikan juga jadi mudah mengelupas. Setelah diamplas, bersihkan dinding dari sisa debu halus menggunakan kemoceng atau lap kering.

amplas dinding sebelum dicat

2. Beri Batas dan Alas

Setelah dinding bersih, beri batas area yang akan dicat menggunakan selotip kertas. Hal ini mencegah cat keluar area dan menjadikan hasil akhirnya jadi rapi dan lurus pada batas tersebut. Selain itu, bersihkan rontokan dinding yang ada di lantai. Kemudian alasi lantai dengan koran atau kertas bekas agar cat yang menetes tidak terkena lantai.

batasi area pengecatan dengan selotip kertas

3. Gunakan Alat Sesuai Jenis Cat

Aku baru tahu kalau cat itu bermacam-macam jenisnya setelah bertemu SPG Nippon Paint di Mitra 10 kemarin. Ada yang berbahan dasar air, minyak dan lain-lain. Pilih kuas atau roller yang sesuai dengan bahan dasar cat yang digunakan. Biasanya saat kita membeli kuas atau roller, ada keterangannya kok.

4. Gunakan Roller Tray

Meski tidak menggunakan roller dan hanya menggunakan kuas untuk mengecat, sebaiknya kita tetap menggunakan roller tray. Hal ini mencegah kotoran masuk ke dalam ember cat. Selain itu, dengan menggunakan roller tray kita bisa menuang cat sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan.

roller tray untuk ngecat

Mengecat dinding menggunakan roller tray bikin prosesnya jauh lebih mudah dan cepat karena roller tray tersebut bisa kita bawa dengan mudah dengan satu tangan. Bayangin kalau ngecat sambil bawa ember cat, kan pegel Bun. Di samping itu, roller tray bisa meminimalisir cat dari kuas menetes ke lantai.

5. Perhatikan Arah Kuas

Idealnya, mengecat dinding dilakukan satu arah. Namun, kadang bosan dan capek juga. Kemarin aku juga mengganti-ganti arah kuas dari vertikal lalu horisontal. Nggak masalah sih tapi pada sentuhan akhir usahakan arah kuasnya sama sehingga dinding terlihat lebih rata dan halus.

proses pengecatan yang menyenangkan dengan nippon paint flawless

Nippon Paint Flaw-less Smoking Gray Bikin Rumah Minimalis Makin Manis

Tampilan hasil akhir Nippon Paint Flaw-less Smoking Gray sungguh di luar dugaan. Padahal, aku ngecatnya nggak beraturan, dengan arah kuas tidak konsisten tetapi setelah catnya kering tetap terlihat halus dan rata. Finishingnya matte sesuai dengan yang aku inginkan.

Oya, nggak perlu nunggu lama lho. Dalam waktu satu jam catnya sudah kering total. Kebayang kan gimana deg-degannya punya balita Bun. Khawatir kepegang catnya pas masih basah. Fiuuuhh! Lega banget karena Nippon Paint Flaw-less ini kering dengan sangat cepat.

Penasaran nggak hasil akhirnya gimana? Cek foto di bawah yaa.

finishing cat nippon paint flawless smoking gray

Gimana, area laundryku jadi makin manis kan dengan warna smoking gray ini. Warna smoking gray terbingkai oleh warna putih jadi kesan minimalisnya semakin dapat. Seperti yang sudah aku bilang, area laundry yang terbingkai ini kelihatan lho dari ruang tamu. Sekarang, aku nggak khawatir kalau ada tamu datang dan melihat area laundry ini. Siaapp deh menyambut Idul Fitri.

Ayo Bun, kalau mau renovasi rumah khususnya ngecat masih ada waktu nih sebelum hari raya. Pakai Nippon Paint aja seperti aku. Hebatnya Nippon Paint solusi total untuk segala pengecatan. Mau cat dinding dalam, furnitur, dinding luar atau pagar juga gasskeun Bun!

Nggak harus di Mitra10 kok Bun belinya. Nippon Paint sudah didistribusikan ke lebih dari 6000 toko CCM dari Sabang sampai Merauke. Toko CCM adalah toko yang dilengkapi dengan mesin yang dapat memberikan lebih dari 10.000 pilihan warna. Nggak heran ya, dimana-mana pakai Nippon Paint.

mesin ccm nippon paint mampu menghasilkan lebih dari sepuluh ribu warna

Sebelum membeli, kalau masih bingung dengan jenis cat yang cocok, Bunda bisa menghubungi layanan service Nippon Paint melalui Whatsapp Care. Selain itu Nippon Paint juga menyediakan layanan Colour Scheme Service untuk Bunda yang ingin mendapatkan rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint. Tenang, semua layanan ini gratis Bun.

Jangan ketinggalan ya Bunda. Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri. Nippon Paint, Jadikan Harapan Ramadan Lebih Berwarna.

Related Posts

52 comments

  1. Baca tentang cat gini jadi pengen ganti cat juga terutama kamar dan ruang kerja biar dapet suasana baru yang tenang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan mbaak, mumpung Ramadan nih. Nanti pas hari raya udah cakep kamar n ruang kerjanya.

      Delete
  2. Akhirnya ada cat yang tidak mengandung formaldehide!!!
    Aku lagi cari jenis dan warna cat juga nih, makasih mbak sudah memberikan referensi menyesuaikan dengan kebutuhan psikologinya^^
    Makasih banyak mbak tulisannya informatif, btw suka banget warna smoking gray nya, jadi pengen hehe

    -Nazla

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun sepakat bahwa bahan cat sangat penitnguntuk dijadikan pertimbangan ya mbak karena mengingat banyak bahan berbahay ang itu berdampak jangka panjang

      Delete
    2. Awalnya aku nggak mikirin bahan cat lho mbak. Tapi sejak punya anak ini jadi concernku nyari cat yg aman buat keluarga terutama anak2.

      Delete
  3. Wah ngecat sendiri. hasilnya juga rapih. keren kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak, ngecatnya sepenuh hati soalnya hehehe.

      Delete
  4. Aku baru tahu ttg silent messages dr benda2 sekitar. Thank you mbak.
    Rumah dgn cat warna sesuai itu bikin mood bagus tiaap hariiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tau tentang silent message baru2 aja kok mbak pas belajar hidup minimalis.

      Delete
  5. Nippon Paint memang sudah banyak dipercaya masyarakat, ya catnya. Varian warnanya banyak banget dan kualitasnya memang terjamin. Love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak. Dimana2 pakai Nippon Paint. Awalnya aku kira semua cat sama aja. Ternyata Nippon Paint emang beda dan sebagus itu.

      Delete
  6. Asyik yaak mbaa. Smoking grey ternyata ngga gelap2 banget yaakk hihi.. Bisa nih pakai warna ini juga untuk laundry room

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pas diaplikasikan ke dinding cakep bangettt. Yuk samaan kitaaa.

      Delete
  7. Nippon Paint, merek cat yang sudah terkenal dari dulu, jaminan mutunya OK punya.
    Ternyata benda-benda di sekitar kita juga bisa mengirimkan pesan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, emang merk yang oke ya Nippon Paint.

      Delete
  8. Nippon paint emang juarak sih dalam menyajikan pilihan warna yang eye catchy gitu. Aku suka tone minimalis gini bikin suasana rumah berasa clean dan teduh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, rumah jadi makin adem. Soalnya laundry roomku terlalu terang mbak.

      Delete
  9. Aku pas baca tulisan ini kayak terhipnotis, runtuuut gitu. Dan informatif banget. Makasih tips-tipsnya ya mbak. Ntar kalo aku mau ngecat insyaAllah aku amalkan tipsnya.

    Anw, jadi di mesin CCM itu kita bisa simulasi sendiri gitu warna-warna cat yang kita mau? Misal aku mau warna tosca nih, pake warna a dan warna b dicampur, itu bisa kita lihat simulasinya di mesin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbaaakk aku jadi terdanjung.

      Jadi awalnya catnya di dalam kaleng itu warna putih mbak. Terus kita pilih warna di katalog. Nah warna itu nanti muncul di mesin ccm dan dicampur ke warna putih. Terus dishake sehingga warnanya rata tercampur.

      Delete
  10. Wah mantul mbak palupi hahahaaa aku yg pertama kali ngecat dinding rumah sendiri juga merasa pakai nippon paint banyak terbantu deh. Apalagi hasilnya cetar lho warna memberi efek psikologis anak2 pun jadi suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Strong sekali ya mbak kita. Pengalaman yg menyenangkan ternyata ya ngecat rumah sendiri pakai Nippon Paint.

      Delete
  11. Suka sama warna abunya, keren ih ngecat sendiri jadi nanti nyuci dan setrikanya pst lebih semangat lagi

    ReplyDelete
  12. Nippon paint pilihan warnanya banyak dan tentunya kita bisa memilih warna kesukaan tanpa perlu merasa bingung, btw Mbak Sales nya asik ya saat jelasin lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bgt pak sampe sepuluh ribh warna. Iya salesnya ramah polll.

      Delete
  13. Hasil ngecatnya bagus nih. Wah perlu diterapkan tipsnya. Kadang ngecat suka ngasal hehe

    ReplyDelete
  14. Bagus banget pilihan warnanya, smoking grey, engga kusam, malah kekinian ya, ada bingkai putihnya. Nippon paint memang keren...
    Kamar mana lagi nih yang menyusul dicat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah minimalis jd makin manis ya mbak. Mmm kamar mana yaaa...

      Delete
  15. Nippon memang aku suka, banyak pilihan warna dan kemasan yang di jual, jadi bisa sesuai kebutuhan untuk cat. Makasih tips nya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak. Selain banyak warna, jenis catnya juga banyak sesuai kebutuhan.

      Delete
  16. Lihat pilihan warna Nippon paint jadi ingin ikut ganti cat rumah. Saya juga suka dengan warna pastel atau monokrom, lebih lembut dan menenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss mbak pilih2 warna. Jangan lupa pake Nippon Paint soalnya ramah lingkungan.

      Delete
  17. Wah! Dinding rumah saya juga lagi ngasih sinyal. Jadi pengin ngecat hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gasskeun mbak ngecatnya. Biar makin indah rumahnya.

      Delete
  18. Makasih mba tipsnya. Mau nyoba juga ah kapan2 kalau anak udah pada gede ngecat sendiri asik ya bisa lebih hemat dan bisa nentuin warna sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. Iya tinggal lihat katalog warna aja mbak. Semua warna adaaa.

      Delete
  19. Nippon paint emang merk cat yang berkualitas sejak dulu ya mbak. Ruang laundry nya jadi lebih keren. Bisa jadi makin semangat nyuci nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin simple n manis ya mbak. Nyuci mah semangaaattt.

      Delete
  20. Iya juga sih yang arah kuas.
    Soalnya pernah jajal cat arah kuas beda, hasilnya malah aneh. Jadinya fokus dengan satu arah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih aku juga pernah ngga sengaja arah kuasnya 2 arah gitu kayak pake spidol haha jadinya jelekkk

      Delete
    2. Kalau catnya nggaknoke dan arah kuas sembarangan dinding jadi keliatan berantakan mbak yaa.

      Delete
  21. Wah, cantik banget warna greynya.
    Dan dengan menggunakan cat Nippon Paint, warna bisa tahan lama yaa..
    Aku salut banget nih kalau mengecat rumah sendiri. Karena saking gak mudahnya..

    ReplyDelete
  22. Wow hasil akhirnya keren. Warnanya memang kalem tapi eye catching ya. Nippon Paint bagus bgt nih buat menyulap interior dan exterior rumah supaya tampil baru di hari raya.

    ReplyDelete
  23. Kalo pak tukang2 malah ga bisa pakai rolley. Padahal bikin mudah ya.. pengen juga ngecat rumah banyak yang ngelupas dindingnya.. tapi nunggu dana siap duluu..

    ReplyDelete
  24. Pas banget nih kak, lagi mau cari suasana baru buat kamar. Ganti warna tembok oke juga kali ya, apalagi kalau emang pake cat berkualitas dari Nippon Paint gini, makin semangaaat kerja di rumah

    ReplyDelete
  25. wah mau lebaran nih, inspirasi cat rumah biar terlihat lebih rapi dan segar ya. Saya juga berencana ngecat rumah nih, masih bingung pilih warna.

    ReplyDelete
  26. Duh jadi pengen ganti cat warna nih mbak , Nippon emang juara sih ya mbak. Warnanya juga banyak

    ReplyDelete
  27. Saya juga suka tren warnanya ini
    Ga mencolok
    Dan masih ada kesan adem di rumah meski seharian

    ReplyDelete
  28. cakeeep banget, jadi semangat baru ya kalau rumah habis ganti warna baru tuh hihi.. apalagi pas banget momentnya nanti menyambut hari Fitri :)

    ReplyDelete
  29. Pas banget nih infonya, lagi cari cat yang oke, awet, tahan lama dan nggak membahayakan kesehatan. Gimana mbak ngecat sendiri, aman badannya? Pengalamanku ngecat rumah sendiri, pegelnya nggak ilang-ilang hehe.

    ReplyDelete
  30. Tentang cat satu arah ini aku jadi perdebatan sama adikku, dan ternyata aku emang bener hehhe
    Karena adikku bersikeras ngak masalah kalau gk satu arah wkwkwkw
    Pas hasilnya uda nggak karuan baru deh dia diam :D

    ReplyDelete

Post a Comment